Hadapi COVID19, 5 Software Ini Gratis Untuk Kamu yang Kerja dari Rumah

Hadapi COVID19, 5 Software Ini Gratis Untuk Kamu yang Kerja dari Rumah


Tya Widianingsih | 31 Mar 2020 | 362

Pada Minggu (15/3), Presiden Joko Widodo memberikan oidato resmi mengenai himbauan bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan dari rumah guna menghindari penyebaran virus corona yang kian masif di Indonesia.


Imbasnya, hampir semua lapisan masyarakat harus berdiam diri dalam rumah termasuk yang bekerja. Pengusaha memilih untuk “merumahkan karyawan” untuk mengurus bisnis alias bekerja dari rumah guna menghindari efek persebaran  virus COVID-19. Beberapa perusahaan besar di Indonesia yang langsung menerapkan Work From Home (WFH) terhadap karyawannya antara lain Gojek, Tokopedia, dan Unilever.


Meskipun kerja #dirumahaja, jangan sampai produktifitasmu berkurang dan menjadi tumpul ya! Kali ini, PrintQoe.com akan membagikan lima softfawe gratis bagi para pebisnis dan Kamu yang sedang Work From Home selama pandemi COVID-19 berlangsung. Kelima software gratis ini diharapkan dapat membantu para pebisnis dan karyawan untuk melakukan monitoring, komunikasi, manajemen pekerjaan, kolaborasi dan pengelolaan keuangan.

 

Manajemen Pekerjaan: Trello dan Asana

Ketika Kamu menangani beberapa pekerjaan, Kamu tentu membutuhkan asisten yang dapat membantu dalam mengelolanya. Untuk itu, Kamu bisa menggunakan software gratis project management agar bisa memantau projek yang sedang dikelola dengan lebih efisien dan terkontrol.

 

Baca Juga: Masih Harus Ngantor Di Tengah Pandemi COVID19? Ini Saran WHO!


Untuk manajemen, terdapat dua software gratis yan bisa dipilih, yaitu Trello dan Asana. Trello merupakan aplikasi projek manajemen berbentuk papan yang berisi jurnal dan proyek berjalan. Selain Trello, ada Asana, sebuah software gratis untuk  project manajemen untuk mengatur, mengelola dan mengecek pekerjaan.

 

Monitoring Team: Hubstaff dan Officevibe

Karena Kamu bekerja dari rumah, tentu membutuhkan software gratis yang mampu me-monitoring seluruh tim untuk memastikan semua bekerja dengan baik dari rumah. Dengan begitu, seluruh pekerjaan bisa berjalan dan terselesaikan dengan baik.


Nah, sekarang, di masa pandemic COVID-19 ini, terdapat software gratis untuk team monitoring yang digratiskan selama Kamu kerja di rumah aja atau WFH. Software gratis tersebut yaitu Hubstaff dan Officevibe. Langsung saja daftarkan email-mu ke software gratis tersebut dan langsung mencobanya dengan rekan-rekan sekantor.

 

Kolaborasi: Google Drive dan Microsoft Teams

Google Drive memang cukup lazim digunakan oleh karyawan. Namun, bagaimana jika semua fitur digratiskan? Tentu Google tidak pernah memberikan hal tersebut secara cuma-cuma. Untuk memudahkan kolaborasi para karyawan yang berjauhan atau physical distancing, Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur gratis dari Google Drive.


Tidak hanya itu, jika Kamu dan rekan sekantor ingin melakukan meeting atau presentasi juga bisa mencoba Microsoft Teams. Kamu bisa menampilkan file atau data yang ingin dijelaskan sambil tetap melihat wajah seluruh peserta conference call meeting. Menarik bukan?

 

Pengelolaan Keuangan: Paper.id

Dalam sebuah perusahaan, aspek keuangan menyangkut banyak hal mulai dari perncatatan transaksi, pembukuan, hingga laporan keuangan. Pengelolaan keuangan secara manual bisa menyebabkan masalah jika tanpa adanya koordinasi yang baik.

 

Nah, jangan sampai WFH selama physical distancing menjadi hambatan tersebut. Meski kecil, seperti kesalahan pencatatan dan perhitungan, tertap bisa mengakibatkan selisih angka yang berdampak pada laporan keuangan. Untuk itu, Kamu bisa mencoba software paper.id untuk membantu mengelola keuangan selama masa pandemic COVID-19.

 

Baca Juga: Bagaimana Bisnis Tetap Berjalan Di Tengah Pandemi COVID19?

 

Komunikasi: Slack dan Skype

Meski banyak sekali aplikasi komunikasi, nampaknya slack dan skype menjadi dua software gratisyang paling diminati oleh para pekerja selama melakukan WFH di masa pandemic COVID-19. Bahkan, menurut Hootsuit, Slack diklaim sebagai aplikasi messenger yang efektif untuk bekerja. Didesain dengan tampilan dan fitur yang minimalis, slack dibekali dengan berbagai macam fitur yang bisa mendukung pekerjaan.


Selain itu, Skype juga bisa digunakan untuk video conference dengan banyak orang. Sehingga sangat cocok bagi para pebisnis yang ingin melakukan meeting tanpa perlu bertatap muka secara langsung.

Bagaimana, apakah Kamu sudah mencoba kelima software gratis tersebut atau baru sebagian? Jika belum semuanya, yuk coba gunakan sekarang. Siapa tau bisa membantu pekerjaanmu agar lebih maksimal.