Alasan Para Startup Memilih Ruang Kerja Fleksibel (Coworking Space)

Alasan Para Startup Memilih Ruang Kerja Fleksibel (Coworking Space)


Melisa | 22 Oct 2018 | 1571

Saat ini ruang kerja fleksibel (coworking space) adalah pilihan yang jelas dan utama untuk para freelancer dan startup karena para startup bekerja tidak tergantung waktu dan tempat. Berikut alasannya kenapa coworking space merupakan tempat yang tepat untuk para freelancer dan startup:

1. Suasana Kantor yang Berbeda

Coworking space dirancang berbeda dengan ruang kerja pada umumnya untuk melengkapi budaya kantor yang berbeda dan millenial. “Misalnya, ketika Anda bekerja di kantor pada umumnya, Anda benar-benar akan melihat ruang kerja yang bisa berisi 30-50 orang di dalamnnya. Sedangkan dengan coworking space Anda hanya akan bertemu dengan beberapa orang saja, sekalipun banyak itu dari perusahaan yang berbeda.

2. Space yang Menyesuaikan Perkembangan Bisnis Anda

Jika ada satu hal yang menonjol dari bisnis startup, maka itu adalah ketidakpastian. Anda dituntut untuk selalu dinamis dan harus bisa menyesuaikan diri secara cepat dengan berbagai perubahan. Di coworking space yang didesain untuk menjadi tempat kerja yang fleksibel dan mampu mengakomodasi perkembangan bisnis Anda

3. Layanan dan Fasilitas yang Tidak Anda Sadari Ternyata Dibutuhkan

Coworking space sudah sangat familiar dengan kebutuhan para startup dan freelancer yang bekerja di tempat mereka. Oleh sebab itu, mayoritas coworking space hadir dengan berbagai macam layanan dan fasilitas yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Layanan dan fasilitas ini tidak hanya terdiri dari hal-hal mendasar seperti koneksi Wi-fi, perlengkapan presentasi, hingga ruangan khusus untuk rapat. Namun, jika Anda memiliki kebutuhan lain seperti mencetak berkas-berkas dalam jumlah banyak yang tidak di sediakan oleh coworking maka Anda bisa mendapatkannya di PrintQoe.com yang menyediakan layanan percetakan untuk kebutuhan kantor. 

4. Anda Pasti Mampu Membayar Harga Sewanya

Di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, sudah ada banyak pilihan coworking space dengan berbagai penawaran harga. Umumnya, tiap coworking space menyediakan dua area kerja, yakni untuk kebutuhan share dan private. Paket keanggotaannya bisa dipilih berdasarkan harian, mingguan, atau bulanan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget dan jumlah anggota tim.