Ciri Startup yang Mendulang Sukses di Masa Depan

Ciri Startup yang Mendulang Sukses di Masa Depan


Tya Widianingsih | 02 Dec 2020 | 179

Sejak 5 tahun terakhir, Start Up  sangat populer di Indonesia. Muncul berbagai perusahaan rintisan baru yang bergerak di berbagai macam bidang/indusrtri, mulai dari yang berbasis layanan, sistem, F&B, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, pertumbuhan Start Up yang tinggi nampaknya kurang berbanding lurus dengan presentasi keberhasilan. Ya, ibaratnya sebuah seleksi, tidak semua Start Up dapat bertahan dan hanya beberapa yang sukses.

 

Ciri Khas Startup yang Akan Sukses

Kita tidak tahu, perusahaan mana yang akan sukses di masa depan. Akan tetapi, perusahaan yang akan sukses di masa depan biasanya memiliki ciri khas yang bisa diidentifikasi sejak dini. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

 

1. Kepemimpinan dan Pemegang Kebijakan yang Sevisi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa para pemegang kebijakan dan orang-orang yang memimpin startup merupakan tolok ukur sebuah perusahaan. Keberadaan para eksekutif ini akan sangat menentukan ke mana arah perusahaan startup mau dibawa selanjutnya. 

 

Dengan adanya visi dan misi yang sama di kalangan para pemimpin dan pemegang kebijakan sebuah perusahaan Start Up, memutuskan kebijakan terkait masalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut akan lebih mudah.

 

Baca Juga : 5 Sifat yang Harus Dimiliki CEO Start Up

 

2. Keberadaan Perusahaan yang Menjawab Banyak Persoalan

Tidak hanya berfokus pada pendapatan atau profit semata, akan tetapi startup yang diperkirakan akan mendulang sukses biasanya juga berfokus pada penyelesaian masalah yang ada di kalangan masyarakat. 

 

Sebagai contoh, perusahaan startup yang berada di lingkungan perkantoran ataupun lembaga pendidikan yang memberikan kemudahan layanan untuk pengadaan alat tulis kantor, seperti cetak id card, annual report, dan lain sebagainnya.

 

3. Mengalami Kegagalan yang Tidak Sedikit

Memang semua orang tidak menginginkan adanya kegagalan. Akan tetapi sebuah perusahaan startup yang diperkirakan akan sukses di masa yang akan datang biasanya akan mampu mengatasi berbagai macam kegagalan yang menimpa perusahaan startupnya.

 

Dengan mengalami kegagalan, maka treath yang menjadi faktor penghambat majunya startup tersebut akan mampu dipelajari secara riil dan dapat diantisipasi di masa yang akan datang. Sebagai contoh, perusahaan percetakan yang memiliki kegagalan dalam sistem cetak id card di percetakan digital online atau masalah teknis lainnya, maka selanjutnya akan dijadikan pelajaran untuk menata sistem yang lebih baik daripada sebelumnya.

 

4. Manajemen yang Efektif dan Efisien

Perusahaan startup yang diperkirakan akan sukses di masa yang akan datang biasanya memiliki sistem manajemen perusahaan yang efektif dan efisien. Sistem manajemen yang efektif yang efisien akan mampu menghemat dana operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan. 

 

Selain itu, sistem manajemen semacam ini juga berpotensi untuk menyelesaikan target-target tertentu dalam perusahaan dengan langkah yang solutif tapi mampu membereskan banyak hal serta tidak menyulitkan semua orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut.

 

Baca Juga : 5 Tips Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Start Up

 

5. Keuntungan Signifikan yang Stabil

Profit merupakan salah satu target penting yang dicapai oleh perusahaan startup. Hal ini terjadi karena sebenarnya permasalahan profit ini bukan hanya semata untuk memperkaya diri, akan tetapi juga dimaksudkan untuk menjaga stabilitas operasional perusahaan Start Up itu sendiri. 

 

Selain untuk pengeluaran harian dan bulanan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, sistem keuangan ini juga akan menjamin kehidupan pekerja yang tergabung di dalam perusahaan ini. sehingga perusahaan startup tersebut juga akan stabil dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lebih panjang lagi.

 

6. Memberikan Kemudahan untuk Konsumen

Langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk memudahkan konsumen adalah dengan memberikan harga yang terjangkau dan kualitas barang yang tidak sembarangan. Tentunya dengan mempertimbangkan segmentasi pasar yang sesuai sehingga produk dari perusahaan startup akan mampu bersaing dengan baik. 

 

Sebagai contoh, perusahaan percetakan yang memberikan fasilitas cetak id card dengan pembelian minimal yang tidak terlalu banyak akan menjadi keunggulan tersendiri dari perusahaan tersebut. Atau juga perusahaan yang memberikan layanan cetak id card sehari jadi di percetakan digital online.