7 Font Terbaik untuk Buku Novel

7 Font Terbaik untuk Buku Novel


Tya Widianingsih | 17 Nov 2020 | 144

Menulis dimasa sekarang sudah menjadi gaya hidup, siapapun bisa menulis dan menjadi penulis untuk diri sendiri. Tulisan dianggap sebagai media  untuk mengkespresikan perasaan, ide, maupun gagasan. Salah satu caranya ialah dengan menulis novel. 

Novel merupakan bagian dari karya sastra modern yang berisi rangkaian peristiwa dan disajikan dalam bentuk konflik para tokohnya. Dimasa kini, para novelis tidak perlu risau karyanya tidak dapat dicetak, karena sekarang telah hadir Printqoe yang dapat memudahkan novelis untuk cetak novel sendiri.

 

Jenis Font Untuk Novel yang Sering Digunakan

Dalam proses penerbitan karya mulai dari penulisan novel hingga cetak novel sendiri, novelis biasa mengkreasikan jenis tulisan agar lebih menambah daya tarik pembaca  Berikut beberapa jenis font yang sering digunakan untuk novel:

 

1. Times New Roman

Novelis dapat cetak novel sendiri dengan menggunakan jenis font ini. Beberapa  penuis novel menggunakan jenis font ini karena sudah familiar di mata pembaca. Disamping itu, jenis font ini lebih simple jika dibandikan jenis lainnya artinya si pembaca dapat cepat memahamai isi dan maksud tulisan.

 

2. Arial

Font arial menjadi salah satu jenis font yang melekat pada perangkat lunak  komputer  dengan nama MT Arial. Font arial ini mengandung aksen penegasan terkait dalam penyampaian isi. Biasanya para penulis novel menggunakan font ini di bagian judul/subjudul.    

 

3. Calibri

Jenis font ini sangat familiar karena Calbiri selalu menghiasi jendela baru ketika membuka Microsoft word. Calibri salah satu jenis font yang popular digunakan para penulis karena bentuknya yang menarik, sehingga si pembaca mendapatkan kenyamanan dalam menikmati tulisan yang disajikan. Tidak hanya digunakan dalam novel, Calibri juga kerap digunakan untuk tulisan non fiksi seperti artikel.

 

4. Bookman Old Style

Jenis font ini bukan hanya digunakan para novelis, font ini juga sering digunakan di berbagai artikel. Sisi elegan dan bentuk yang menarik  menjadi magnet tersendiri bagi si pembaca. Jenis font ini memudahkan para pembaca untuk menangkap isi informasi/alur dari sebuh tulisan. 

 

5. Antique

Jenis font ini berusaha membawa pembaca pada penghayatan yang mendalam. Font ini diciptakan oleh Barne Nadall yang bertujuan untuk membangkitkan perjuangan pembacanya. 

 

Bahkan tema percintaan pun sering menggunakan jenis font ini sebagai tanda perjuangan cinta si tokoh. Apakah kamu termasuk penulis tema cinta? Jika iya, maka Antique wajib dijadikan sebagai pilihan!

 

6. Trajan

Bentuk font ini memiliki keindahan dan keterbacaan yang cukup tinggi. Font ini sangat cocok untuk  kalangan pelajar dan seniman karena keindahan yang ditimbulkannya. Akan terasa sempurna, apabila dipadukan dengan alur novel yang sangat menarik. Bukan tidak mungkin jika pembaca akan nyaman dalam membaca novel karyamu. 

 

7. Garamond

Berdasarkan latar belakangnya, font jenis Garamond ini sering digunakan untuk percetakan. Banyak buku-buku yang dicetak oleh para penerbit dengn menggunakan jenis font in. Jadi, penulis novel sangatlah tepat apabila memilih jenis font ini untuk cetak novel sendiri.

 

Pemilihan font yang tepat dapat menambah ketertarikan pembaca dalam memahami isi yang disampaikan penulis. Terlebih lagi bagi pembaca yang memiliki masalah dengan penglihatan, maka pemilihan font harus benar-benar dipertimbangkan.

 

PrintQoe.com hadir untuk mewujudkan hasil karyamu tercetak. Melalui jasa Printqoe, novel kamu dapat dicetak dengan mudah dan fleksibel. Istimewanya lagi, Printqoe bisa cetak novel sendiri dimana saja kamu berada. Jadi, percetakan bukan lagi masalah dalam berkarya, kembangkan selalu sayap karya novelmu bersama Printqoe! Ngeprint custom #DariManaAja ya hanya di PrintQoe.com!