Bedanya Branding Dengan Marketing Apa?

Bedanya Branding Dengan Marketing Apa?


Tya | 31 Dec 2019 | 76

Pasti, saat ini Kamu sedang memikirkan branding dan marketing. Saat ini, dua kata tersebut memang sering kali dibahas terutama pada pebisnis atau ahli yang menangani bidang ini. Karena sering kali dibahas bersamaan, membuat orang menganggap mereka adalah sama, padahal dua kata ini sangatlah berbeda.

 

Sebagai pebisnis atau ingin terjun di dunia marketing, kamu harus paham secara detail apa perbedaan dari dua kata ini. Jadi, Kamu bisa menggunakan dua metode ini seefektif mungkin secara bersamaan. Ayo, baca lebih lanjut agar Kamu jadi lebih paham perbedaan antara marketing dan branding.

 

Apa Itu Branding?

Secara sederhana, branding adalah siapa sedangkan marketing merupakan cara Kamu membangun kesadaraan orang di sekitar tentang siapa dirimu. Lebih lanjut, Branding adalah strategi dan marketing merupakan aksi taktikal yang mencapai target Kamu.

 

Baca Juga: Pentingnya Suatu Logo Puntuk Branding Perusahaan

 

Agar lebih paham mengenai apa itu sebenarnya branding. Kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan yang akan menentukan siapa diri Kamu sebenarnya sebagai sebuah perusahaan dan brand.


 
Apa sih nilai dan prinsip kamu yang paling utama?

  • Misi apa yang mau kamu capai?
  • Siapa dan apa yang membuat kamu terinspirasi membuat bisnis
  • Apa yang kamu tawarkan kepada pasar?
  • Hal yang membedakan kamu dari yang lain?
  • Kultur kerja yang kamu jadikan pedoman dalam perusahaan?
  • Seperti apa karakter bisnis kamu?
  • Apa yang kamu bayangkan saat orang mendengar nama bisnis Kamu?
  • Apa yang Kamu mau saat user sedang merasakan bisnis kamu?
  • Bagaimana Kamu mau orang mendiskripsikan perusahaan kamu?

 

Bila sudah bisa menjawab semua pertanyaan di atas, Kamu menjadi lebih paham apa itu marketing dan branding. Luangkan waktu, untuk menjawab pertanyaan di atas secara lebih baik. Bila dilihat lebih dalam, pertanyaan itu tentang nilai internal yang kamu bangun. Setelah berhasil membangun karakter Kamu secara internal, pihak luar akan mempersepsikan berdasarkan nilai yang sudah Kamu bangun. Itulah branding yang sesungguhnya.

 

Konsumen akan menilai sesuai yang dengan apa yang mereka harapkan kepada dirimu. Di sana juga mereka akan merasakan saat menggunakan produk dan layanan Kamu.

 

Salah satu orang kenal karakter kamu adalah melalui kartu nama. Saat berkenalan, pasti Kamu akan bertukar atau memberikan kartu nama. Di sini Kamu butuh cetak kartu nama yang sesuai dengan nilai internal perusahaan yang kamu bangun. Sehingga, pihak luar bisa menilai bisnis kamu entah kah itu profesional tegas atau muda inovatif.

 

Baca Juga: 3 Contoh Integrasi Materi Cetak dengan Platform Digital Sebagai Strategi Pemasaran

 

Apa Itu Marketing?

Marketing adalah cara atau alatmu dalam menyampaikan pesan mengenai brand kamu. Metode ini selalu lah berubah mengikuti evolusi dari produk dan jasa yang kamu tawarkan. Marketing secara langsung dan khusus menyasar target pasar sambil membawa nilai dari brand perusahaan.


Chanel marketing sangatlah beragam dan mereka bisa bergerak secara online dan offline. Berikut, metode marketing yang sedang trend saat ini:

  • SEO
  • Content Marketing
  • Pay per Click Marketing
  • Mobile Marketing
  • Televisi
  • Radio
  • Print Campaigns

 

Dengan begini, Kamu sudah paham apa perbedaan branding dan marketing. Branding lebih mengenai nilai yang orang sekitar rasakan saat bersentuhan dengan bagian dari perusahaan. Entah itu karyawan atau branding set pada umumnya. Salah satunya, dengan cetak kartu nama yang memerlukan teknik khusus dalam produksinya semakin memperjelas nilai dari perusahaan.

 

Mana yang Lebih Dulu, Marketing atau Branding?

Tentunya branding yang harus lebih dahulu ditentukan. Branding merupakan dasar dari strategi marketing yang nantinya kamu gunakan. Tidak memandang umur perusahaan. Branding sangatlah diperlukan untuk perusahaan yang sedang direncanakan, bukan untuk perusahaan yang sudah stabil.

 

Kamu harus sudah menentukan siapa brand Kamu sebenarnya sebelum memilih secara spesifik metode marketing, tools, strategi, dan taktik. Branding yang tepat akan membuat klien Kamu kembali, mereka menjadi loyal.

 

Coba bayangkan supermarket yang berhasil membuat Kamu belanja setiap bulannya. Selain itu, Kamu juga bisa ingat mall apa yang sering dikunjungi. Apa yang membuat Kamu seperti itu, nilai yang Kamu rasakan adalah branding yang sudah dibangun perusahaan secara internal.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Sales dan Marketing?

 

Branding secara rinci bisa Kamu rasakan pada logo dan teks yang perusahaan gunakan. Dengan cetak kartu nama, di sana terdapat logo dan teks yang sesuai dengan karakter dari brand kamu.

 

Jadi, Kamu perlu hati-hati dalam cetak kartu nama karena di sana ada nilai dari branding perusahaan. Bila Kamu mentolerir kesalahan, seperti finishing yang berantakan, orang lain akan menganggap Kamu tidaklah serius dalam menjalani bisnis. Untuk kebutuhan cetak kartu nama yang berkualitas Kamu sekarang dapat Kamu pesan melalui PrintQoe.com yang dapat membantu proses branding perusahaan Kamu.

 

Sumber: https://www.outbrain.com/help/advertisers/branding-vs-marketing/