Cara Efektif Membangun Brand Image Bisnis

Cara Efektif Membangun Brand Image Bisnis


Tya Widianingsih | 30 Oct 2020 | 75
Ketika masuk dunia bisnis, artinya harus bersaing dengan pemilik usaha lain. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai cara efektif untuk membangun brand image bisnis agar dikenal dan dipercaya publik. Salah satu cara paling mudah dan simple adalah dengan cetak id card sebagai identitas resmi.
 

Peran Penting Kartu Identitas Bagi Pemilik Bisnis

Era industri 4.0 seperti sekarang ini ternyata masih banyak pihak yang menganggap bahwa keberadaan kartu identitas tidak terlalu penting. Padahal hal tersebut sangat penting untuk menjalin relasi dengan klien potensial maupun pelanggan.
Oleh karena itu, tidak mengherankan jika masih banyak jasa cetak id card dan kartu nama yang masih buka. Adanya hal tersebut tentu saja karena tidak sedikit pula pihak yang menganggap bahwa id card istimewa. Mengapa? Pasalnya menjadikan sebuah brand image bisnis terkesan lebih profesional dan terpercaya.
 

Cara Efektif Membangun Brand Bisnis Agar Lebih Dipercaya

Seiring banyaknya pemilik usaha, ternyata semakin marak pula penipuan berkedok bisnis. Sehingga tidak mengherankan apabila kini masyarakat lebih selektif dalam memilih bisnis maupun brand, apalagi jika terbilang baru. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membangun brand image bisnis.
 

1. Membuat Social Media

Cara efektif pertama yang bisa diterapkan dengan mudah adalah dengan membuat social media khusus untuk bisnis. Melalui cara ini maka publik akan mudah mengenal brand bisnis yang sedang dipromosikan. Mengapa demikian?
Pasalnya, kini sosial media menjadi channel dalam menyebarkan informasi. Sehingga sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan dengan baik untuk menonjolkan brand image. Selain itu, sosial media juga membantu publik menemukan informasi dan rekam jejak dari brand tersebut, sehingga mudah dipercaya.
 

2. Memaksimalkan Content Marketing

Menjadikan brand bisnis yang dikenal dan dipercaya bisa dilakukan dengan cara memaksimalkan content marketing yang dibuat. Usahakan dalam membuatnya hadirkan value dalam isi artikel. Upayakan juga untuk merangkai kalimat yang memberikan kesan call to action.
 
Selalu ingat bahwa sekalipun dalam artikel mengandung call to action, jangan sampai terlalu mengkiaskan bahwa sedang menjual sesuatu. Biarkan tulisan mengalir dan penuhi dengan informasi seputar brand yang sedang dipromosikan. Bangkitkan minat pembaca untuk memiliki brand tersebut.
 
Maksimalkan content marketing bisnismu melalui banyak cara. Tidak hanya berfokus pada online saja, cara konvensional seperti promosi offline pun masih sangat efektif lho. Apalagi jika Kamu bisa mengemasnya secara kreatif. Tidak sedikit konten marketing menggunakan media cetak seperti brosur, spanduk, reklame, poster, kertas voucher yang sukses dan viral di dunia maya sehingga berhasil menaikan brand awarness.
 

3. Membuat ID Card

Cara paling efektif yang sering diabaikan dalam membangun brand image bisnis agar dikenal dan dipercaya publik adalah dengan cetak id card. Upaya tersebut memang terlihat sederhana akan tetapi mampu memberikan impact luar biasa. Mengapa bisa diklaim demikian?
 
Jelas saja, apalagi cetak id card yang diperuntukkan untuk karyawan profesional. Karyawan akan membantu dalam mempromosikan brand image bisnis kepada publik. Sehingga apabila ada pelanggan atau klien yang bertanya, karyawan tersebut bisa langsung memberikan id card-nya.
 

4. Gunakan Buzzer & Influencer

Strategi marketing untuk memasarkan produk di paling cepat adalah dengan menggunakan influencer disebut dengan influencer marketing. Cara ini bahkan memiliki efektifitas tinggi dalam membangun kepercayaan masyarakat. Pasalnya, publik cenderung mengikuti gaya maupun life style seorang influencer.
 

5. Mendesain Logo dan Kemasan Produk

Untuk membangun brand bisnis yang mudah dikenal dan dipercaya publik adalah dengan mendesain logo dan tagline. Jangan menjiplak logo dari brand bisnis lain dan meng-copy paste tagline yang sudah banyak digunakan.
Desain logo sesimple mungkin, hindari membuat kata-kata untuk tagline yang terlalu panjang. Hal ini agar desain kartu identitas terlihat lebih elegan. Sedangkan, untuk cetak id cardnya, pastikan memilih jasa yang sudah terpercaya seperti PrintQoe.com. 
 
Kini sudah tahu bukan cara efektif membangun brand bisnis? Apalagi jika memutuskan untuk cetak id card dan kartu nama, pastikan agar desainnya simple dan elegan, serta jangan lupa cantumkan logo, tagline serta identitas lengkap mengenai bisnis yang sedang dipromosikan. Semoga sukses!