Jangan Asal Cetak Stiker Murah, Kenali Kualitas Tiap Bahannya

Jangan Asal Cetak Stiker Murah, Kenali Kualitas Tiap Bahannya


Tya | 19 Dec 2019 | 103

Stiker mempunyai banyak fungsi. Selain untuk kebutuhan usaha dan komunitas, stiker bisa berguna untuk kebutuhan pribadi. Cetak stiker murah sekalipun tetap informatif. Seperti menandakan benda itu milikmu atau mendeskripsikan fungsi benda tersebut. Selain itu, Stiker juga bisa menjadi aksesoris atau memiliki nilai estetika tersendiri di benda-benda koleksi pribadi dengan menunjukan karaktermu.

 

Untuk kebutuhan kantor, stiker bisa berfungsi untuk melabelkan benda atau menambahkan nilai elegan atau citra yang perusahaan miliki. Selain itu, cetak stiker murah dalam jumlah besar bisa menjadi ajang promosi dari perusahaan karena ketika mendapatkan stiker bisa saja di tempel di kendaraan.

 

Ternyata, stiker yang sering Kamu beli itu mempunyai jenis yang beragam loh. Salah satunya, peruntukan dari stiker, entah outdoor atau indoor harus memakai jenis kertas stiker tertentu. Harganya pun beragam jadi Kamu harus bisa menentukan kegunaan stiker yang Kamu cetak apakah sudah terpenuhi dengan jenis kertas cetak stiker tertentu.

 

Oleh karena itu, lebih baik Kamu pahami jenis-jenis stiker yang berada di pasaran. Jangan sampai salah cetak stiker murah, namun kualitasnya tidak seperti yang diekspektasikan. Jika sudah begitu, Kamu juga yang rugi kan?

 

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merancang Cetak Stiker Bisnis


 
Vinyl

Kertas jenis ini mempunyai daya tahan yang sangat baik di cuaca ekstrim di luar ruangan. Meski diperuntukan di luar ruangan, stiker ini juga bisa Kamu gunakan di dalam kantor atau ruangan, loh. Dengan kata lain, bila Kamu mencetak stiker di atas bahan kertas vinyl akan sangat awet.

Bhan kertas vinyl ini harus menggunakan mesin print laserjet. Dengan kata lain, biaya yang Kamu perlukan juga lebih besar daripada kertas stiker biasa yang menggunakan tinta inkjet. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mencetak stiker ini tidaklah murah. Akan tetapi, Kamu tidak perlu menambahkan lapisan glossy karena kertas ini sudah mempunyai efek mengkilap, tapi Kamu bisa menggunakan lapisan doff meski tidak terlalu kentara.

 

HVS

Kertas stiker jenis ini seperti kertas pada umumnya. Selain itu, jenis kertas ini mempunyai ukuran yang standard printer rumahan. Dengan kata lain, kertas jenis ini tidak perlu menggunakan tinta khusus dan Kamu bisa menggunakan secara langsung saat mencetak stiker di rumah.

 

Namun, stiker jenis ini mempunyai daya rekat yang biasa dan mudah bermasalah ketika kena air meski sekali dan setetes. Bisa dibilah, bahan ini termasuk ke dalam hasil cetak stiker murah dengan kualitas yang kurang bagus jika untuk dijual.


 
Chromo

Kertas chromo lebih sering digunakan karena harga yang lebih murah ketimbang vinyl. Cetak stiker murah dengan media ini lebih sering untuk kebutuhan promo, pemilu, label kemasan, atau kegiatan yang membutuhkan stiker yang sangat banyak.

 

Fisik kertas stiker yang licin membuatnya cocok digunakan untuk cetak separasi. Meski Stiker ini mudah luntur terkena gesekan dan hujan, Chromo mempunyai daya rekat yang sangat kuat sehingga bisa menjadi alternatif untuk stiker di dalam ruangan atau produk yang tidak terkena cuaca ekstrim.

 

Baca Juga: 5 Alasan Stiker Masih Efektif Seagai Sarana Promosi di Era Digital

 

Bontax

Kertas stiker ini lebih sering digunakan untuk kebutuhan label produk. Kertas Bontax mempunyai daya rekat yang sangat kuat, sehingga label tetap aman meski banyak orang yang memegang dan melihat produk yang menggunakan cetak stiker ini.

 

Kekurangan kertas jenis ini terlihat seperti kertas biasa. Namun, Kamu bisa menghemat biaya karena bisa menggunakan tinta inkjet dan menambah laminasi yang juga memperkuat daya tahan stiker dan memperindah hasil cetak stiker murah ini.

 

Chrome

Fitur unik dari kertas jenis ini ialah lapisan kilap yang membuatnya lebih menarik. Dari jauh kertas stiker ini akan memberikan efek berkilau. Namun, Kamu tidak bisa cetak stiker di kertas ini karena fungsi utamanya menhindari kendaraan dari gesekan langsung dan memberi tahu pengendara lain ada kendaraan lain di depannya.

 

Yupo

Stiker dari jenis kertas ini mempunyai daya tahan yang sangat bagus dari air, bahan kimia, dan minyak. Kertas jenis ini terbuat dari bahan sintetis sehingga sangat cocok menjadi label di perusahaan manufacturing yang mencetak barcode atau label.

 

Gold Foil

Kertas stiker berwarna kemasan ini sering digunakan untuk stiker yang ingin menampilkan warna kemilau yang elegan. Namun, Kamu yang ingin cetak stiker jenis ini harus menggunakan lem khusus untuk kertas jenis ini. Selain itu, lem yang digunakan terpisah tidak seperti kertas stiker pada umumnya.

 

Baca Juga: Ini Dia 6 Jenis Baju Sablonan 

 

Sekarang Kamu sudah tahukan berbagai jenis bahan stiker. Jadi, mulai sekarang jangan asal cetak stiker murah hanya karena tergiur harganya. Kamu harus perhatikan juga kualitas hasill cetak sesuai dengan kebutuhan. Dengan membaca tulisan ini, diharapkan Kamu lebih paham ketika ditawarkan menggunakan jenis kertas tertentu oleh percetakan. Dan jika kamu ingin mencetak stiker dengan hasil yang berkualitas dan harga terjangkau sekarang dapat melalui jasa cetak online PrintQoe.com.