Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang Secara Online

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang Secara Online


Tya Widianingsih | 18 Nov 2020 | 63

Sumber Foto : radartanggamus.com


Kesehatan merupakan salah satu harta yang paling penting, terutama di era pandemi ini. Dalam kondisi yang krisis semacam ini, keberadaan BPJS Kesehatan tentunya akan sangat bermanfaat untuk menjamin layanan kesehatan yang bisa digunakan, terutama untuk orang-orang yang mengalami keterbatasan dana.

 

Bingung jika kartu BPJS hilang? Tenang saja, kini kamu dapat mengurusnya secara online. Bahkan kamu dapat melakukan proses cetak ulang di tempat print terdekat dan tidak harus datang ke kantor BPJS. Penasaran seperti apa/ simak penjelasannya di bawah ini, ya!

 

Cetak Ulang Kartu BPJS yang Hilang

Beikut ini adalah langkah-langkah untuk mencetak ulang kartu BPJS Kesehatan yang telah hilang. Simak sampai habis, ya!

1. Download Aplikasi JKN Mobile

Jika kamu menggunakan android, aplikasi ini dapat kamu temui dengan mudah di Play Store. Ketikkan saja kata kunci ‘JKN Mobile’ dan download aplikasinya. Pastikan memori internal di handphonemu memiliki sisa ruang yang cukup, ya. supaya proses download bisa berjalan lancar. 

2. Lengkapi Data Pribadi

Jika kamu sudah menggunakan aplikasi JKN Mobile ini sebelumnya ketika mendaftar online, maka kamu tidak perlu melakukan langkah ini dan bisa langsung melanjutkan ke langkah berikutnya. Akan tetapi, kamu akan diminta untuk input data pribadi jika belum pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya, ya. Pastikan kamu juga sudah mempersiapkan password dan email yang aktif untuk menyelesaikan proses ini.

3. Login ke Aplikasi JKN Mobile

Setelah kamu mengisi data pribadi dengan lengkap dan benar sesuai identitas yang terdaftar di database BPJS Kesehatan, selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman login aplikasi JKN Mobile. Kamu dapat login dengan menggunakan username, nomor kartu BPJS, atau juga dengan email yang terdaftar.

 

Kemudian isilah password dan Captcha. Oh ya, captcha ini adalah kode unik yang selalu berubah-ubah ya. Isikan sesuai dengan contoh yang diberikan. Fungsi dari captcha ini akalah untuk memastikan bahwa kamu adalah pengguna yang benar dan bukan merupakan robot sistem yang akan merusak aplikasi.

 

4. Klik Opsi ‘Kartu’

Setelah kamu berhasil masuk ke aplikasi JKN Mobila, kamu akan melihat tampilan Home dari aplikasi ini. pilih opsi ‘Kartu’ untuk menampilkan kartu BPJS Kesehatan milik masing-masing anggota keluarga yang terdaftar dalam 1 keluargamu. 

 

Di sini, kamu akan melihat dengan detail masing-masing kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk layar handphone yang sudah disetting untuk masuk ke mode landscape secara otomatis. Kamu tinggal pilih kartu mana yang butuh untuk dicetak.

 

5. Kirim ke E-mail Pribadi

Setelah kamu sudah memilih sebuah atau beberapa kartu yang ingin dicetak, selanjutnya klik opsi yang ada di sebelah kiri bawah. Nanti akan ada box yang berisi informasi bahwa kartu BPJS akan dikirim ke e-Mailmu. Klik ‘OK’

 

6. Download Kartu Via E-mail

Langkah terakhir adalah tinggal mendownload kartu yang dilampirkan dan terkirim secara otomatis ke emailmu. Selanjutnya kamu dapat mendatangi kantor BPJS yang ada di kotamu atau ke tempat print terdekat untuk melakukan proses pencetakan. Akan tetapi, diketahui bahwa kantor BPJS sementara ini berhenti untuk melakukan proses pencetakan kartu yang hilang.

 

Sebagai solusi, Kamu bisa menggunakan jasa cetak kartu BPJS yang hilang secara online melalui PrintQoe.com. Tinggal kirimkan kartu bpjs yang sudah di download kepada printing expert kami dan akan langsung dicetak sesuai dengan spesifikasi material atau kertas yang diinginkan. Apakah ingin dicetak menggunakkan art cartoon biasa dan di laminating atau menggunakan PVC atau chip seperti yang tebal seperti kartu ATM atau Flazz. Selain itu, PrintQoe.com memiliki banyak titik layan yang tersebar di seluruh Indonesia, khsuusnya Jabodetabek. Kami akan mencetak dari lokasi terdekatmu sehingga biaya dan waktu pengiriman akan lebih efisien.