Galau Karena Ga Bisa Mudik ? Ini Aktivitas Penggantinya

Galau Karena Ga Bisa Mudik ? Ini Aktivitas Penggantinya


Tya Widianingsih | 27 Apr 2021 | 540

Libur lebaran adalah momen yang ditunggu hampir oleh seluruh karyawan di tanah air. Bagaimana tidak, karena pada momen ini karyawan mendapatkan waktu libur dan cuti bersama yang cukup panjang. Yang mana biasanya sering digunakan untuk mudik, atau pulang kampung.

 

Tapi sayangnya, sejak Ramadhan 2020 kegiatan mudik ini cuma bisa menjadi angan-angan. Sejak pandemi covid-19 menyebar di Indonesia pada April tahun lalu larangan mudik digalakkan oleh pemerintah, begitupun untuk tahun ini. Hal ini pastinya membuat kamu, kita, merasa galau bukan? Mau mudik... dilarang. Ga mudik... rindu sekali kampung halaman.

 

Aktivitas Libur Lebaran Pengganti Mudik


1. Self Reward

Puasa selama 30 hari di bulan Ramadhan bukan hal yang mudah lho. Selain butuh niat ibadah yang ikhlas, perlu tekad dan kondisi tubuh yang kuat. Kalau berhasil menyelesaikan tantangan puasa ramadhan tahun ini, kamu wajib banget self reward. Apresiasi diri kamu karena sudah berhasil melewati godaan yang berat. Bentuk self reward ini bisa kamu sesuaikan sama kebutuhan kamu ya. Kamu bisa beli baju baru, makan makanan yang kamu mau,  atau perawatan diri.


Mengingat lebaran merupakan hari kemenangan, kamu pun harus menyiapkan diri versi terbaik. Sama seperti beberes rumah, kamu bisa mulai intensif merawat diri di beberapa hari sebelum hari lebaran. Skin care routine harian kamu ga boleh sampai skip nih. Kalau perlu, lakukan perawatan ekstra seperti hair styling ke salon, facial wajah atau massage. Semua upaya perawatan diri ini dijamin bakal buat kamu tampil glowing saat lebaran dan saat kembali masuk kerja.

 

Baca Juga : 4 Desain Kartu Ucapan Lebaran yang Menggambarkan Kondisi Ga Bisa Mudik

 

2. Meditasi

Meditasi di sini caranya bisa macem-macem kok. Kamu bisa berpuasa kembali sebagai salah satu cara untuk semakin mendekatkan diri dengan Allah. Berpuasa dari penggunaan laptop dan mengurangi penggunaan HP untuk mengurangi risiko kelelahan menatap layar elektronik, biar ketika masuk kerja lebih fresh. Me time dengan banyak membaca buku, yoga, dan kegiatan lainnya yang bisa membuatmu lebih tenang.

 

3. Melakukan Hobi

Hari lebaran di kampung halaman biasanya dihabiskan dengan kumpul bersama keluarga. Saling bertukar kabar dan makan masakan khas lebaran buatan rumah adalah 2 hal yang priceless. Untuk mengatasi rasa sedih karena ga bisa mudik, kamu bisa melakukan hobi yang kamu suka. Ga akan sepenuhnya menyembuhkan rasa rindu dengan keluarga, tapi lumayan buat mengisi waktu kosong di hari libur lebaran. Kalau kamu mau melakukan kegiatan produktif, membaca buku atau olahraga bisa menjadi pilihan aktivitas saat lebaran. Kalau kamu sedang ingin santai, movie marathon atau main games akan bikin kamu lupa rasa sedih (dan lupa waktu). Buat kamu yang ga bisa diam di rumah dan pengen jalan-jalan, staycation bisa jadi alternatif kegiatan saat lebaran ketika ga bisa mudik.

 

Baca Juga : Kartu Ucapan Lebaran Kembali Populer Selama Pandemi 

 

4. Video Call 

Selain identik dengan kulinernya, lebaran pun menjadi momen dimana seluruh umat muslim saling bersilaturahmi dan saling memaafkan. Karena tidak mudik akibat jatah cuti bersama t, kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk menyapa keluarga dan kerabat nun jauh di sana.
Dengan video call, kamu tetap bisa terhubung secara virtual dengan keluarga tanpa batasan jarak. Walaupun ada rasa sedih karena tidak bisa saling berpelukan atau tegur sapa secara langsung, namun setidaknya rasa rindu itu sedikit terobati. Momen lebaran pun tetap bisa kamu dapatkan.

 

5. Kirim Hantaran ke Kampung Halaman

Biar silaturahmi nya makin spesial meski berjauhan, kamu bisa nyiapin hantaran buat keluarga di rumah. Buat yang keluarganya belum punya peralatan komunikasi canggih, kamu bisa berkirim laptop maupun smartphone. Buat yang keluarganya punya usaha, kamu bisa mendukung bisnis mereka dengan membuat value produk lebih meningkat.


Misalnya, membuatkan paket hampers lebaran  jika keluarga mempunyai usaha makanan. Seperti packaging, kartu ucapan, hang tag, stiker label, dan lain-lain. Untuk menyiapkannya, ga perlu ribet kok. Kamu bisa order langsung di PrintQoe.com , bisa request desain atau langsung pilih produk berdesain yang sudah tersedia.Kamu tinggal kirim aja hasil cetaknya sebagai hantaran untuk keluarga di kampung bersamaan dengan barang lainnya. Gimana, menarik bukan?

 

Selalu ada cara untuk tetap "Dekatkan Kata, Dekatkan Kita"