6 Alasan Harus Beralih ke Kantong Ramah Lingkungan

6 Alasan Harus Beralih ke Kantong Ramah Lingkungan


Tya Widianingsih | 29 Aug 2021 | 225

Penggunaan kantong plastik sistesis mengakibatkan adanya penumpukan sampah plastik yang tidak bisa di daur ulang oleh organisme yang ada di dalam tanah. Sehingga plastik-plastik tersebut akan tertimbun dan beralih menjadi polutan.

Telo bag merupakan kantong ramah lingkungan dari nabati yaitu singkong yang saat ini banyak digunakan di beberapa supermarket ataupun mall. Hadirnya kantong ini akan meminimalisasi pemakaian kantong plastik yang diolah secara sintesis dari senyawa kimia. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi keberlangsungan hidup di alam.

Sehingga penggunaan kantong plastik perlu dialihkan pada kantong ramah lingkungan. Namun, mengapa harus menggunakan telo bag atau kantong ramah lingkungan? Berikut penjelasannya untuk kamu.

 

Alasan Beralih ke Kantong Ramah Lingkungan

Beberapa alasan penggunaan kantong ramah lingkungan, diantaranya:

1. Ekonomis

Kantong ramah lingkungan ini terbuat dari bahan alami yang bisa diambil secara langsung dari alam seperti produk telo bag. Hal ini memberikan keuntungan berupa biaya produksi kantong yang lebih murah. Sehingga kantong ramah lingkungan dinilai lebih terjangkau dan ekonomis.

 

2. Praktis

Telo bag ini memiliki bentuk yang sama dengan kantong plastik pada umumnya. Selain itu, kantong ini juga bisa digunakan lagi, dapat dilipat tanpa memakai ruang yang banyak, dan dapat dibuang di tempat sampah. Sehingga kantong ramah lingkungan ini praktis untuk digunakan.

 

3. Dapat Didaur Ulang

Selain penggunaan yang praktis, telo bag ini juga dapat di daur ulang oleh organisme yang ada di dalam tanah. Hal itu dikarenakan kantong ramah lingkunagn ini terbuat dari bahan alami yang nantinya akan mengalami pembusukan apabila telah diuraikan oleh oraganisme di dalam tanah. Sehingga, poin penting pada penggunaan kantong ramah lingkungan ini adalah tidak ada penumpukan sampah kantong yang sudah tidak terpakai dan berkurangnya polutan.

 

4. Tidak Mudah Sobek

Umumnya, banyak orang mengira bahwa kantong ramah lingkungan ini akan mudah sobek karena diolah dari bahan alami. Namun, kantong yang satu ini memiliki ketahanan yang kuat yaitu tidak mudah sobek, sama seperti kantong plastik tebal lainnya. Selain itu, kantong ramah lingkungan ini juga bisa di desain sedemikian rupa dengan adanya penambahan aksen tulisan ataupun gambar pada permukaan kantong. Kamu bisa mendesain kantong ramah lingkungan dan mencetaknya di tempat print terdekat.

 

5. Produk Biogradable

Peralihan penggunaan kantong plastik ke kantong ramah lingkungan sejenis telo bag tentunya memiliki alasan yang kuat. Alasan itu adalah kantong ramah lingkungan merupakan produk biogradable yang mudah diuraikan oleh mikroorganisme dan makroorganisme yang ada di dalam tanah.

Sehingga, kantong ramah lingkungan atau telo bag bisa kembali secara natural ke alam dalam bentuk uap air atau H2O, gas karbondioksida atau CO2, ataupun dalam bentuk kompos tanpa adanya residu yang berbahaya bagi lingkungan alam. Bahkan bentuk kompos dari hasil uraian kantong ramah lingkungan dapat dijadikan sebagai pupuk.

 

6. Tidak Tembus Bau

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan telo bag terutama sebagai tempat bahan yang memiliki bau menyengat atau sampah adalah tidak tembus bau. Sehingga aroma menyengat dari bahan di dalam kantong tidak akan menguar keluar.

Hal ini dikarenakan, bahan alami sebagai komponen utama pembuatan kantong ramah lingkungan akan menyerap bau dari benda yanga ada di dalamnya.

 

Uraian di atas merupakan penjelasan dari alasan penggunaan kantong ramah lingkungan yang bersifat menjaga kelesatarian alam. Kantong ramah lingkungan ini juga bisa di desain dengan berbagai macam tulisan atau gambar yang bisa di cetak di tempat print terdekat.