7 Inspirasi Desain Map Folder untuk Corporate

7 Inspirasi Desain Map Folder untuk Corporate


Tya Widianingsih | 02 Nov 2020 | 108

Sumber Foto : sribu.com


Setiap perusahaan tentu memiliki atau menyediakan berbagai jenis peralatan kantor, khususnya untuk keperluan pengarsipan atau administrasi dokumen. Salah satu peralatan kantor untuk keperluan tersebut adalah map folder yang biasanya dipakai untuk menyimpan berbagai dokumen cetak. 

Beberapa perusahaan memutuskan untuk mencetak map folder khusus, yakni menambahkan logo maupun detail lain yang menjadi ciri khas perusahaan yang kemudian disebut sebagai map folder corporate. 


Pentingnya Punya Desain Map Folder Corporate yang Menarik 

Map folder tidak hanya digunakan untuk keperluan internal namun juga eksternal, misalnya menyerahkan portofolio kepada calon investor maupun perusahaan lain yang akan diajak kerja sama. Tentunya mencetak map folder corporate adalah langkah yang tepat, karena bisa memberi nilai tambah berikut: 

  • Tampil lebih profesional dengan desain map folder yang dibuat unik, khusus, dan tentunya menarik. 
  • Menjadi media promosi perusahaan sebab berisi beberapa informasi seperti nama, logo, alamat, kontak, tagline, dan lain sebagainya. 
  • Tampil lebih menarik sehingga mudah diingat oleh penerima map folder tersebut. 
  •  

 Inspirasi Desain Map Folder Corporate 

Memahami bahwa mendesain map folder corporate semenarik mungkin sangatlah penting. Maka penting sekali untuk menentukan atau membuat desain dengan cermat, dan berikut beberapa inspirasi yang bisa dicontek: 

1. Logo Full Warna

Inspirasi ide map folder corporate yang pertama adalah menambahkan logo perusahaan dengan fill color. Misalnya saja logo perusahaan didominasi warna ungu maka sampul map folder seluruhnya diberi warna ungu. Penempatan logo perusahaan bisa di tengah, di kanan maupun kiri bawah dan atas, bisa pula diletakan asimetris di bagian tengah. 

 

Baca Juga : 7 Inspirasi Desain Amplop Corporate

 

2. Menggunakan Teknik Gradasi 

Teknik gradasi pada desain map folder corporate juga bisa membuat tampilannya lebih menarik meskipun terkesan simpel. Silahkan menggunakan gradasi warna yang mewakili warna perusahaan, bisa dilihat dari logo maupun unsur lainnya. Sehingga penerima sebelum membuka isi map folder sudah tahu siapa pengirimnya. 

 

3. Visual Tagline 

Perusahaanmu sudah memiliki tagline yang unik dan menarik? Maka pertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam desain map folder corporate. Tampilkan bersisian dengan logo dan nama perusahaan, bisa pula diletakan di bagian depan dan logo perusahaan diletakan di bagian belakang map folder. 

 

4. Desain Kubikal 

Desain kubikal pada map folder corporate juga memberi kesan positif, sebab menunjukan jiwa perusahaan yang dinamis dan kreatif. Supaya terlihat semakin menarik maka di setiap kubikal bisa ditambahkan kata-kata mutiara atau mungkin tagline perusahaan. 

 

5. Desain Animasi 

Apabila perusahaan kalian bergerak di bidang furniture atau mungkin arsitektur maka bisa mengusung desain animasi. Bisa menambahkan desain animasi sebuah rumah atau mungkin ruangan yang tampak apik dan modern di bagian depan. 

 

Baca Juga : Tren Desain Annual Report 2021

 

6. Memakai Tone Warna Pastel 

Warna pastel akan mencerminkan nilai keindahan dari sebuah produk dan apabila mengusung produk kecantikan. Sebut saja seperti kosmetik, fashion wanita maupun pria, dan salon. Maka bisa menggunakan warna pastel yang cantik untuk memperindah tampilan map folder corporate yang dibuat. 

 

7. Map Black and White 

Jika ingin tampil lebih dramatis maka desain map folder corporate yang dibuat bisa menggunakan tema black and white alias hitam putih. Kamu bisa menambahkan foto gedung perusahaan di tengah lengkap dengan vibes daerah sekitar. Berikan sentuhan dramatis dengan efek hitam putih, sembari menambahkan tagline maupun kata mutiara di sekitarnya. 

 

Desain map folder corporate di atas tentu menjadi inspirasi yang menarik. Silahkan memilih salah satunya untuk kemudian dikembangkan sendiri agar sesuai karakter perusahaan. Pembuatan desain yang menarik dan mampu mencuri perhatian akan memberi nilai tambah pada citra perusahaan kalian. Oleh sebab itu usahakan merancang desainnya dengan matang.