Bersiap New Normal, Ini Tempat Kerja Aman yang Menerapkan Panduan Pencegahan COVID-19

Bersiap New Normal, Ini Tempat Kerja Aman yang Menerapkan Panduan Pencegahan COVID-19


Tya Widianingsih | 08 Jun 2020 | 722
New normal, istilah ini memiliki berbagai pengertian dari para ahli. Ada yang menyebutkan new normal adalah masa disaat kita mulai terbiasa bekerja dari rumah dan terhubung menggunakan platfrom komunikasi. Ada juga yang mengatakan bahwa new normal adalah masa di saat kita kembali ke luar rumah untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi namun dengan memerhatikan berbagai protokol kesehatan.
 
Meskipun demikian, kedua penjelasan new normal tersebut mengacu kepada kondisi di mana pola perilaku publik berubah menyesuaikan situasi yang sedang berkembang baik itu di dalam dan di luar rumah maupun selama waktu PSBB atau setelah pelonggaran PSBB. Perubahan pola perilaku yang disebut ini bisa dilihat dari berbagai kegiatan sehari-hari seperti menggunakan transportasi umum, berbelanja, sekolah, bekerja, dan lain-lain.
 
Salah satu tempat yang menjadi fokus pemerintah pada new normal adalah tempat kerja. Pemerintah menyebut dalam situasi pandemi COVID-19 roda perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah pencegahan. Sehingga mulai tanggal 5  Juni 2020, perusahaan-perusahaan sudah membuka kembali kantor dengan pembagian tim kerja serta protocol pencegahan lainnya yang tercantum pada Panduan New Normal itu tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.
 
Untuk itu, alam artikel kali ini akan membahas beberapa tempat kerja yang aman untuk mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.
 

1. Di Kantor

Kantor menjadi pilihan tempat kerja paling aman. Di sini, physical distancing sudah otomatis berjalan karena perusahaan diwajibkan hanya memperbolehkan 50% karyawan yang masuk setiap harinya. Kantor juga diwajibkan memfasilitasi berbagai peralatan dan perlengkapan kesehatan sebagai SOP.
 
Yang terpenting adalah, kantor melakukan monitoring terhadap para karyawannya. Apakah mereka telah mengunjungi tempat ramai, menggunakan transportasi umum, atau memiliki gejala-gejala terindikasi COVID-19. Intinya, kemanan lingkunganmu lebih terjamin.
 
Akan tetapi, karena danya pembagian split tim ini, berpengaruh terhadap efektifitas pekerjaan yang memerlukan SDM yang banyak seperti maintenance mesin printer, AC dll. Sebagai contoh, printer yang tidak digunakan selama lebih dari 2 bulan bisa saja macet karena tinta kering, maupun ketersediaan toner yang terbatas. Sedangkan untuk memasok kembali dalam waktu banyak sedikit terhambat karena berbagai prosedur baru.
 
Jika mendapati masalah demikian, tidak perlu khawatir, Kmau bisa ngeprint  dari mana aja termasuk ngepringt dari kantor dengan PrintQoe.com. Tinggal fokus kerja saja, apapun pesanan cetakanmu akan diantar ke kantor.
 

2. Coworking Space

Coworking Space tidak aman karena merupakan public space? Bisa jadi. Tapi bagaimana jika penggunaan Coworking Space yang dimaksud di sini adalah yang telah disewa secara khusus oleh perusahaan?
 
Ada lho perusahaan yang secara khusus memesan banyak Coworking Space di berbagai macam kota. Hal ini ditujukan untuk memfasilitasi karyawannya untuk dapat bekerja sesuai dengan jangkauan terdekat dari rumah. Langkah ini dilakukan agar para karyawan yang merasa kurang produktif maupun kurang efektif WFH (Work from Home) bisa keluar rumah. Bekerja di tempat yang telah disediakan, tentunya dengan mewajibkan pihak pengelola mematuhi protokol kesehatan.
 
Nah, untuk Kamu yang memiliki masalah yang sama. Tidak produktif atau sulit fokus WFH karena berbagai alasan, tempat kerja yang satu ini bisa dicoba. Kamu bisa mengkomunikasikannya dengan atasan, rekan setim, atau rekan kerja dengan domisili tempat tinggal yang berdekatan.
 
Yang menjadi kekurangan bekerja di Coworking Space saat new normal adalah, tidak semua tempat menyediakan printer. Meskipun tersedia, biasanya mereka hanya menyediakan printer standar dengan kemanan dokumen yang belum pasti jaminannya dan keterbatasan ukuran cetak dokumen pada kisaran ukuran A4.
 

3. Meeting Room Hotel

Sama halnya dengan Coworking Space, meeting room hotel bisa kamu sewa dalam rentang waktu tertentu selama masa pandemi COVID-19. Menariknya, di masa new normal ini, banyak hotel yang mengeluarkan paket home-cation dengan penyewaan per bulan dengan harga yang miring. Jika Kamu mau, bisa juga lho menegosiasi penawaran tersebut untuk penggunaan meeting room.
 
Meeting room hotel bisa dimanfaatkan sebagai tempat kerja atau rapat dengan rekan kerja, kolega, dan partner bisnis. Meeting room yang tertutup ditambah dengan SOP kebersihan ekstra yang dilakukan perhotelan bisa menjadi pemberi rasa aman untukmu yang tidak bisa bekerja di kantor maupun di rumah.
 
Jika membutuhkan cetakan utnuk mendukung produktifitas kerjamu, bisa menggunakan platform cetak online PrintQoe.com. Kamu bisa ngeprint dari mana aja termasuk ngeprint dari hotel. Cetak apa saja bisa di PrintQoe.com dank Kamu tinggal tunggu saja.
 

4. Rumah

Tempat kerja terakhir dan bisa dikatakan paling aman dari semuanya tentu saja rumah. Saat tidak mendapatkan pembagian kerja di kantor, rumah menjadi pilihan terbaik (jika tidak memiliki alasan khsusus seperti terlalu berisik, sinyal internet tidak mendukung dll).
 
Jika, tidak ada masalah jangan kemana-mana dulu ya. Pilihan seperti Coworking Space dan ruang meeting hotel adalah opsi aman lain saja. Selama kerja di rumah juga Kamu tidak perlu khawatir jika tidak ada alat pendukung seperti printer. PrintQoe.com berkomitmen untuk mengakomodir berbagai macam jenis cetakan ddan mengantarkannya ke tempat kerjamu.
 
New Normal bisa kerja di mana aja. Di rumah, di kantor, di Coworking Space atau ruang meeting hotel, yang penting terjamin kemanannya dengan menerapkan Panduan Pencegahan COVID-19 yang dikeluarkan Kemenkes. Gak perlu mikirin tempat ngeprint, PrintQoe.com berikan solusinya!