Apa Saja yang Membuat Printer Kamu Cepat Rusak?

Apa Saja yang Membuat Printer Kamu Cepat Rusak?


Tya | 14 Nov 2019 | 161
Printer merupakan perangkat keras sebagai pelengkap komputer yang fungsinya untuk mencetak.  Maka printer merupakan alat yang paling penting bagi sebagian besar orang. Berbagai lini masyarakat, baik pekerja, guru, murid atau mahasiswa hingga lembaga swasta maupun lembaga negara menggunakan printer untuk mencetak hasil kerja di komputer. 
 
Penggunaan printer terkadang luput dari perhatian, sehingga mudah rusak. Lupa untuk dibersihkan, atau jarang digunakan. Untuk mencegah berbagai kerusakan, Kamu juga harus mengerti bagaimana cara merawat printer agar awet.
 

Berikut adalah lima faktor mengapa printer Kamu cepat rusak: 

 

1. Terlalu Banyak Mencetak 

Jika Kamu mencetak terlalu banyak tanpa jeda, hal tersebut dapat menurunkan daya tahan printer tersebut. Cara terbaik untuk mencetak dalam jumlah banyak yaitu dengan cara membagi menjadi beberapa bagian. 
 
Terlalu banyak mencetak di sini adalah Kamu mencetak dalam jumlah banyak tapi dilakukan sekaligus. Jika Kamu dihadapkan pada tugas mencetak dalam jumlah banyak, maka sebaiknya jangan disekaliguskan hanya dalam satu perintah print. Namun cetaklah secara bertahap, misal 20 lembar saja dalam sekali perintah print. Kemudian beri waktu sekitar 2 hingga 3 menit untuk print head istirahat dan kembali lanjut mencetak, begitu seterusnya.
 
Baca Juga: Bagaimana Memilih Mesin Foto Copy yang Baik?
 

2. Lama Tidak Terpakai

Penyebab kedua mengapa printer Kamu cepat rusak, yaitu karena terlalu lama tidak digunakan. Bagian yang paling sering mengalami kerusakan biasanya pada catridge. Tinta yang ada pada print head (catridge) akan mengeras dan menyebabkan tinta tidak lancar saat di hidupkan kembali. Akibatnya, komponen bekerja ekstra yang juga ternyata dapat menyebabkan kerusakan. 
 
Cara mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Kamu dapat menghidupkan printer secara berkala, misalkan satu minggu sekali untuk mencetak beberapa lembar. Dengan demikian, tinta akan selalu cair dan dapat membuat catridge printer Kamu awet. 
 
Jangan heran jika printer sudah lama tidak digunakan kemudian tidak bisa mencetak maksimal, penyebabnya karena ujung printhead terdapat tinta yang membeku pengaruh lama tidak dipakai.
 
Kalau sudah hampir rusak karena lama tidak terpakai ada baiknya Kamu segera servis dan cari penyedia jasa printing murah untuk penuhi kebutuhan cetak Kamu ya!
 

3. Sering Kehabisan Tinta

Untuk mencegah rusaknya print head (catridge), tinta harus selalu ada. Jika tinta habis, print head akan mengalami panas yang tinggi, akibatnya arus pada print head akan mengalami korsleting. Biasanya karena Kamu sering mencetak warna hitam, tanpa Kamu sadari print head warna telah kehabisan tinta. Sehingga, saat print dihidupkan akan melakukan proses cleaning pada kedua print head tersebut. 
 
Cara mengatasi masalah ini juga cukup mudah. Kamu dapat memantau secara berkala kondisi tinta agar tetap ada. Dan melakukan pengisian ulang. Cara lainnya Kamu bisa memasang tinta eksternal yang sekarang ini sangat mudah untuk didapatkan. 

 

4. Pengisian Tinta Printer Kurang Tepat

Umumnya printer dengan sistem infus akan mudah sekali dalam melakukan pengisian tinta. Kamu tidak perlu membongkar tutup printer karena tinta infus dipasang di luar printer. Namun jika printer Kamu tidak menggunakan sistem infus, sebaiknya hati-hati dalam pengisian tinta. 
 
Tidak baik jika Kamu suka mengisi tinta (bukan infus) terlalu penuh, karena bisa menimbulkan kebanjiran tinta dan catridge akan bisa jebol. Disarankan juga Kamu selalu menggunakan tinta original. Tidak apa-apa harganya mahal yang penting printer khususnya catridge atau printhead tetap awet. 
 
Biasanya printer yang diinfus langsung dari pabriknya akan menggunakan tinta asli/original. Selanjutnya ketika Anda melakukan isi ulang tinta, maka gunakan terus tintas asli demi perawatan printer agar tidak cepat rusak.
 
Baca Juga: Cara Tepat Memilih Printer untuk Kualitas Hasil Terbaik

5. Printer Tidak Dirawat

Jangan lupa bersihkan printer saja. Sesuaikan saja dengan kepadatan penggunaan printermu, bisa seminggu sekali hingga sebulan sekali. Tergantung sesering apa printermu digunakan. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika Kamu tidak merawat printer dengan baik maka komponen lainnya juga akan cepat rusak. Memaksa printer untuk mencetak pada tegangan listrik yang tidak normal bisa menyebabkan printer cepat rusak juga. 
 
Hindari kecerobohan dalam menggunakan printer agar printer hasil cetaknya selalu berkualitas.
 
Tapi kalau printer Kamu sedang rusak dan Kamu butuh cetak dokumen dalam jumlah banyak, Kamu jangan khawatir karena sekarang ada PrintQoe sebagai penyedia jasa printing murah yang bisa bantu kebutuhan cetakmu!
 
Printing murah dan berkualitas dari PrintQoe bisa Kamu andalkan. Kebayang dong Kamu harus keluar uang banyak untuk servis printer sehingga printing murah PrintQoe adalah solusinya.
 
Selain printing murah, hasil berkualitas, PrintQoe juga memberikan respon yang cepat untuk Kamu.