Bingung Memilih Bekerja atau Berbisnis? Pilih Saja Keduanya!

Bingung Memilih Bekerja atau Berbisnis? Pilih Saja Keduanya!


Tya Widianingsih | 25 Feb 2020 | 392
Bekerja atau berbisnis memiliki  daya tariknya masing-masing. Bagi seseporang yang bekerja pada perusahaan atau instansi akan memberikan rasa aman karena sudah pasti mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya. Belum lagi dengan tambahan bonus jika sedang ada projek khusus. Namun, berbisnis pun menjanjikan keuntungan yang jauh lebih besar dengan segala kresiko nya.
 
Oleh Karen itu, kerap kali seseorang dihadapkan pada pilihan yang dilematis. Daripada bingung, kenapa tidak dijalani saja keduang? Tapi tentu saja jika Kamu yakin secara waktu, fisik, dan fikiran untuk menjalankannya. Namun, Kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:
 
 

1. Perbandingan Berbisnis Vs Bekerja

Sebagian besar orang, trutama yang baru lulus bekerja kebanyakan lebih mengidamkan untuk bekerja. Selain mendapatkan penghasilan tetap, bagi yang ingin menjalankan usaha sendiri pun beranggapan untuk mencari pengalaman dan networking. Mereka akan memutuskan keluar dari perusahaan setelah beberapa tahun bekerja.
 
Jika sedari awal langsung memilih binis tanpa pengalaman leadership, menejemen dan networking, masih sangat sedikit yang bisa sukses. Diperlukan kerja keras dan mental baja, dan tentunya juga modal yang tidak sedikit untuk menghadapi resiko apapun yang mengintai kedepannya.
 

2. Pilih Bisnis dari Hobi

Jika Kamu ingin berbisnis sambil bekerja, sebaiknya pilih yang berasal dari obi. Hal ini karena segala sesuatu yang dimulai dari hobi, akan semakin enjoy menjalankannya. Pilih satu hobi yang sekiranya memberikan peluang dan fokus terhadap hobi tersebut.
 
Memang, kendala dalam bisnis tidak dapat dihindari. Setiap langkahmu akan terus ada menghampiri. Akan tetapi, jika Kamu konsisten dan menjalankannya dengan serius, maka bisnis hobimu berpotensi memberikan omset yang menggiurkan.
 

3. Sambil Bekerja, Kamu Bisa Kenalkan Produk pada Rekan Kerja

Meskipun kini iklan digital semakin marak. Akan tetapi pada prakteknya, promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut jauh lebih efektif untuk menarik konsumen. Jadi, memanfaatkan lingkungan kerja dan networking dengan partner bisnis perusahaan bisa membantu mengembangkan bisnismu.
 
Untuk awal, Kamu bisa membuat sampel produkmu kemudian membagikannya pada rekan kerja yang berpotensi menjadi konsumen atau reseller.
 

4. Yang Perlu Diingat Bila Bekerja Sambil Berbisnis

Jika Kamu masih merasa dilematis dalam menentukan bekerja atau berwirausaja, menjalankan keduanya bisa menjadi pilihan terbaik. Tapi perlu diingat, diperlukan keseimbangan. Janga menganggap bisnismu lebih penting darpada tanggung jawabmu di kantor.  Jangan sampai bisnismu malah hanya menambah beban pikiran dan hidupmu.
 

5. Keuntungan Bekerja Sambil Berbisnis

Bila Kamu mampu memanagenya dengan baik, keuntungan-keuntungan di bawah ini sudah dipastikan akan datang, yaitu:
  • Penghasilan Tambahan
Memiliki usaha tambahan yang termanage dengan baik akan berbanding lurus dengan penghasilan. Sama-sama bertambah. Dengan begitu, kesempatan menambah tabunganmu menjadi lebih banyak dan mendapatkan tarafkehidupan yang lebih baik. dengan memiliki bisnis sampingan , Kamu juga akan dituntut untuk belajar mengelola keuangan.
  • Keuntungan Pajak
Kabar baik untuk para pengusaha UMKM di Indonesia. Pasalnya, pemerintah mengeluarkan regulasi yang memihak kepada para pebisnis dengan omset kecil. Omset kecil yang dimaksud adalah penghasilan yang tidak lebih dari 500 juta setiap tahunnya. Para pengusaha ini akan dibebaskan dari pajak. Artinya, Kamu tidak perlu kesulitan melakukan penyetoran pajak setiap tahun.
  • Pengalaman Leadership
Tidak semua orang mendadatkan pengalaman menjadi pemimpin. Dengan memiliki usaha sendri, secara otomatis Kamu lah yang akan mengatur dan memutuskan. Pengalamanmu ini meskipun bentuknya kecil akan tetap berarti. Tidak hanya berbicara tentang Curiculum Vitae (CV). Namun, keahlian tersebut menjadi tambahan aspek yang patut diperhitungkan oleh perusahaan.
 
Nah, buat Kamu yang mulai yakin kepada sendiri untuk memutuskan  bekerja sambil berbisnis. Jangan lupa bahwa dalam memulai usaha diperlukan branding dan strategi marketing. Baik itu secara digital maupun konvensional, pasti membutuhkan material cetak. Kamu bisa menggunakan platform PrintQoe.com untuk memenuhi segala kebutuhan cetak bisnismu.