Cetak Kartu Nama di Era Digital, Masih Perlukah?

Cetak Kartu Nama di Era Digital, Masih Perlukah?


Tya | 07 Oct 2019 | 514

Kartu nama menjadi alat kewajiban setiap karyawan yang bekerja sebagai identitas perusahaan dimana Kamu bekerja. Proses print digital cetak kartu nama biasa dimulai dengan menentukan desain dan informasi yang ingin dicantumkan pada kartu nama, kemudian Kamu tinggal menentukan jumlah yang diinginkan dan percetakan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Alasan Penting Kartu Nama Tetap Eksis di Era Digital

 

1. Menukar Informasi Secara Digital Kurang Etis

Membangun koneksi dengan klien maupun partner bisnis merupakan hal yang esensial. Oleh karena itu, memberikan identitas diri saat berbisnis sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Untuk sekarang, meskipun sudah terdapat Linked In, saat pertama kali bertemu klien atau rekan bisnis akan terasa tidak etis jika Kmau langsung memberikan atau menanyakan alamat profil Linked In. Kartu nama yang menjadi erbang untuk melancarkan hubunganmu kedepannya.
 

2. Kartu Nama Menunjukan Branding Perusahaan Anda 

Kartu nama merupakan ciri khas setiap perusahaan. Sehingga tiap perusahaan tentunya membuat desain kartu nama dan mencetaknya seunik, dan seelegan mungkin karena kartu nama berfungsi sebagai branding perusahaan. Sehingga dengan memberikan kartu nama yang keren, Kmau akan mendapatkan kesan pertama yang baik pula.
 

3. Kartu Nama Unik Merupakan Media Marketing Ampuh

Tidak ada media marketing yang paling ampuh selain bertemu secara langsung, berjabat tangan, dan menmpengaruhi mereka. Saat mendekati calon klien potensial, investor, atau bahkan calon partner bisnistersebut, tentunya Kmau akan menunjukan kartu identitas.
 

4. Menunjukan Kamu Siap Berbisnis

Memastikan diri selalu membawa kartu nama kemanapun merupakan salah satu sikap profesionalisme. Menunjukan juga bahwa Kamu siap berbisnis kapanpun, dan dimanapun. Saat menemukan moment potensial, seperti saat konferensi, ruang tunggu, airport, seminar, dan sebagainya. Membawa kartu nama menjadi peluang untuk mendapatkan prospek bisnis dimana saja.
 
Ukuran yang kecil dan informasi yang tercantum termasuk sederhana, membuat orang menyepelekan pentingnya kartu nama perusahaan. Kartu nama memiliki banyak fungsi dan kegunaan di luar fisik dan informasi yang terdapat, kartu nama perusahaan berfungsi memberi kesan pertama yang baik pada klien yang dihadapi, menunjukkan keseriusan dan profesionalitas dengan demikian membuat Kamu teringat. Melihat kegunaan berikut, sudah sewajibnya Kamu mulai print digital cetak kartu nama dan sedia untuk pertemuan dengan klien berikutnya.

 

Cetak Kartu Nama Murah

Cetak kartu nama tidak membutuhkan biaya yang tinggi dengan banyaknya percetakan yang menawarkan harga bersaing. Satu box dengan isi 100 kartu nama dapat didapat hanya dengan membayar Rp18.000,- namun terdapat jumlah minimum yang harus dipesan oleh konsumen, tentunya semakin banyak jumlah yang ingin dicetak semakin murah harga yang didapat. 

 

Beberapa negara bahkan menganggap bertukar kartu nama sebagai budaya yang wajib dilakukan saat seseorang berbisnis, mengambil contoh seperti Hong Kong dan Jepang, menjadi gestur yang lebih sopan untuk saling bertukar kartu nama saat berkenalan. Klien juga akan menilai  efektifitas lawan bisnis dari kualitas kartu nama yang digunakan, logo dari perusahaan, dan gestur saat perkenalan satu sama lain. 

 

Desain cetak kartu nama juga bisa menjadi salah satu alat yang memberikan impresi kepada klien. Baik tulisan yang digunakan pada kartu nama, foto yang Kamu gunakan, bahan kartu nama yang digunakan, bisa memberikan impresi yang baik kepada klien. Ditambah kartu yang berkesan dan berkualitas bagus bisa menjadi cendera mata klien untuk mengingat individu personal kita sendiri. Di PrintQoe.com Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu terkait desain yang ingin digunakan.

 

Selain itu desain dari kartu nama bisa mewakili keterampilan dari bisnis yang dijalankan, misalkan perusahaan desain grafis dapat menunjukkan keterampilan atau kualitas dari produksinya melalui tampilan visual kartu nama tersebut. Tidak hanya mengesankan bagi klien yang ditunjukkan, kesempatan Kamu untuk direferensikan kepada klien lain akan semakin tinggi dengan cara klien memberikan kartu nama yang pernah Kamu berikan sebelumnya kepada calon klien lainnya.

 

Baca Juga: Cara Mudah Membangun Loyalitas Pelanggan dan Relasi Bisnis

 

Melihat adanya kebutuhan print digital cetak kartu nama ini membuat penyedia percetakan berinovasi untuk memberikan layanan bagi konsumen mulai dari jasa desain kartu nama, jasa kirim kartu nama, pesanan kilat, hingga memanfaatkan teknologi internet dengan menyediakan platform pesanan lewat website atau aplikasi.

 

Salah satu nama besar yang sudah berpengalaman di Indonesia adalah PrintQoe.com, anak perusahaan dari Astragraphia Xprins Indonesia atau yang disingkat AXI ini sudah menjadi penyedia kebutuhan cetak terpadu bagi banyak perusahaan besar di Indonesia. PrintQoe.com melayani mulai dari kebutuhan sederhana seperti kalender perusahaan, kartu nama perusahaan, profil perusahaan, hingga kebutuhan khusus seperti kartu ucapan untuk klien, amplop, dan kop surat sudah dapat didapat melalui satu penyedia jasa saja.

 

Sumber: https://www.designhill.com/design-blog/reasons-why-business-cards-are-still-important/