Jenis Bahan untuk Cetak Roll Banner Pada Digital Printing

Jenis Bahan untuk Cetak Roll Banner Pada Digital Printing


Tya Widianingsih | 07 Jan 2020 | 2385

Banner masih banyak dipesan di percetakan Jakarta oleh banyak orang untuk branding atau promosi. Mulai dari event, promosi rumah makan atau cafe, hotel atau sekedar hanya diletakkan di depan kantor. Jenis banner yang digunakan pun beragam jenisnya seperti X-Banner, Roll Up Banner, Y-Banner dan I-Banner.

 

Sejauh ini Roll Up Banner paling banyak dicetak oleh percetakan Jakarta, digunakan untuk beragam event. Misalnya event kerjasama perusahaan, peluncuran produk baru, peresmian, musik dan lainnya. Lokasi event yang diselenggarakan pun bisa outdoor maupun indoor.

 

Bentuknya yang simpel dan mudah dibongkar pasang menjadi daya tarik sendiri bagi penggunanya. Sesuai namanya, Roll Up Banner ini berbentuk seperti gulungan. Cara memasangnya cukup menarik banner dan mengaitkan dengan besi yang ada pada Roll Up Banner. Sedangkan cara menutupnya pun cukup menggulung Roll Up Banner tersebut.

 

Proses cetak Roll Up Banner biasanya sudah menggunakan teknik digital printing. Untuk cetak Roll Up, Kamu bisa menggunakan layanan digital printing berbasis website dan aplikasi mobile atau langsung datang ke tempat percetakan. Salah satu layanan digital printing terbaik adalah PrintQoe.com yang berbasis website dan aplikasi mobile.

 

Baca Juga: Tips Penting Mendesain Roll Up Banner

 

Sebelum mencetak Roll Up Banner, Kamu harus memperhatikan jenis bahan yang berkualitas. Pemilihan bahan Roll Up Banner pun harus disesuaikan dengan lokasi event baik indoor maupun outdoor. Bahan Roll Up Banner yang menggunakan teknik digital printing di percetakan Jakarta pun beragam jenisnya.

 

Berikut tiga jenis bahan Roll Up Banner pada Digital Printing

 

1. Bahan Albatros

Bahan Albatros paling sering digunakan untuk Roll Up Banner oleh berbagai percetakan Jakarta. Bahan Albatros mudah ditemui di pasaran. Harga yang ditawarkan pun terbilang murah dibandingkan jenuh bahan Roll Up Banner lainnya.

 

Memiliki tekstur yang halus, tipis dan mengkilap membuat Albatros cocok digunakan untuk cetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster. Bahan jenis ini cocok untuk promosi atau event di dalam ruangan (indoor) ataupun luar ruangan (outdoor) dengan ditambahkan hasil finishing. Misalnya laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan.

 

Bahan ini tidak mudah sobek akibat tarikan dan tidak mudah kusut. Dengan begitu, Roll Up Banner berjenis Albatros dapat digunakan dalam waktu lama. Tidak heran, jika bahan ini menjadi yang paling banyak diminta kepada perceftakan Jakarta.

 

Standar ukuran gulungan bahan ini untuk proses cetak diantara lebar 90 cm, 125 cm, 152 cm. Bahan ini juga bisa digunakan untuk cetak desain yang berbeda secara beberapa kali menggunakan digital printing.

 

Baca Juga: Bukan Cuma Branding, Ini Lho Manfaat Penggunaan Banner untuk Promosi

 

2. Bahan Luster

Selain Albatros, bahan luster juga sering digunakan untuk Roll Up Banner. Bahan Luster ini memiliki tekstur agak kasar, lumayan tipis dan mengkilap. Biasanya bahan jenis ini dipakai untuk mencetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster. Bahan jenis ini cocok untuk digunakan di dalam ruangan dan tidak perlu ditambahkan hasil finishing.

 

Seratnya yang kasar membuat Luster Cocok digunakan untuk laminating DOFF / GLOSSY sehingga tidak akan dapat menempel pada permukaanya. Standar ukuran gulungan bahan untuk proses cetak Roll Up Banner adalah 90 cm, 127 cm, 152 cm.

 

Bahan Luster ini bisa menghasilkan kualitas cetak yang bagus. Tentunya didukung jenis mesin cetak percetakan Jakarta dan jenis tinta yang digunakan. Luster memiliki daya tahan yang lebih awet daripada bahan cetak digital printing lainnya. Hasil cetaknya pun tidak mudah pudar untuk jangka waktu yang lama asal dengan pengaplikasian yang tepat.

 

3. Flexi Korea

Terakhir ada bahan Flexi Korea yang biasa digunakan untuk banner dan spanduk. Flexi Korea memiliki tekstur yang halus dan cukup tebal. Bahan ini tersedia dalam gramasi antara 250 sampai 400 gram.

 

Baca Juga: Hasil Cetak Spanduk Berkualitas dengan Harga Murah di PrintQoe.com

 

Dengan tekstur yang halus dan cukup tebal, Flexi Korea mampu menghasilkan kualitas percetakan Jakarta yang bagus dengan teknik digital printing. Bahan jenis ini juga cocok digunakan untuk event maupun promosi indoor maupun outdoor.

 

Semoga ketiga bahan tersebut dapat menjadi referensi Kamu dalam mencetak Roll Up Banner dengan digital printing.