7 Kerja Part Time Yang Cocok Untuk Mahasiswa

7 Kerja Part Time Yang Cocok Untuk Mahasiswa


Tya | 03 Dec 2019 | 28

Berbeda dengan jadwal semasa sekolah yang tetap dan padat, jadwal kuliah bisa jadi lebih senggang dan memungkinkan kamu untuk mencari aktivitas tambahan. Selain organisasi di kampus, kerja part-time bisa menjadi salah satu opsi yang baik untuk mengisi waktu luang. Sebagai “bonusnya”, mahasiswa pun bisa mencari uang tambahan terlebih buat kamu yang anak rantau.

 

Kerja part-time, atau kerja paruh waktu, berarti kamu tidak perlu bekerja penuh seperti orang kantor pada umumnya, delapan jam sehari. Hanya beberapa jam, atau sesuai dengan acara tertentu saja, sehingga kamu bisa mengerjakannya sembari berkuliah. Terpikir untuk kerja part-time, tapi belum terpikirkan pekerjaan yang cocok? Coba tengok delapan kerja part-time ini, siapa tahu cocok buat kamu.

 

1. Personal Assistant

Pernah dengar istilah Personal Assistant? Personal Assistant ini bertugas untuk membantu seseorang terkait dengan urusan bisnis maupun personalnya. Misalnya, seorang artis atau publik figur tertentu, memerlukan Personal Assistant untuk membantunya mengatur jadwal, memesankan tiket pesawat, atau apa pun sesuai kebutuhan artis atau publik figur tersebut. Atau membantu dalam memenuhi kebutuhan cetak atas dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari dengan mengunjungi percetakan terdekat.

 

Lowongan kerja part-time Personal Assistant ini biasanya diumumkan melalui jejaring pribadi artis atau publik figur tersebut, misalnya media sosial instagramnya. Coba ikuti media sosial para artis atau publik figur, siapa tahu mereka membuka kesempatan kerja part-time Personal Assistant!

 

2. Desainer

Buat kamu yang kuliahnya jurusan desain, atau suka dan bisa mendesain, bisa dimanfaatkan juga, lho. Misalnya saja, buka jasa untuk desain CV temanmu, atau desain logo, kartu nama, dan website jika temanmu mau buka bisnis tertentu. Kemudian dari hasil desain tersebut pastinya akan diperlukan kebutuhan cetak sebagai pegangan dari desainer. Untuk awal mula kerja part-time ini, kamu bisa buat sendiri logo dan profil diri sendiri sebagai portfolio yang nantinya bisa ditunjukkan kepada orang-orang lain, supaya mereka semakin yakin untuk pakai jasa desain kamu.

 

3. Waiter atau Barista

Di tahun ini, keberadaan coffee shop sedang sangat menjamur, yang ternyata memberikan juga peluang untuk kamu sebagai mahasiswa untuk kerja part-time lho! Untuk kerja part-time ini, kamu bisa menjadi barista di tempat tersebut. Tugasnya adalah membuatkan makanan dan minuman, menyajikannya, sampai bersih-bersih toko.

 

Biasanya, kerja part-time di coffee shop akan dibayar dengan hitungan per jam, tapi harinya bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. Untuk penikmat kopi, bisa nih kerja part-time di coffee shop sekalian curi ilmu sama owner dan barista lainnya, hitung-hitung belajar banyak plus dibayar juga kan?

 

4. Penulis Lepas

Banyak bisnis yang membuka lowongan kerja part-time penulis lepas, baik itu untuk website kecantikan, website karier, sampai website untuk co-working space. Karena nyatanya, masyarakat milenial sekarang lebih memilih mencari informasi tentang suatu hal melalui genggaman tangannya, melalui apa yang mereka lihat dan baca. Karena itu tak heran, banyak bisnis yang mengembangkan isi website atau media sosial mereka, agar bisa lebih dekat dengan publik. Nah, di sini kesempatan kerja part-time untuk penulis lepas mulai bermunculan, dan bisa kamu sasar sebagai pilihan yang baik ya.

 

5. Fotografer

Setiap momen spesial tentunya ingin diabadikan untuk kenang-kenangan di masa yang akan datang. Terlebih, sekarang semakin banyak orang yang memiliki platform media sosial untuk menunjukkan momen-momen pentingnya. Seiring dengan hal ini, banyak orang yang mulai melirik jasa fotografer untuk mengabadikan momen apa pun, dibanding hanya foto asal saja. Kerja part-time fotografer bisa lho, dijadikan pilihan untuk kamu, karena sekarang hampir semua kegiatan memerlukan jasa foto dan memenuhi kebutuhan cetak hasil fotonya.

 

Misalnya saja, pembukaan restoran baru yang memerlukan jasa fotografer untuk memotret menu-menunya, acara seminar, ulang tahun, sampai pernikahan bisa menjadi acara yang baik bagi yang ingin kerja part-time fotografer. Kamu bisa membuka jasa sendiri, atau pun bergabung dengan komunitas atau agensi penyedia jasa fotografer untuk kerja part-time fotografer.

 

6. Penerjamah

Menguasai bahasa asing nyatanya bisa memberikan kamu banyak keuntungan, termasuk juga untuk kerja part-time sebagai penerjemah. Ada banyak konten berbahasa asing yang ternyata dibutuhkan, dan memerlukan perantara penerjemah untuk bisa dimengerti.

 

Contohnya, materi kuliah yang disadur dari bahasa Inggris yang sulit dimengerti. Kamu bisa memanfaatkan ini dan menawarkan kepada teman-temanmu, bahwa kamu membuka jasa untuk menerjemahkan materi kuliah mereka. Seru sekaligus menambah pengetahuan, karena sambil menerjemahkan juga bisa sekaligus belajar.

 

7. Pemandu Wisata

Kamu tinggal di daerah wisata yang banyak didatangi turis?  Kerja part-time sebagai pemandu wisata bisa juga menjadi opsi yang menyenangkan untuk kamu lakukan. Memperkenalkan keindahan daerahmu, menunjukkan spot-spot bagus untuk berfoto, juga menceritakan budaya akan menjadi kerja part-time yang sangat menyenangkan bagi kamu yang senang jalan-jalan dan berinteraksi.

 

Kamu bisa mem-posting jasa kamu melalui website pribadi atau pun media sosial kamu, menjelaskan keindahan daerah tempat kamu tinggal. Selain bisa jalan-jalan terus dan dibayar, kamu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa lho, dengan cara berinteraksi dan belajar bahasa jika ada turis asing yang memakai jasa kerja part-time pemandu wisatamu.

Kebutuhan cetak dari seorang pekerja part-time juga harus dipertimbangkan untuk mendukung pekerjaannya agar lebih mudah dan cepat. Seorang pekerja part time dapat memenuhi kebutuhan cetaknya menggunakan jasa cetak online yang murah dan hasil cetakan yang berkualitas di PrintQoe.com