6 Manfaat Cetak Kemasan Minuman untuk Strategi Promosi Bisnis

6 Manfaat Cetak Kemasan Minuman untuk Strategi Promosi Bisnis


Tya | 25 Sep 2019 | 556

Ada di antara Kamu yang sangat menyukai minuman yang sedang hits saat ini? Baik itu kopi maupun minuman manis lainnya. Apa sih kira-kira yang menarik dari minuman tersebut. Rasanya, harganya, atau cetak desain gelasnya?

Ketiganya bisa menjadi faktor penting mengapa minuman tersebut bisa diterima masyarakat dan sangat pesat pertumbuhan bisnisnya. Karena bisnis kuliner sekarang ini tidak hanya berbicara masalah rasaa dan harga saja. Akan tetapi, strategi marketing yang baik dan memiliki kekhasan tersendiri bisa menjadi penetrasi lain agar produkmu diterima pasar.

Oleh karena itu, para pebisnis mulai memperhatikan cetak desain kemasan mereka baik itu bahan plastik maupun kertas. Jika Kamu penyuka minuman seperti kopi, teh, atau minuman manis lainnya, pasti sudah familiar dengan paper cup. Sebuah kemasan yang menjadi pilihan beberapa gerai bisnis minuman atau bidang kuiner untuk mengemas produknya.

 

Baca Juga: Cetak Kemasan Berkualitas Pengaruhi Keberhailan Penjualan

 

Paper cup ini dipilih sebagai kemasan karena kepraktisan, kemanan, harga, serta kualitas. Meskipun terbuat dari kertas bisa digunakan untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi. Akan tetapi, apapun produk kemasan yang dipilih, semuanya harus tetap memperhatikan desain karena memiliki beberapa fungsi.

 

6 Fungsi Desain Kemasan Minuman Sebelum Naik Cetak Digital:

 

1. Menarik Non-Pelanggan

Menggunakan kemasan dengan cetak desain yang bagus tentu akan membuat produkmu lebih rapi dan menarik. Inilah yang menjadi aspek penting saat mengeluarkan sebuah brand agar memperhatikan desain. Kamu bisa menyesuaikan desain kemasan dengan message apa yang ingin dibangun kepada calon pelanggan.

 

2. Promosi Gratis

Non-pelanggan akan tertarik saat melihat packaging minuman unik yang sedang dibawa oleh rang lain. Sehingga non pelanggan ini aakan penasaran dan berujung untuk membeli produk minumanmu. Hal ini juga bisa disebut dengan promsi gratis melalaui paper cup. Kemasan minuman unik dan menarik bisa dikategorikan sebagai media promosi gratis yang akan dijelaskan lebih lengkap di pembahasan ketiga.

 

3. Jangkauan Luas

Jika produk minumanmu dijual di dalam mall memang lebih mudah menarik perhatian non pelanggan. Lantas, bagaimana jika usahamu tidak teretak di mall? Jangan takut, ini lah fungsinya desain kemasan sebagai strategi bisnis.

Saat pembeli membeli produkmu, terdapat kemungkinan mereka akan meminumnya di area terbuka, membawa pulang minuman tersebut atau bahkan memberikannya pada orang lain. Kemungkinan tersebut justru bisa membuat jangkauan promosimu lebih luas. Jika desainmu benar-benar unik, tentu akan mendapatkan perhatian orang lain bukan?

 

4. Fungsi Ergonomis

Kemasan minuman mungkin terlihat begitu-begitu saja, seperti gelas pada umunya. Namun, untuk medesain kemasannya tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Faktor ergonomis bisa menjadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan. Artinya, desain pun harus diseuaikan dengan produk kemasan yang dipilih, apakah botol, gelas plastik atau gelas kertas.

 

5. Fungsi Informasi

Jika Kamu memperhatikan secara seksama, dalam cetakan kemasan produk minuman terdapat informasi yang berkaitan dengan produk yang dijual. Jenis-jenis informasi yan dimuat bervariasi tergantung pada kategori. Untuk kasus minuman, Kamu bisa memasukan informasi mengenai bahan-bahan istimewa yang terkandung di dalamnya, cara meminum, atau kandungan nutrisi. Dengan adanya informasi yang akurat, konsumen bisa merasa terbantu.

Namun tentunya Kmau tidak seenaknya memasukan semua informasi tersebut sekaligus. Jika demikian, bukanya menarik justru akan terasa sangat monoton. Oleh karena itu, harus benar-benar difikirkan seperti apa desain yang harus naik di cetak digital. Supaya informasi tersebut bisa sampai ke konsumen dengan desain yang fresh.

 

Baca Juga: Strategi Jitu Promosi Produk dengan Cetak Brosur Murah

6. Fungsi Estetika

Fungsi terakhir ini berkaitan dengan semua poin sebelumnya. Pada akhirnya desain bermuara pada estetika. Sehingga saat mempertimbangkan seluruh fungsi di atas, harus selalu memikirkan estetikanya. Cetak desain kemasan yang menarik mencakup unsur atau elemen desain seperti warna, bentuk, huruf, serta komposisi yang seimbang.

Cetak desain kemasan merupakan senjata bagi pemilik brand untuk mempengaruhi keputusan Mengingat pentingnya peran packaging dalam mepengaruhi keputusan pembelian, pemasar dan pemilik brand harus memikirkan sebagus mungkin konsep apa yang akan diusung sebelum manaikan ke tempat cetak digital.