Bedain Dulu Cetak Offset dan Cetak Digital Sebelum ke Jasa Cetak Digital Online

Bedain Dulu Cetak Offset dan Cetak Digital Sebelum ke Jasa Cetak Digital Online


Tya | 11 Sep 2019 | 123

PRINTQOE.COM - Dunia percetakan memiliki beberapa teknik cetak untuk memproduksi segala dokumen sesuai dengan kebutuhan kita. Kita perlu memahami teknik cetak tersebut untuk dapat mengerti teknik manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.

Mengenal teknik cetak juga dapat membantu kita untuk mendapatkan hasil percetakan yang paling sesuai dengan keinginan kita. Setelah mendalami teknik cetak, kita akan lebih merasa lebih yakin untuk menggunakan jasa jasa cetak digital online.

 

Ada dua teknik cetak yang paling sering digunakan dalam dunia jasa cetak digital online, yaitu cetak offset dan cetak digital. Meski kita kurang memahami teknik cetak yang lain, setidaknya kita harus memahami 2 teknik cetak yang sering bersinggungan dengan kita ini. Mengetahui perbedaannya, kelemahan, dan kelebihannya merupakan pengetahuan minimum yang seharusnya kita miliki.

 

1. Teknik Cetak Offset

Teknik cetak offset merupakan teknik mencetak di mana hasil cetakan terlebih dulu dicetak di satu plate, kemudian dipindahkan ke lapisan karet yang sering disebut Rubber Blanket dan akhirnya dipindahkan ke media cetak yang diinginkan, seperti kertas. Teknik mencetak seperti ini sangat cocok digunakan untuk mencetak dalam kuantitas yang besar karena biaya sangatlah ekonomis, namun tetap memiliki kualitas tinggi dan sangat konsisten untuk mencetak dalam skala besar. Lantas apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan teknik cetak offset?

 

Baca Juga: Bedain Dulu Cetak Offset dan Cetak Digital Sebelum ke Jasa Cetak Digital Online 

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknik cetak offset dapat mencetak dalam jumlah banyak. Semakin banyak kuantitas dokumen yang dicetak, maka harga per lembarnya pun akan menjadi semakin murah. Mesin cetak offset juga memungkinkan kita untuk mencetak pada media cetak dengan tekstur kasar dan bergramatur tebal hingga 300 gsm. Bagi yang memiliki kebutuhan cetak dalam media yang besar, teknik cetak offset dapat mencetak pada media berukuran A1 atau A0. Warna khusus seperti emas, perak, atau warna stabilo juga dapat dicetak pada mesin ini. Teknik cetak ini sangat cocok untuk cetak brosur dan foto book murah, bukan? 

 

Meski memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan, teknik cetak offset membutuhkan waktu produksi yang lebih lama, karena memiliki proses yang cukup panjang seperti proses pembuatan film, pembuatan plat cetak, serta penyetelan tinta pada mesin. Tinta basah yang digunakan oleh mesin offset juga membutuhkan waktu untuk proses pengeringan.

 

2. Teknik Cetak Digital

Teknik cetak digital merupakan teknik mencetak yang menggunakan toner, atau tinta cair apabila dalam mesin yang lebih besar, di mana hasil cetakan akan dicetak secara langsung pada media yang diinginkan. Nah, teknik cetak seperti ini amat cocok digunakan untuk kebutuhan cetak dalam jumlah yang sedikit. Maka dari itu tidak mengherankan apabila teknik cetak digital sering disebut teknik cetak print on demand, karena dapat mencetak dalam jumlah yang sedikit dan bahkan satuan. Harga untuk mencetak dalam skala kecil pun masih terbilang ekonomis, daripada menggunakan teknik cetak offset.

 

Bisa dikatakan, teknik cetak digital hanya cocok untuk kebutuhan cetak dalam skala kecil, karena apabila menggunakan teknik cetak ini untuk mencetak dalam skala besar, maka warna yang dihasilkan tidak akan konsisten dan memakan biaya yang tinggi. Berbeda dengan teknik cetak offset, teknik cetak digital hanya dapat mencetak pada media cetak maksimal berukuran A3+ dan gramatur kertas maksimum 270 gsm. Teknik cetak digital sangatlah cocok untuk cetak kartu nama ataupun buat fotobook yang tidak membutuhkan cetak dalam skala besar.

 

Apabila sudah mengetahui teknik cetak yang akan digunakan, cetak online akan menjadi pilihan yang dapat memudahkan para penggunanya. PrintQoe.com merupakan platform jasa cetak digital online yang memungkinkan pelanggan perusahaan untuk melakukan pemesanan cetak cepat di manapun (meliputi kota-kota besar Indonesia) dan kapanpun 24/7.