7 Keunggulan Digital Printing di Percetakan Online

7 Keunggulan Digital Printing di Percetakan Online


Tya | 11 Sep 2019 | 2332

PRINTQOE.COM - Ada dua teknik cetak yang paling umum digunakan untuk kebutuhan cetakmu, yaitu teknik cetak digital dan teknik cetak offset.

Teknik cetak digital dikenal sebagai teknik cetak yang lebih modern daripada teknik cetak offset. Walaupun keduanya bisa dengan mudah kita pesan melalui percetakan online. Meski demikian, teknik cetak offset juga jarang digunakan. Penting hukumnyauntuk mengetahui kedua teknik ini secara mendalam, agar dapat memilih teknik yang pas untuk digunakan pada kebutuhan cetakmu.

Bagi Kamu yang sudah terbiasa mencetak dokumen melalui percetakan online, pasti sudah sangat paham perbedaan dari keduanya. Berikut adalah kelebihan teknik cetak offset yan biasa dilakukan oleh pebisnis percetakan online. Perubahan percetakan online saat ini.

 

1. Proses Produksi Cepat

Pada Umumnya, teknik cetak digital di percetakan online mnggunakan toner, atau tinta cair apabila dalam mesin yang lebih besar. Hasil cetakan tersebut akan dicetak secara langsung pada media yang diinginkan. Proses penggunaan teknik cetak digital lebih cepat apabila dibandingkan dengan teknik cetak offset. Maka dari itu, tidak mengejutkan apabila proses teknik cetak digital lebih cepat daripada teknik cepat offset.

 

2. Pengoperasiannya Praktis

Seperti yang sudah dijelaskan, teknik cetak digital memiliki alur produksi yang lebih singkat daripada teknik cepat offset. Tentu saja hal ini berdampak pada proses pengoperasian teknik cetak digital. Teknik cetak digital memiliki proses pengoperasian yang praktis sehingga banyak juga orang awam yang menggunakan teknik cetak digital. seperti pengoperasiann printer yang tersedia di kantor ataupun rumah untuk kebutuhan cetak skala kecil.

 

Baca Juga: Cetak Kemasan Berkualitas Dapat Mempengaruhi Keberhasian Penjualan 

 

3. Lebih Ekonomis

Berangkat dari alur produksi yang singkat, biaya kebutuhan cetak yang dikeluarkan semasa penggunaan teknik cetak digital pun lebih sedikit dibandingkan biaya yang dikeluarkan ketika menggunakan cetak offset. Alhasil, biaya penggunaan teknik cetak digital pun lebih ekonomis daripada teknik cetak offset apabila dalam produksi skala kecil.

 

4.  Lebih Fleksibel

Yang dimaksud lebih fleksibel dalam poin ini adalah pemesanannya. Teknik cetak digital dikenal juga dengan sebutan teknik print on demand, karena dapat mencetak dalam jumlah yang sedikit bahkan satuan. Hal ini membuat teknik cetak digital amat cocok digunakan oleh para pelanggan yang memiliki kebutuhan cetak dalam skala kecil.

 

5. Hasil Cetakan Jauh Lebih Tajam dan Lebih Sempurna

Tidak seperti teknik offset, teknik cetak digital lngsung mencetak dokumen ke media cetak yan diinginkan. Tentunya, hal ini mempengaruhi tingkat ketajaman dan kesempurnaan hasil cetakan. Meski demikian, tetap ada ruang bagi hasil akhir cetakan yang kurang tajam. Apabila dokumen dari pelanggan tidak memiliki tingkat ketajaman yang tinggi.

 

6. Tidak Memerlukan Tenaga Kerja yang Terlalu Banyak

Di poin kedua telah dijelaskan apabila proses pengoperasian teknik cetak digital tidaklah rumit. Hal ini menjadikan teknik cetak digital tidak memerlukan tenaga kerja sebanyak yang dibutuhkan oleh teknik cetak offset. Maka dari itu, teknik cetak digital sangat sesuai untuk digunakan oleh para pengusaha percetakan online baru yang belum memiliki anyak budget untuk menyewa tenaga kerja.

 

Baca Juga: Yang Harus Diperhatikan Saat Akan Cetak Spanduk

 

7. Lebih Ramah Lingkungan

Tidak seperti teknik cetak offset yang menghabiskan banyak tinta dan mengharuskan pihak percetakan online untuk mencetak berulang-ulang kali sebelum memulai proses produksi. Teknik cetak digital dapat langsung mencetak dokumen ke media diinginkan sehingga tinta dan bahan-bahan yang dihabiskan tidak terlalu banyak dan terbuang begitu saja.

 

Teknik cetak digital merupakan salah satu cetak yang digunakan oleh PrintQoe.com. PrintQoe.com merupakan platform percetakan online di kota-kota besar Indonesia yang memungkinkan pelanggan perusahaan memenuhi kebutuhan cetaknya dimanapun dan kapanpun.