Jenis Kertas Undangan Pernikahan  Elegan dengan Harga Terjangkau

Jenis Kertas Undangan Pernikahan Elegan dengan Harga Terjangkau


Tya Widianingsih | 02 Dec 2020 | 359

“Sebelum memutuskan membuat undangan dan mencari tempat cetak undangan murah, apa sih yang harus diketahui?” Inilah pertanyaan yang seringkali berputar-putar di kepala calon pengantin, ketika hendak menentukan undangan pernikahan. Salah satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum cetak undangan adalah jenis-jenis kertasnya. Sangat penting kah untuk mengetahui hal ini?

 

Tentu saja penting, karena ketika sudah mengetahui jenis-jenisnya, maka kamu akan lebih mudah menjatuhkan pilihan yang  tepat untuk undangan pernikahan. Setiap jenis undangan juga memiliki keistimewaan sendiri-sendiri, lho. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan ketika kamu hendak cetak undangan murah.

 

Baca Juga : Selain Webinar, Produk Ini Bisa Dijadikan Suvenir Pernikahan 

 

Jenis-Jenis Kertas untuk Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan tentu harus diperhatikan, karena printilan kecil ini juga menjadi bagian dari hari bahagiamu nantinya. Jika undangan bagus dan sesuai, pasti tamu yang diundangan akan lebih bersemangat lagi untuk datang ke pernikahanmu. Dengan begitu, kamu wajib tahu jenis-jenis kertas untuk undangan pernikahan berikut ini:

 

Baca Juga : Sukseskan Program Go Green dengan Maksimalkan Penggunaaan Kertas Daur Ulang

 

1. Kertas Matt Paper

Matt paper merupakan salah satu kertas undangan yang cukup banyak dipilih oleh calon pengantin untuk melengkapi hari bahagia mereka. Pasalnya, dengan menggunakan kertas ini untuk cetak undangan murah, lebih tepatnya undangan pernikahan akan memberikan kesan mewah karena tampilan warna yang glossy. 

 

Meskipun begitu, tinta tidak akan cepat hilang, karena kertas matt paper mampu menyerap tinta dengan cepat. Tak ada salahnya untuk memilih kertas matt paper untuk cetak undangan murah, apalagi kalau desainnya pas, pasti hasilnya akan jauh lebih cantik. 

 

2. Kertas Art Paper

Selanjutnya ada kertas art paper yang memiliki permukaan super halus dan menampilkan efek glossy. Pasti kamu sudah sering melihat kertas jenis ini, karena biasanya digunakan untuk pembuatan kalender gantung. 

 

Eits, jangan membayangkan undangan akan jadi tipis kalau menggunakan kertas art paper, karena kertas ini hanya dijadikan sebagai pelapis luar atau dalamnya saja. Kalau untuk hasilnya, kamu akan sangat suka karena menampilkan kesan mewah, apalagi apabila dilengkapi dengan laminasi doff, glossy, ataupun UV. 

 

3. Kertas Art Carton

Diurutan ketiga ada kertas art carton yang hampir mirip dengan kertas art paper, namun terdapat sedikit perbedaan pada bagian gramaturnya. Jenis kertas ini jauh lebih tebal dari jenis kertas sebelumnya dan lebih sering digunakan sebagai bahan membuat product tag dan sejenisnya. Namun, jika kamu berminat menggunakan kertas ini untuk undangan pernikahan, sangat boleh, lho.

 

Pasti hasil undangannya akan terlihat lebih mantap dan kokoh, mengingat kertasnya cukup tebal. Dengan begitu, undangan pernikahan tidak akan mudah kusut ataupun sobek. Jadi, undangan pernikahanmu bisa sangat awet!

 

4. Kertas Ivory

Kertas jenis ivory adalah pilihan keempat untuk kamu yang ingin cetak undangan murah. Kalau kata percetakan, kertas ini adalah paket komplit karena memadukan antara art paper, art carton, dan matt paper. Apabila kamu suka dengan desain undangan pernikahan yang unik, kertas ini bisa menjadi pilihan yang tepat, lho.

 

Kertas ivory juga sangat cocok digunakan sebagai pelengkap hari pernikahanmu yang mengusung konsep garden party dan konsep-konsep pernikahan unik lainnya. Hanya perlu menentukan desain undangan, kemudian langsung cetak dengan kertas ivory, deh.

 

Baca Juga : Inspirasi Konsep Foto Pre Wedding di Masa New Normal

 

5. Kertas Jasmine

Kertas terakhir yang bisa dijadikan sebagai undangan pernikahan adala kertas jasmine. Tekstur yang dimiliki oleh kertas jenis ini sangat cantik karena menyerupai gliter. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kertas jasmine hanya bisa menggunakan teknik emboss dan deboss saja, ya. Pasalnya , kertas jasmine cukup sulit untuk menyerap tinta.


Setelah menentukan desain dan jenis kertas untuk undangan pernukahanmu, tentukan juga percetakan yang bisa mewujudkan hasil terbaik. Percetakan digital online, bisa menjadi jawaban kebutuhanmu. Dengan solusi-solusi yang PrintQoe.com tawarkan, kamu bisa order ngeprint #DariManaAja, lalu pesanan akan dicetak dari lokasi terdekattempat yang dituju untuk mengefisiensi biaya dan waktu distribusi. Selain itu, masih banyak lagi kemudahan lain yang ditawarkan. Yuk, percayakan segala kebutuhan cetakmu pada kami.