7 Software yang akan Memudahkanmu dalam Membuat Skripsi

7 Software yang akan Memudahkanmu dalam Membuat Skripsi


Tya Widianingsih | 18 Dec 2020 | 164

Cetak skripsi pasti sesuatu yang sangat diidam-idamkan oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir. Dengan  Tapi, sebelum itu, tentu kamu harus mengerjakannya hingga selesai dan sudah mendapat persetujuan dosen pembimbing. 

 

Nah, untuk memudahkanmu mengerjakan skripsi, kamu perlu tahu 7 software andalan yang bisa membantumu. Apa saja softwarenya? Cek saja di bawah ini!

 

Daftar Software untuk Memudahkan Mengerjakan Skripsi

Software yang akan dibahas di halaman ini, bukan software untuk curang atau tiba-tiba bikin skripsimu selesai tanpa kamu melakukan alur yang sebenarnya. Software ini akan membantumu agar lebih mudah dalam membuat skripsi, sehingga bisa segera cetak skripsi. Berikut daftar softwarenya:

 

1. Willy Online Library

Situs yang satu ini mempunyai ratusan 6 juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online, dan ratusan ribu referensi. Dengan jumlah segitu, situs ini jadi salah satu situs online library terlengkap sejagat. Yang menyenangkan dari situs ini adalah, beberapa dokumen yang ada di Wiley Online Library dapat di-download secara gratis. 

 

2. Focus Writer

Selanjutnya ada software bertajuk Focus Writer, yang memiliki fungsi sebagai penghilang distraksi dan membantu agar skripsi cepat selesai. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk tetap fokus pada skripsi yang dikerjakan, agar cetak skripsi segera dapat dilakukan. Bukankah jika kamu fokus, pekerjaan apapun bisa cepat selesai?

 

3. Evernote

Evernote merupakan salah satu aplikasi terbaik dalam hal catat-mencatat. Kamu bisa menggunakannya untuk mencatat hal-hal apa saja yang sudah dan belum dilakukan dalam proses pembuatan skripsi. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencatat ide-ide di Evernote juga, tentunya agar ide-ide tersebut tidak hilang terbawa angin. 

 

4. Scriever

Jika kamu ingin mengerjakan skripsi selain di Microsoft Word, coba saja menggunakan Scriever. Dengan software ini, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak dan lebih lengkap lagi untuk keperluan menulismu. Tentunya fitur ini dapat membantu kamu untuk menata bagian-bagian skripsi dengan bagus. 

 

Cara mengoperasikannya sangat mudah kok, karena user interfacenya juga enak dibaca. Jadi, jika mau beralih dari Microsoft Word, kamu wajib mencoba ini untuk mengerjakan tugas akhir dan segera cetak skripsi. 

 

4. Typoonline

Typoonline merupakan situs yang saya rekomendasikan pertama, karena di situs ini kita bisa memeriksa tulisan kita dengan cepat, selain itu terdapat kamus bahasa indonesia sehingga kita bisa belajar tulisan yang benar dari suatu kata dan apa makna dari kata tersebut.
Namun menurut saya typoonline ada sedikit kekurangan ketika mencoba mengoreksi kata yang lumayan panjang dimana sebagian kalimat ada yang tidak dikoreksi, itu hasil percobaan saya saat menulis ini ya, entahlah nanti apakah ada perubahan menjadi lebih baik.

 

5. Pages

Pages merupakan software yang sangat membantu dalam pengerjaan skripsi. Namun sayang, software ini tidak bisa digunakan oleh sembarang user, hanya pengguna Apple saja yang bisa menggunakannya. Template dan tampilannya sejauh ini cukup mirip dengan Microsoft Word dan cara penggunaannya juga hampir sama. 

 

Kamu juga bisa, lho, menggunakan software ini untuk melanjutkan penulisan skripsi di manapun dan kapanpun melalui gadget pintarmu. Tapi ada syaratnya, yaitu kamu harus memiliki akun iCloud terlebih dahulu. 

 

6. Freedom

Rekomendasi software terakhir yang bisa kamu coba untuk mengerjakan skripsi adalah Freedom. Software ini dapat membuatmu fokus dalam mengerjakan skripsi, dengan memblokir seluruh sosial media yang sering kamu akses sementara waktu. 

 

Hal ini tentu akan berguna untuk menghentikanmu dari kegiatan bermain smartphone. Mereka yang sering membuka berbagai hiburan di smartphone ada baiknya menggunakan software ini agar bisa lebih fokus menulis skripsi.


Dengan menggunakan ketujuh software di atas, pengerjaan skripsi akan lebih gampang lagi. Tentu saja kamu tidak akan mengalami keribetan tentang mencari typo dan hal mendetail lainnya. 

 

Nah, setelah selesai mengerjakan tinggal tunggu persetujuan dosen pembimbing dan siap cetak skripsi. Kalau mau cetak hasil skripsi yang berkualitas dengan harga mahasiswa alias hemat, langsung ke PrintQoe.com saja!