Gunakan Kemasan Menarik untuk Bisnis Kulinermu Sebagai Strategi Pemasaran

Gunakan Kemasan Menarik untuk Bisnis Kulinermu Sebagai Strategi Pemasaran


Tya | 29 Oct 2019 | 138

Di zaman sekarang, makanan bukanlah sekedar kebutuhan dasar seseorang melainkan sudah menjadi gaya hidup. Adanya globalisasi juga berdampak pada makanan. Kuliner asal negara-negara lain masuk ke Indonesia, sehingga pilihan makanan pun menjadi semakin luas dan bermacam-macam. Makanya, tak mengherankan apabila bisnis makanan pun berkembang semakin luas. Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang digemari oleh banyak pengusaha start-up.

 

Di sisi lain, ramainya bisnis kuliner menimbulkan persaingan yang ketat antar pemain usaha makanan dan minuman. Para pengusaha start-up harus memiliki ide yang orisinil dan berbeda dengan para pesaingnya untuk memenangkan perlombaan merebut hati konsumennya. Mulai dari cita rasa makanan, kenyamanan tempat makan, kebersihan, dan bahkan kemasan makanan harus dipikirkan dengan sungguh-sungguh untuk memenangkan hati pelanggan.

 

Bagi para pengusaha start-up yang baru saja memulai bisnis kulinernya, salah satu cara yang paling mudah untuk memunculkan rasa penasaran target pelanggan akan produk makanan adalah melalui kemasan yang menarik. Menghabiskan uang yang lebih untuk cetak kemasan makanan bukanlah pilihan yang buruk. Mengapa demikian?

 

1. Kemasan dapat menjadi magnet yang menarik pehatian target pelanggan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemasan yang inovatif dapat membuat brand Kamu lebih menonjol dibandingkan brand lainnya, terutama ketika produk Kamu dikelilingi oleh kemasan yang membosankan. Kemasan yang unik dapat membuat pelanggan penasaran dan mengambil produk makanan Kamu. Bisnis kuliner telah melaporkan peningkatan minat konsumen sebesar 30% ketika bisnis tersebut memberi perhatian khusus pada pengemasan produk.

 

Baca Juga: 6 Manfaat Cetak Kemasan Minuman untuk Strategi Promosi Bisnis

 

Presentasi visual sebuah produk adalah kunci dalam pemasaran. Tahukah Kamu bahwa kesan pertama akan sebuah produk dibuat dalam 7 detik? Penelitian juga menunjukkan bahwa dalam pembelian produk baru, setidaknya sepertiga dari keputusan pembelian dibuat berdasarkan kemasan produk. Makanya, cetak kemasan merupakan salah satu investasi berharga yang harus dilakukan oleh bisnis kuliner start-up.

 

2. Kemasan memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan

Kedua, kemasan yang baik dapat memberikan informasi secara cepat kepada pelanggan. Siapa sangka kemasan memberi pengaruh sendiri pada alam bawah sadar? Kemasan secara tidak langsung mengkomunikasikan informasi penting seperti fitur utama produk, manfaat dan bahan-bahan. Jika informasi penting ini tersampaikan dengan jelas, maka hal ini akan membantu keputusan pembelian pelanggan.

 

3. Kemasan memperkuat brand di benak target pelanggan

Kemasan menampilkan semua elemen branding yang telah dibuat dengan susah payah. Elemen-elemen seperti logo, nama brand, dan skema warna yang tertera dalam kemasan dapat membantu pelanggan mengenali produk Kamu secara instan. Branding dalam kemasan produk juga memainkan peran besar dalam pemasaran.

 

Desain kemasan, bersama dengan branding yang kuat dan konsisten dapat secara emosional menghubungkan pelanggan ke produk. Pasalnya, branding dapat membangkitkan ingatan dan perasaan positif yang mengarah pada hubungan jangka panjang antara brand dan konsumen.

 

Baca Juga: Cetak Kemasan Berkualitas Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Penjualan

 

4. Kemasan memberikan proteksi tersendiri bagi produk makanan

Perlindungan adalah fungsi asli dari kemasan produk. Kemasan yang baik dapat melindungi produk dari kerusakan selama transit. Di sisi lain, pengemasan juga berfungsi sebagai lingkungan basah atau bakteri yang dapat mengeksploitasi produk. Alasan terakhir ini semakin mempertegas fungsi cetak kemasan yang baik.

 

Masalah cetak kemasan produk makanan dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan PrintQoe.com. PrintQoe merupakan penyedia layanan outsourcing pencetakan dokumen, termasuk percetakan digital, kreatif, desain, serta pencetakan komersial dan penerbitan di lebih dari 133 kota dan kabupaten yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

 

Sumber:

https://www.quentosity.co.nz/unique-packaging-design/ 
https://www.breathe4u.com/creative-packaging-design/ 
https://www.9print.co/en/blog/posts/4-benefits-of-attractive-packaging