Apa Perbedaan Sales dan Marketing? Yuk, Simak di Sini!

Apa Perbedaan Sales dan Marketing? Yuk, Simak di Sini!


Tya Widianingsih | 06 Dec 2019 | 451
Sebuah perusahaan pastinya memiliki divisi sales dan marketing. Dimana pun, kedua divisi ini berkaitan satu dengan yang lain. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan divisi sales dan marketing sama-sama bagian dari strategi perusahaan. Mereka memiliki tugas untuk mencapai target revenue. Kedua divisi tersebut juga berhubungan dengan konsumen.
 
Berbicara soal sales dan marketing, pernahkah Kamu melihat brosur promo suatu produk atau brosur sebuah perusahaan? Nah, brosur cetak tersebut adalah salah satu cara yang digunakan tim sales dan marketing untuk menjangkau para konsumennya. Biasanya mereka cetak brosur dalam jumlah banyak dan dengan desain menarik.
 

Artinya, sales dan marketing sama ya?

Tentu tidak. Sales dan marketing memiliki fokus yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya lebih lanjut, Kamu harus mengetahui dulu deskripsi dari masing-masing divisi tersebut. Sales merupakan kegiatan yang hanya fokus pada penjualan produk, memastikan produk yang terlihat maupun yang tidak terlihat, aset dan jasa terjual sesuai dengan harga yang telah ditetapkan dan direncakan oleh perusahaan.
 
Baca Juga: Cara Cepat Marketing Perusahaan Mencapai Target Penjualan Bulanan
 
Sedangkan marketing merupakan keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Lebih tepatnya, marketing merupakan kegiatan implementasi strategi yang dijalankan dengan sistem.
 

Apa yang  Membedakan sales dan marketing?

 

1. Proses Kerja

Berbicara mengenai proses kerja, sales akan menghadapi langsung konsumen atau face to face. Sales datang langsung ke lokasi calon konsumen atau bisa juga menghubungi melalui telefon. Ada perusahaan yang mengharuskan salesnya melakukan pendekatan kepada konsumen untuk mejaga hubungan baik.
 
Sedangkan proses kerja marketing, marketing harus bisa menjaga hubungan dengan konsumen mulai dari sebelum transaksi hingga setelah transaksi selesai. Adanya proses menjaga hubungan ini diharapkan bisa menjaga loyalitas para pelanggan. 
 
 

2. Ruang Lingkup Pekerjaan

Secara umum, sales bekerja secara outdoor atau bisa dibilang sebagai orang lapangan karena sering berhubungan langsung dengan para konsumen. Sedangkan marketing bekerja dari dalam atau secara indoor. Marketing bekerja di dalam kantor untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan.
 
Selain itu sales memiliki penjualan dengan jangka waktu kerja yang pendek. Hanya sebatas transaksi jual beli. Sedangkan marketing memiliki jangka waktu kerja lebih lama. Hal ini karena marketing harus menjaga hubungan baik dengan para konsumen.

 

Baca Juga: 3 Contoh Integrasi Bisnis dengan Platform Digital Sebagai Strategi Pemasaran

3. Prioritas dan Fungsi

Prioritas kerja sales dan marketing terletak pada perbedaan targetnya. Prioritas marketing adalah menjangkau konsumen agar tetap bisa menjaga hubungan baik sampai menjadi pelanggan setia. Sedangkan fungsi dari sales adalah mengakomodasi target konsumen dan membantu memenuhi kebutuhan.
 
Jika perusahaan mendapatkan banyak konsumen atau pelanggan, maka perusahaan juga akan diuntungkan. Pendapatan perusahaan akan ikut meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah konsumen. Jadi antara marketing dan sales merupakan divisi yang saling berkaitan dan memiliki fokus berbeda.
 

4. Aktivitas dan Goal

Perbedaan selanjutnya ada pada aktivitas dan goal atau tujuan utama. Dari sisi marketing, Kamu wajib menjaga brand image produk atau perusahaan. Biasanya konsumen atau pelanggan memutuskan untuk membeli sesuatu disebabkan oleh kualitas dan brand produk yang dikenal. Membuat kualitas dan brand produk menjadi dikenal oleh masyarakat menjadi tugas marketing.
 
Setelah dikenali oleh masyarakat, produk perusahaan tersebut harus bisa terjual di pasar. Produk menjadi laku terjual dan target penjualan terpenuhi merupakan tugas utama dari para sales. Jadi, sangat terlihat perbedaannya bukan?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, brosur menjadi salah satu bentuk kegiatan dari kedua divisi ini. Ibaratnya, pesan dalam brosur adalah hasil buah pikiran tim marketing. Sedangkan pembagian brosurnya dilakukan oleh tim sales.
 
Jadi, setelah membaca penjelasan di atas, Kamu jadi semakin tahu bukan perbedaan antara sales dan marketing? Kira-kira, Kamu tertarik atau ada di bagian mana? Menjadi sales maupun marketing, pikiran yang inovatif sangat diperlukan. Kreativitas untuk menuangkan ide juga dibutuhkan. Contohnya, ketika Kamu harus melakukan promosi melalui brosur itu tadi.
 
Baca Juga: Manfaat Cetak Brosur untuk Branding Perusahaan
 
Selain pesan yang singkat dan jelas, desain juga harus menarik. Kamu juga harus bisa menemukan cetak brosur berkualitas. Cetak brosur berkualitas mempengaruhi hasil akhir dari brosur yang akan Kamu sebarkan kepada masyarakat. Ketika ide dan desain yang Kamu buat sudah bagus, jangan sampai kualitas cetak brosur membuat tampilannya berkurang. Jadi, masukkan cetak brosur berkualitas di catatan Kamu ya! Dan tips buat Kamu untuk cetak brosur sekarang juga bisa secara online melalui PrintQoe.com. yang dapat memberikan hasil yang berkualitas, cepat dan dengan harga terjangkau.