Cara Menerbitkan ISBN Buku

Cara Menerbitkan ISBN Buku


Tya Widianingsih | 24 Nov 2020 | 237

Menerbitkan sebuah buku dapat dilakukan dengan mudah, setiap orang bisa melakukannya. Tetapi apakah kalian tahu cara menerbitkan buku ber ISBN sebagai perusahaan penerbit baru? Tentu ada banyak persyaratan dan langkah yang harus dilakukan. 

Terutama untuk penulis yang ingin cetak buku satuan,  maka harus memilih penerbit yang terbaik dan terpercaya. Sebagai penerbit baru, kalian harus mengajukan pengurusan ISBN. Kalian juga bisa kok mengurusnya melalui online. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya!

 

Berkas atau Persyaratan yang Harus Disiapkan

Ada beberapa syarat yang harus dilengkapi penerbit untuk membuat ISBN, yakni :

  1. Surat Pernyataan yang diberi materai 6000
  2. Akta pendirian lini penerbitan
  3. Memorandum of Understanding (MoU)

Setelah semua syarat lengkap, kalian kemudian diharuskan melakukan scan berkas tersebut. Dilanjutkan dengan mengunggah setiap berkas saat proses pendaftaran online.

1. Langkah Menerbitkan ISBN

Penerbit harus mendaftarkan atau menerbitkan ISBN secara sah, agar nantinya jika ada penulis yang ingin melakukan cetak buku satuan, buku tersebut terverifikasi secara resmi di Perpusnas. Langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan penerbitan ISBN antara lain:

 

2. Masuk ke Perpusnas

Penerbit masuk ke browser, kemudian masuk ke laman isbn.perpurnas.go.id. Pada halaman utama, klik pilihan Daftar Online.
Mengunggah surat pernyataan dan akta pendirian

Karena sebelumnya kalian sudah menyiapkan surat pernyataan bermaterai 6000, selanjutnya kalian bisa mengisi jenis penerbit dan jangan lupa mengunggah scan surat pernyataan tersebut dengan format file PDF. Langkah selanjutnya, kalian harus mengunggah file akta pendirian tersebut dalam bentuk file PDF. Klik next, apabila sudah terisi semua.

 

3. Mengisi Data Penerbit

Berikutnya, terdapat proses pengisian data perusahaan penerbitan. Di situ kalian akan mengisi nama penerbit, username dan password, alamat, nama admin, email, serta nomor telepon. Setelah proses tersebut selesai, klik next.

 

4. Mengisi Kontak

Pada tahap ini, kalian akan diminta untuk mengisikan kontak cadangan yang bisa dihubungi. Di proses tersebut juga disediakan laman penerbitan kalian di bagian kolom website.

 

5. Verifikasi dan Validasi

Untuk proses verifikasi, kalian harus menjawab pertanyaan yang berada di bagian bawah. Jika pendaftaraan kalian berhasil, akan ada pemberitahuan dan kalian harus memvalidasi akun dengan cara menghubungi nomor yang tertera. Untuk mendapatkan tautan verifikasi, jangan lupa untuk selalu mengecek email.

 

6. Login

Setelah akun penerbit terverifikasi, lakukan proses login dengan username dan password tersebut. Masuklah ke menu daftar ISBN di bagian atas. Kalian hanya bisa melakukan daftar online tersebut di hari kerja saja, yaitu hari Senin sampai Jumat.

 

7. Mengisi Data Buku

Di halaman berikutnya, kalian akan mengisikan data buku tersebut. Mulai dari, judul buku, tahun terbit, kategori, jumlah halaman, tinggi buku, jenis buku, dan media.  

Melakukan cetak buku satuan atau cetak buku dengan skala besar, persayaratannya sama, harus mengunggah berkas surat permohonan yang ditandantangani pimpinan penerbit dan distempel. Berkas lainnya yang harus diunggah adalah halaman judul, judul, balik halaman, kata pengantar, serta daftar isi. Semua berkas dijadikan satu file PDF dengan ukuran di bawah 2MB.

 

8. Mengunggah File

Apabila sudah selesai, klik kirim. Jika pendaftaraan untuk cetak buku satuan atau skala besar tersebut diterima, maka akan ada pemberitahuan. Selanjutnya, jika pemeriksaan kelengkapan berkas oleh petugas dirasa sudah lengkap, ISBN kalian akan diterbitkan. 

 

Proses pendaftaraan ISBN kalian bisa dipantau sudah sejauh mana. Jika ada bagian yang harus diperbaiki, berarti ada isian yang belum lengkap. Tetapi jika sudah lengkap semua, kalian tinggal menunggu saja. Mudah bukan dalam melakukan penerbitan ISBN untuk cetak buku satuan? Jangan lupa untuk cetak buku tersebut dan gunakan jasa ngeprint custom #DariManaAja di PrintQoe.com!