Apa Saja yang Dikerjakan Kantor Urusan Imigrasi?

Apa Saja yang Dikerjakan Kantor Urusan Imigrasi?


Tya | 11 Nov 2019 | 51

Imigrasi, ketika mendengar nama tersebut tentunya yang ada di benak Kamu adalah membuat paspor untuk berangkat ke luar negeri. Tapi, sebenarnya yang dikerjakan oleh kantor Urusan Imigrasi tidaklah sesederhana itu. Terdapat banyak sub dan divisi yang punya tugas masing-masing. Tugas kehumasan, berhubungan dengan pelayanan masyarakat hingga menjalin hubungan dengan penyedia jasa percetakan online dalam rangka mencetak dokumen ataupun materi imbauan.

 

Berbicara mengenai percetakan, tentu saja hampir semua divisi memerlukan barang cetakan untuk menunjang pekerjaan unit kerja mereka. Untuk lebih menghemat waktu, maka tidak ada salahnya untuk menjadi rekanan perusahaan penyedia jasa percetakan online yang tentu akan membantu divisi tersebut dalam urusan pencetakan dokumen dan semacamnya.

 

Secara garis besar, tugas kantor urusan imigrasi meliputi :

  • Penyiapan perumusan kebijakan Departemen di bidang dokumen perjalanan, visa dan fasilitas, izin tinggal dan status, intelijen penyidikan dan penindakan, lintas batas dan kerjasama luar negeri serta sistem informasi keimigrasian.
  • Pelaksanaan kebijakan di bidang dokumen perjalanan, visa dan fasilitas, izin tinggal dan status, intelijen penyidikan dan penindakan, lintas batas dan kerjasama luar negeri serta sistem informasi keimigrasian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Perumusan standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur di bidang dokumen perjalanan, visa dan fasilitas, izin tinggal dan status, intelijen penyidikan dan penindakan, lintas batas dan kerjasama luar negeri serta sistem informasi keimigrasian.
  • Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi
  • Pelaksanaan urusan administrasi Direktorat Jenderal.

 

Dari tugas-tugas besar berikut, tentu saja terdapat banyak pekerjaan yang membutuhkan jasa percetakan dengan tingkat kecepatan yang sangat tinggi. Maka dari itu, diperlukan perusahaan penyedia percetakan online yang punya tingkat kecepatan yang tinggi pula.

 

Seperti yang sudah dibahas di atas, pentingnya jasa percetakan online yang cepat sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja Kantor Urusan Imigrasi secara umum. Apalagi, Organisasi Direktorat Jenderal Imigrasi meliputi 1 (satu) Kantor Pusat,33 (tiga puluh tiga) Divisi Imigrasi pada Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia,115 (seratus lima belas) Kantor Imigrasi, 13 (tiga belas) Rumah Detensi Imigrasi dan 19 (sembilan belas) Atase Imigrasi pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri.

 

Biasanya, produk-produk percetakan yang membutuhkan jasa dari penyedia percetakan online meliputi pembuatan spanduk, imbauan, banner, hingga pembuatan paspor Kamu loh. Jadi kebayang kan betapa pentingnya jasa percetakan online untuk menunjang kinerja keimigrasian.

 

Nah, bagi Kamu yang tinggal di kawasan Jakarta, Kamu tidak akan kesulitan untuk mencari Kantor Urusan Imigrasi, karena terdapat banyak sekali kantor imigrasi di provinsi ini. 

 

Untuk pengurusan paspor sendiri, biasanya banyak yang berdatangan ke Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Akan tetapi, jika Kamu tinggal di Wilayah Bekasi, Jawa Barat. Kamu bisa mengunjungi kantor imigrasi di Jakarta Timur yang juga cukup besar. 


Namun, jika hanya ingin mengurus paspor saat ini Kamu tidak perlu Mengantri di awal di Kantor Urusan Imigrasi, Kamu hanya tinggal mengisi formulir via online untuk kemudian menunggu jadwal wawancara dan foto.

 

Setelah itu, Kamu tinggal membayar biaya pembuatan paspor dan biasanya menunggu kurang lebih dua minggu untuk pengambilan paspor kamu. Nah, untuk membantu kantor imigrasi dalam pencetakan paspor, biasanya perusahaan percetakan online berperan disini, jadi Kamu gak perlu kelamaan nunggu deh paspor kamu jadi.

 

Hadirnya penyedia jasa percetakan online memang benar-benar membantu ya guys, Kamu juga bisa memanfaatkan jasa mereka di www.printqoe.com.