Aplikasi Ini Bisa Bantu Tenangkan Pikiran Saat PSBB COVID-19

Aplikasi Ini Bisa Bantu Tenangkan Pikiran Saat PSBB COVID-19


Tya Widianingsih | 21 Apr 2020 | 578
Derasnya informasi secara terus menerus tentang pandemi COVID-19 yang terjadi terus menerus mengenai kondisi yang terjadi hampir di seluruh belahan dunia, bisa mengganggu emosional seseorang. Gangguan emosional ini bisa berpengaruh terhadap kelelahan fisik dan mental. Selain masyarakat diminta untuk tidak melakukan kegiatan yang telah dilarang dalam kebijakan PSBB, penting juga untuk mengontrol segala kemungkinan yang bisa memicu stres.
 
Chief Health and Nutrition Officer dari Herbalife Nutrition, Gary Small mengatakan bahwa kesehatan harus menjadi prioritas utama di masa pandemi COVID-19 seperti ini. Mengelola stres dan mengetahui bagaimana memanage-nya bisa membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa melawan saat mendapat resiko dari virus COVID-19.
 
Untuk menanggulangi hal tesebut, ada banyak aplikasi di App Store dan Play Store yang menawarkan layanan meditasi untuk mengurangi resiko kecemasan berlebih akibat penyebaran virus COVID-19 yang sekarang ini sudah sangat masif.
 
Baca Juga: Cara Mudah Memanage Stres Saat Tidak Bisa Keluar Rumah Di Masa PSBB
 

1. Ten Percent Happier: Meditation & Sleep

Aplikasi ini memberikan cara untuk membuat pola tidurmu menjadi lebih baik termasuk panduan untuk melakukan meditasi. Aplikasi ini juga menyediakan talk show dari orang-orang seperti Arianna Huffington dan Dalai Lama.
 
Panduan meditasi aplikasi ini disuguhkan dengan bentuk video. Berdasarkan penjelasaan aplikasi Ten Percent Happier, ada lebih dari 500 panduan bagaimana cara meditasi yang baik.
 

2. Stop, Breathe & Think

Aplikasi kedua ini ini tidak ubahnya seperti sebelumnya. Aplikasi ini kebanyakan dilakukan hanya dalam 11 menit untuk versi gratis dan 30 menit untuk konten berbayar. Aplikasi ini memiki sesi khsusus yang menjelaskan terkait pemusatan perhatian. Dijelaskan juga keuntungan yang bisa didapat dari praktek ini serta penjelasan neuroscience dan psikologis di balik meditasi.
 

3. Calm

Selanjutnya Adalah aplikasi Calm. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar yang cukup populer jika dibandingkan dengan aplikasi lain. Meskipun tidak drastis, aplikasi ini telah diunduh hingga lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store. Hal ini karena pengembang Calm.com memberikan sensasi ketenangan dengan diiringi suara alam seperti deburan ombak atau suara hutan yang menenangkan.
 
Baca Juga: Hadapi COVID-19, 5 Software Ini Gratis untuk Kamu yang Kerja #dirumahaja

4. Smiling Mind

Aplikasi ini awalnya dirancang  untuk anak dan remaja. Namun, konten di dalamnya bisa diguankan siapa saja tanpa memandang umur. Terdapat 41 sesi dan 10 modul dari Mindfulness Foundation yang ditujukan bagi orang dewasa.
 
Selain itu, yang menjadi spesial dari aplikasi Smiling Mind adalah, aplikasi ini memiki page khusus yang membahas pandemi COVID-19. Namun, isinya tidak sekomprehensif aplikasi Calm dikarenakan aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Fitur di apkiasi ini cukup sederhana, mulai dari ketenangan batin dan diri saat panik menggunakan video animasi. 
 
Keempat aplikasi ini bisa coba Kamu unduh di saat  masa Pembatasan Sosial berskala besar (PSBB) seperti sekarang. Selamat mencoba!