7 Ukuran ID Card Sesuai Standar Perusahaan

7 Ukuran ID Card Sesuai Standar Perusahaan


Tya Widianingsih | 29 Aug 2021 | 478
Dewasa ini, kartu identitas merupakan sebuah barang yang dapat kita temui di mana saja. Kita mengenal KTP sebagai salah satu dari kartu identitas. Namun, sebenarnya masih banyak dari jenis kartu identitas lainnya seperti kartu identitas seorang pelajar dan kartu identitas karyawan sebuah perusahaan.
 
Dengan adanya kartu identitas, kita dapat mengenal satu sama lain tanpa harus berkenalan dan berjabat tangan terlebih dahulu. Selain itu, dengan adanya kartu identitas, kita dapat mencirikan keanggotaan seorang, baik itu dalam ruang lingkup organisasi, hingga suatu negara. Ukuran ID Card tentu beda-beda sesuai standar yang ada. Nahuntuk tahu lebih banyak ukuran ID Card berikut ulasan Singkatnya.
 
 

7 Standar Ukuran ID Card

 
Kartu identitas atau lebih dikenal dengan sebutan ID Card merupakan sebuah kartu, yang dimana pada permukaan kartu tersebut, tercetak data diri seseorang. ID Card umumnya memiliki bentuk persegi panjang dengan beragam ukuran. Beragam ukuran tersebut umumnya didasarkan pada standar yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah 7 standar ukuran ID Card.
 
 
Baca Juga: 6 Aplikasi untuk Mendesain ID Card
 

1. ID Card Standar 

ID Card standar merupakan salah satu jenis cetak ID Card yang paling banyak diaplikasikan. Ukuran ini menjadi patokan sebuah kartu identitas. Adapun contoh dari ID Card jenis standar ini adalah KTP dan SIM. Selain itu, kartu ini juga umum digunakan sebagai tanda pengenal perusahaan. Adapun ukuran dari ID Card ini adalah 8, 56 cm x 5,39 cm.
 
 

2. ID Card B1

Ukuran ID Card B1 merupakan ukuran terkecil dari seri B. Adapun ukuran dari kartu identitas ini adalah 10.2 cm x 6.5 cm. Ukuran kartu ini, lebih banyak digunakan sebagai kartu identitas panitia dalam sebuah event, meskipun dapat juga digunakan sebagai kartu identitas karyawan perusahaan. Kartu ini biasanya dikaitkan dengan menggunakan tali lanyard.
 
 

3. ID Card B2

Ukuran B2 ini juga umum digunakan sebagai kartu identitas panitia event. Ukuran dari jenis B2 ini adalah 12,6 cm x 7.9 cm. Dengan ukuran yang sedikit lebih besar, tentu detail gambar dan tulisan pada kartu ukuran B2 ini akan jauh lebih jelas dibandingkan ukuran B1.
 
 

4. ID Card B3

Penggunaan ID Card jenis ini lebih sering digunakan pada acara ataupun event yang bersifat ekslusif, seperti acara yang digelar oleh sebuah perusahaan. Selain itu, Ukuran ini juga umum digunakan sebagai kartu keanggotaan di sebuah kantor perusahaan. Adapun ukuran dari ID card ini adalah 12,6 cm x 9,5 cm.
 
 

5. ID Card B4

Ukuran B4 merupakan ukuran cetak ID Card terbesar dari seri B. Ukuran dari ID Card ini adalah 13.5 cm x 9.5 cm. Ukuran kartu ini sudah jarang digunakan sebagai ID Card. Namun, terdapat beberapa perusahaan yang masih menggunakan ukuran B4 ini sebagai standar ID Card mereka.
 
 

6. ID Card A1

ID card seri A1 ini memiliki ukuran 10 cm x 6,8 cm. Dengan ukuran yang seperti ini, ID Card tersebut umum digunakan dalam bentuk landscape atau mendatar. ID Card jenis ini lebih sering dimanfaatkan sebagai kartu identitas yang disimpan, bukan dipajang sebagai atribut.
 
 

7. ID Card A2

ID Card jenis ini tidak jauh berbeda dengan ID Card A1. Memiliki ukuran 10.6 cm x 8.3 cm dan digunakan sebagai kartu identitas yang disimpan seperti pada meja kantor
 
Demikian 7 Standar ukuran pada ID Card. Tentunya, dengan beragam ukuran seperti itu, kita perlu memilih ukuran dari ID Card yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kamu yang ingin cetak ID Card kunjungi saja PrintQoe.com. Disini kamu dapat mencetak segala jenis ukuran ID Card dengan harga yang tentunya dapat bersaing.