Cara Menghitung Harga Cetak Backdrop

Cara Menghitung Harga Cetak Backdrop


Tya | 19 Nov 2019 | 95

Dalam suatu event, penyelenggara biasanya menaruh sebuah gambar besar di lokasi strategis dan berfungsi untuk para peserta berfoto ria satu sama lain turut meramaikan acara. Gambar besar dengan desain dan warna menarik itu lebih dikenal dengan sebutan backdrop.


Backdrop sendiri secara harafiah mempunyai arti latar belakang atau background. Dalam sebuah event, backdrop biasanya dilengkapi dengan lighting dan juga karpet berwarna merah, agar pengunjung merasa lebih istimewa.
Dalam prosesnya, cetak backdrop biasanya dilakukan oleh jasa percetakan seperti PrintQoe. Bahan dari backdrop yang diinginkan pun sesuai kebutuhan, seperti vinnyl atau wallpaper. Namun dalam kenyataannya, vinnyl lebih dicari karena lebih mudah dan lebih cepat dalam pemasangannya. 


Saat dipasang, backdrop bisa ditempelkan langsung pada dinding. Agar lebih kuat, backdrop akan dipasang di rangka baik berbahan besi, aluminium, maupun kayu. Rangka juga biasanya sudah tersedia di jasa percetakan online. Jika Kamu mau yang segalanya sudah lengkap, Kamu bisa hubungi PrintQoe.com dan Kamu juga bisa melakukan konsultasi bersama customer service PrintQoe sebelum melakukan transaksi.

 

Baca Juga: Cetak Hasil Spanduk Berkualitas dengan Harga Murah di PrintQoe

 

Nah, bagi Kamu yang penasaran terhadap harga cetak backdrop, bisa membaca tulisan ini yang didapatkan dari berbagai sumber.


1. Perhatikan Kebutuhan

Biasanya tempat percetakan akan cetak backdrop dengan harga cetak per meter. Untuk itu, Kamu harus mengetahui ukuran backdrop yang dibutuhkan. Jangan sampai salah hitung karena tentu saja akan merugikan perusahaan. 

Untuk perhitungan harga cetak backdrop, gampangnya seperti ini. Misalnya, ukuran Backdrop Kamu 5 x 8 meter jika dikalikan 5 x8 = 40. Nah hasil tersebut akan dikalikan dengan harga cetak per meter, misalnya per meter dihargai Rp 15.000, jadi 40 x Rp 15.000 = Rp 600.000. 

 

2. Tentukan Bahan

Harga percetakan backdrop juga ditentukan oleh material yang digunakan. Semakin bagun bahannya, maka harga cetak akan lebih mahal. Seperti sudah dikatakan di atas, bahan backdrop terdiri dari vinnyl atau wallpaper, jadi sebaiknya Kamu tentukan dulu ya.

 

3. Kuantitas Cetak

Jumlah backdrop yang dicetak tentunya akan menentukan harga. Jadi sebaiknya, Kamu mencetak lebih banyak agar mendapatkan potongan harga. Dengan harga yang terpangkas tentunya, budget produksi dari perusahaan akan lebih terjangkau kan?

 

4. Cek Kelengkapan

Setiap tempat percetakan tentunya memiliki fasilitas masing-masing untuk konsumennya. Maka dari itu, pastikan tempat percetakan yang Kamu tuju memiliki fasilitas yang memadai yang akan memudahkan. Pastikan Kamu mengecek apakah, harga percetakan sudah termasuk lampu, rangka backdrop, kurir, dan harga transportasi.

 

5. Perhatikan Resolusi

Pastikan resolusi gambar yang akan dicetak sesuai dengan keinginan kamu. Jika backdrop yang hendak dicetak sangat besar, makan ukuran resolusi harus mengikuti. Jika tidak, hasil cetak backdrop akan tampak lebih buram.

 

6. Kalimat Singkat dan Menarik

Jangan menyepelekan soal pemilihan kata dan kalimat dalam sebuah spanduk. Kamu harus memastikan kalimat yang tertera sesuai dengan pesan yang akan disampaikan. Coba bayangkan, jika backdrop di Lembaga pemerintahan memakai kata-kata gaul dan alay? Tentunya akan merusak reputasi. 

 

Baca Juga: Perlu CetakSpanduk dan Backdrop untuk Acara di Luar Kota

 

Usahakan juga, jangan gunakan kalimat yang terlalu panjang. Jika terlalu Panjang, maka pesan yang disampaikan justru akan membingungkan. Gunakanlah bahasa yang sederhana, unik agar menarik peserta. 

 

7. Jangan Asal Pilih Warna

Walaupun sepele, warna mutlak harus selalu diperhatikan. Perhatikan kecocokan warna dengan isi spanduk. Jangan sampai pesan bahagia didesain dengan warna gelap atau justru pesan duka cita didesain dengan warna cerah yang seolah merepresentasikan kebahagiaan akan berita duka cita. 

 

8. Cek Hasil Akhir

Selalu perhatikan hasil cetak akhir. Kamu tentu tidak mau asal membayar hasil cetak yang berantakan kan. Pendek kata, jangan meremehkan proses ini.