Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merancang Cetak Stiker untuk Bisnis Kamu

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merancang Cetak Stiker untuk Bisnis Kamu


Tya | 03 Dec 2019 | 36

Stiker masih belum banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis. Bagi banyak perusahaan, cetak stiker terkadang terlihat murah dan dianggap meremehkan brand. Padahal hal ini tidak tentu benar, Kamu bisa berinvestasi dalam cetak stiker yang berkualitas untuk memasarkan brand, terutama bagi perusahaan yang sedang menghadiri pameran, memberikan sponsor bagi suatu acara, dan lain-lain. Faktanya, stiker dapat bekerja untuk menjangkau pelanggan dan mitra potensial dengan cara-cara yang kreatif dan pastinya hemat biaya.

 

Setiap stiker memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, serta cocok untuk beragam kegunaan termasuk label alamat, lambang nama, label produk, dan lain-lain. Banyaknya kegunaan cetak stiker akan memudahkan Kamu untuk melihat bagaimana stiker dapat berperan dalam menambah nilai pada brand Kamu.

 

Namun, apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam merancang stiker untuk bisnis Kamu?

 

1. Buat Ide yang Simpel

Tidak seperti brosur yang bisa memberikan banyak informasi, stiker harus dikemas sesederhana mungkin, bahkan dari segi visual. Pasalnya, Kamu tidak punya cukup waktu untuk membaca stiker yang dilihat selama beberapa detik. Ide stiker yang paling unik muncul dari WhatsApp dan Snapchat, yaitu sticker dalam bentuk maskor ataupun bentuk lainnya secara mencolok dengan gaya yang lucu.

 

Baca Juga: 5 Alasan Stiker Masih Efektif Sebagai Sarana Promosi

 

2. Variasikan Bentuknya

Persegi atau lingkaran adalah pilihan paling umum untuk desain stiker. Dalam banyak kasus, bentuk ini berfungsi dengan baik. Namun, apabila Kamu ingin menarik lebih banyak perhatian, gunakanlah bentuk non-ortodoks! Bentuk seperti ini akan sangat membantu, terutama jika warna brand Kamu tidak terlalu cerah.

 

3. Kurangi Detail

Pastinya Kamu menginginkan stiker yang menonjol dan dapat menarik perhatian banyak orang. Namun, menambahkan banyak detail tidak akan membantu dan bahkan dapat membuat stiker Kamu tidak mencolok. Terlalu fokus pada detail juga sering menjadi penghalang tersampaikannya ide utama. 


4. Cocokkan Warnanya dengan Brand Kamu

Desain stiker yang tidak dirancang untuk bisnis bisa menggunakan beragam warna. Sedangkan, desain stiker yang dibuat untuk bisnis harus memiliki kesesuaian dengan identitas brand. Pasalnya, tidak semua stiker akan memuat nama brand. Makanya, sebuah stiker paling tidak harus memiliki asosiasi yang kuat dengan brand.

 

5. Pastikan Tulisan Dapat Terbaca

Idealnya, sebuah stiker harus mengekspresikan pesan tanpa kata-kata. Namun, apabila Kamu memutuskan untuk memasukkan tulisan ke dalam stiker, buatlah tulisan tersebut menjadi super besar. Membuat stiker yang terdiri dari huruf besar seperti stiker Snapchat merupakan ide bagus.

 

6. Beri Sedikit Ruang

Umumnya, perusahaan ingin semua stikernya menampilkan identitas brand, seperti logo. Dari sisi audiens, menampilkan identitas brand dapat mengurangi nilai artistik sebuah stiker dan membuatnya menjadi tidak menarik. Dalam menghadapi permasalahan yang seperti ini, Kamu harus mau berkompromi. Buatlah beberapa stiker yang menampilkan identitas brand dan buatlah stiker bagus yang ingin dimiliki oleh siapa pun. Solusi lainnya adalah desain logo brand Kamu semaksimal mungkin, sehingga bisa menjadi hiasan menarik di laptop seseorang.

 

Baca Juga: 3 Contoh Integrasi Materi Cetak dengan Platform Digital Sebagai Strategi Pemasaran

7. Masukkan Kontak Perusahaan

Setelah banyak membahas desain stiker yang menyenangkan dan menarik, faktor ke-tujuh ini akan membahas desain stiker yang dapat berfungsi untuk memasarkan brand. Beberapa stiker Kamu harus mencantumkan informasi mengenai cara untuk menghubungi Kamu. Alamat situs, akun media sosial, atau kode QR akan sempurna untuk dimasukkan ke desain stiker Kamu.

 

8. Pakai CMYK

Apabila Kamu merancang stiker sendiri, Kamu harus mengubah ruang warna dari RGB ke CMYK. Umumnya, perusahaan percetakkan akan menggunakan 4 warna untuk memproduksi stiker. Makanya, format RGB bisa menimbulkan permasalahan dalam proses produksi. Selain itu, sebagian perusahaan percetakan langsung akan menolak untuk mencetak dalam RGB. Beralih ke CMYK sejak awal akan menghemat waktu Kamu.

 

9. Desain Dalam Resolusi yang Besar

Apabila Kamu tidak tahu ukuran stiker yang diinginkan, lebih baik kamu merancang stiker dalam resolusi tinggi. Hasil desain stiker dalam resolusi tinggi akan nampak bagus, meskipun dicetak di media cetak lain seperti mug, pakaian, dan lain-lain.

 

10. Uji Media Stiker Dahulu

Setelah berusaha keras dalam desain stiker, Kamu juga harus pastikan bahwa hasil cetak stiker tersebut memiliki kualitas yang super. Apabila ada kesempatan, mintalah sampel untuk memastikan bahwa stiker tersebut dapat bertahan lama. Cara paling ampuh untuk menguji hasil cetak stiker adalah dengan menempelkannya pada case smartphone dan membawanya di saku selama beberapa waktu. Namun, jika Kamu terdesak waktu, Kamu dapat menguji hasil cetak stiker dengan menggosokannya ke permukaan yang keras.

 

Baca Juga: Segala Hal Tentang Desain Grafis yang Harus Kamu Tahu

 

PrintQoe.com merupakan salah satu percetakan online yang menjadi solusi untuk cetak stiker sesuai kebutuhan bisnis Kamu. PrintQoe.com memungkinkan pelanggan perusahaan untuk melakukan pemesanan cetak cepat di manapun dan kapanpun. PrintQoe terbukti memiliki reputasi dan kualitas yang baik dari banyaknya perusahaan besar yang sudah menjadi pelanggan setia. Agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para pelanggannya, PrintQoe senantiasa memperbaharui dan merawat teknologi mesin yang digunakan.

 

Sumber:
https://www.digitalprinting.co.uk/blog/stickers-labels-improve-brand-marketing/ 
https://www.websticker.com/promotional-report/ 
https://www.designhill.com/design-blog/top-13-tips-to-create-and-print-sticker-designs-that-stand-out/