Gemar Membaca Majalah? Intip Proses Pembuatannya di Sini!

Gemar Membaca Majalah? Intip Proses Pembuatannya di Sini!


Tya Widianingsih | 17 Feb 2020 | 1837

Media cetak merupakan media komunikasi pertama yang dikenal manusia, sebagai media yang memenuhi ciri-ciri komunikasi massa (satu arah, melembaga, umum, serempak). Media cetak berbentuk surat kabar, tabloid, buletin, dan majalah sangat populer sehingga dicetak secara masif untuk didistribusikan secara nasional. Padahal, di masa itu memproduksi media cetak masih dilakukan secara konvensional alias belum ada layanan cetak online.

 

Pada masanya, media cetak jauh lebih unggul  ketimbang media televisi dan radio karena media cetak bisa didapat di mana saja, dan dibaca kapan saja serta lebih mendalam. Sedangkan radio dan televisi hanya dalam waktu tertentu dan jarang terjadi yang namanya “siaran ulang”.


Majalah

Majalah merupakan salah satu bentuk publikasi media cetak yang memiliki segmentasi lebih sempit dan lebih terarah daripada surat kabar. Majalah memiliki kedalaman isi yang jauh berbeda dengan surat kabar atau buletin yang hanya menyajikan berita. Disamping itu, majalah menemani pembaca dengan menyajikan cerita atas berbagai kejadian dengan tekanan pada unsur informasi, mendidik serta memberi hiburan.

 

Ketika Kamu membuat majalah dan menyebarkannya kebanyak orang dan banyak orang pula yang membacanya, dapat diartikan Kamu telah memberikan suatu manfaat ke banyak orang. Sekarang juga sudah banyak kemajuan yang mendukung pembuatan majalah, salah satunya adalah layanan cetak online. Dengan adanya layanan tersebut maka mempermudah proses pencetakannya.

 

Proses Pembuatan Majalah

Saat Kamu ingin membuat sesuatu, pastilah yang terpikirkan adalah prosesnya. Bagaimana proses itu bisa terbentuk dan bagaimanakah proses berjalan dan terlaksana. Sama halnya dengan ketika Kamu ingin membuat suatu majalah. Dalam hal ini, ada beberapa proses atau tahap dalam pembuatan majalah.

 

Dimulai dari perencanaan, dalam tahap ini Kamu ingin memberikan informasi kepada khalayak tentang tahap seperti apa yang harus dilakukan sebelum melangkah lebih jauh dalam proses pembuatan majalah. Contohnya dari penetapan visi dan misi majalah, penentuan segmentasi majalah, penentuan proses distribusi atau penjualan, tahap mengonsep majalah (nama majalah, pembagian rubrik, ukuran majalah, jenis kertas, dan lainnya.

 

Memasuki tahap pembuatan, tidak lain Kamu harus mengisi informasi dalam majalah, menulis artikel-artikelnya, dan jangan lupa mengoreksi tulisan agar tidak memberikan informasi yang salah.

 

Setelah tulisan diserahkan kedesainer, maka tahap inilah yang membuat suatu majalah terlihat menarik dan inovatif. Tahap mendesain adalah yang sangat menarik, karena tahap ini menuntut Kamu untuk selalu kreatif dan inovatif agar pembaca memiliki perhatian akan majalahnya.

 

Perhatikan detail seperti layout, warna, font, ilustrasi atau gambar, dan elemen visual lain. Pesona sebuah majalah sebagian besar datang dari cover. Maka desain cover depan majalah harus memenuhi kriteria-kriteria seperti menunjukkan identitas majalah, menarik perhatian, komunikatif dan informatif.

 

Terakhir adalah masuk ke proses pencetakan. Sebelum masuk cetak dalam jumlah besar, sebaiknya sebuah majalah harus dilakukan cetak uji coba terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar bisa diketahui kesalahan–kesalahan klasik dalam mencetak seperti warna yang berbeda dengan yang dikomputer, font yang berubah dengan aslinya, gambar yang pecah, dan lainnya.

 

Ketika proses cetak uji coba sudah sesuai dengan keinginan. Maka langkah selanjutnya, yaitu mencetak besar. Mencetak dengan mesin yang disesuaikan dengan keinginan dan sesuai keuangan perusahaan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sekarang mencetak menjadi sebuah pekerjaan mudah. Dengan adanya layanan cetak online seperti PrinterQoe,com. Kamu tidak usah pusing dalam mencari mitra percetakan yang terpercaya.

 

PrintQoe.com menjadi game changer bagi industri cetak dokumen di Indonesia dengan merespons kebutuhan pengguna, seperti pelaku bisnis, mahasiswa, digital nomad, dan startup hingga korporasi besar dengan skala nasional. Semuanya bisa melakukan order cetak secara cepat, praktis, dan berkualitas, di manapun dan kapanpun.