7 Kesalahan dalam Mencetak Kalender Meja Perusahaan

7 Kesalahan dalam Mencetak Kalender Meja Perusahaan


Tya Widianingsih | 15 Oct 2020 | 48

Memilih custom cetak kalender meja 2021 untuk ajang promosi perusahaan bisa dikatakan sebagai langkah tepat. Cara ini termasuk cara paling “halus” untuk melakukan branding sekaligus lebih mudah diterima masyarakat. Sebab kalender adalah produk cetak yang dibutuhkan masyarakat sehingga bermanfaat sehingga proses brandingnya lebih efektif.

 

Hanya saja meskipun promosi dengan kalender meja terbilang efektif, pastikan mempersiapkannya dengan teliti. Sebab ada banyak bentuk kesalahan yang bisa dilakukan pada saat mencetak kalender promosi tersebut. Apa saja bentuk kesalahannya? 

 

Kesalahan dalam Mencetak Kalender Meja Perusahaan

1. Warna 

Jika Kamu mencetak custom kalender sebagai media branding atau suvenir perusahaan, maka itu akan menjadi cerminan jati diri dari. Untuk itu, jangan hanya memperhatikan unsur promosi yang kental saja. Tapi, unsur warna pun dikonsepkan secara matang agar tidak melenceng dari identitas perusahaan. Misalnya, untuk Bank Mandiri yang identik dengan warna biru, maka kalender perusahaan sebaiknya juga berwarna biru dipadukan dengan warna lain sesuai dengan tren desain yang sedang berkembang. 

Hanya saja karena terburu-buru atau mungkin tidak paham bagaimana membuat konsep kalender promosi secara menyeluruh. Maka urusan warna ini kerapkali diabaikan, pada akhirnya unsur promosinya menjadi lemah atau bahkan message-nya tidak tersampaikan sama sekali.

 

Baca Juga: Tahun Baru, Saatnya Custom Kalender Baru

 

2. Ukuran 

Jenis kalender cukup beragam, misalnya kalender dinding dan juga kalender meja. Bahkan masing-masing jenis hadir dengan ukuran yang bervariasi tergantung pada desain awal maupun permintaan perusahaan. Rupanya menentukan ukuran ini kerap  menjadi kesalahan yang umum bagi perusahaan saat mencetak kalender sebagai media branding dan promosi. Misalnya,  untuk kalender meja basic yang ideal adalah memakai ukuran 17cm x 24cm.


Namun, jika perusahaanmu ingin membuat bentuk model kalender yang tidak bisa, dan tidak ada ukuran templatenya,  sebaiknya konsultasikan dahulu dengan desainer dan printing expert sebelum mencetak kalender meja. Supaya kalender perusahaanmu dipastikan dapat digunakan dengan nyaman oleh calon pelanggan. Tentunya tidak akan nyaman dilihat bukan jika kalendermu terlalu besar atau terlalu kecil?

 

3. Promosi

Menjadikan kalender meja sebagai media promosi memang akan memberikan perusahaan citra yang baik dan terkesan profesional. Hanya saja beberapa perusahaan kerap lupa, bahwa pelanggan juga bisa jenuh jika tiap tahun isi kontenmu setiap tahun itu-itu saja, alias terlalu penuh dengan promosi. Kemas kebutuhan promosi pada media kalender ini se soft-selling mungkin, namun efektif.

 

Apalagi di zaman sekarang, orang-orang lebih suka segala sesuatu yang lebih ‘kekinian’. Jadi, hindari kesalahan ini ya. Alih-alih upaya promosimu berhasil yang ada pelanggan tidak tertarik menggunakan kalendermu. untuk itu, cukup masukan logo di tiap halaman dan informasi alamat serta kontak di bagian belakang. Atau dikreasikan dengan membuat sudut sobek di setiap bulan dengan voucher diskon.Lebih soft selling dan bisa diterima bukan?

 

4.Ukuran Foto 

Kesalahan berikutnya adalah terkait ukuran foto di dalam desain kalender promosi yang terkesan asal-asalan. Rupanya salah dalam memilih ukuran foto akan merusak hasil cetak kalender meja tersebut. Oleh sebab itu pastikan ukurannya pas, lalu uji coba dulu dan jika hasilnya bagus maka bisa dicetak masal.

 

5. Jenis Kertas 

Jenis kertas sangat banyak dan kadang kala perusahaan salah memilih jenisnya untuk keperluan cetak kalender promosi. Kalender meja lebih cocok memakai kertas yang cenderung kaku agar bisa berdiri tegak di atas meja. Jadi, jangan sampai keliru ya. Selain itu, pemilihan kertas isi, cover dan finishing juga menjadi faktor penting yang menunjukan level brand perusahaanmu lho!


6. Memilih Percetakan

Jika desain sudah bagus dan sudah siap cetak, maka perlu teliti memilih jasa cetaknya. Sebab masih banyak perusahaan yang salah membuat keputusan dan malah mendapatkan kualitas hasil yang tidak memuaskan. Jangan sampai kerugian ini terjadi. Apalagi, untuk cetak kalender meja perusahaan biasanya tidak hanya memesan sedikit.

 

Jika Kamu melakukan proses tender, terapkan teori format lelang yang dicetus Milgrom dan Wilson yang pada Oktober 2020 ini baru memenangkan Hadiah Nobel 2020. Prinsip utamanya adalah hindari ‘Winner’s Curse'. Artinya, jangan percaya dan memilih vendor dengan iming-iming harga termurah. perhatikan faktor-faktor lain secara keseluruhan, yang memiliki value for money.

 

Baca Juga: Prediksi Masa Depan Procurement di Indonesia

 

7. Distribusi Tidak Sesuai Jadwal 

Promosi dengan kalender lebih cocok dilakukan menjelang akhir tahun, sehingga di awal tahun target pasar sudah punya kalender dari perusahaanmu. Hanya saja ketika ada kesalahan seperti yang disebutkan di atas maka ada kemungkinan proses cetak terlambat. Sehingga proses distribusi terlambat yang membuat kegiatan promosi menjadi kurang efektif. 
Kesalahan ini biasanya terjadi pada perusahaan besar yang perlu mendistribusikan cetak kalender mejanya ke berbagai daerah Indonesia. permasalahan akses, geografi, dll, kerap menjadi kendala dan membuat distribusi tidak sesuai jadwal.


Solusi Meminimalkan Kesalahan 

Berbagai kesalahan cetak yang disebutkan di atas sebenarnya bisa diminimalisir dengan mempersiapkan segala kebutuhan jauh-jauh hari. Untuk menemukan ukuran jenis kertas yang tepat dll, akan lebih cepat dan tepat jika Kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan printing expert PrintQoe.com.

 

Selain itu, PrintQoe.com memiliki solusi distribute & print yang bisa memastikan target pendistribusian hasil cetakkalender meja perusahaanmu bisa sesuai jadwal. Dengan 300 partner printing yang tersebar di seluruh Indonesia, Kami akan mencetakan pesananmu dari lokasi kantor cabang terdekat. Sehingga pengiriman lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan pun lebih hemat. Untuk mencetak kalender atau jika ingin berkonsultasi terlebih dulu dengan printing expert kami, silahkan klik di sini.