5 Tips Cetak Goodie Bag untuk Acara Kantor

5 Tips Cetak Goodie Bag untuk Acara Kantor


Tya Widianingsih | 31 Jan 2020 | 2656

Pernahkah Kamu merencanakan pengadaan acara kantor dengan sebaik-baiknya, namun hasilnya masih belum memuaskan? Atau mungkin Kamu masih kecewa dengan berjalannya acara tersebut? Mungkin memang bukan bakat dan keahlianmu untuk merencanakan acara kantor yang besar, tapi mungkin Kamu bisa berbakat untuk menyediakan goodie bag untuk acara kantor dengan sempurna.

 

Meski terlihat sederhana, mempersiapkan goodie bag bisa membutuhkan persiapan yang rumit, mulai dari pemilihan goodie bag, isi souvenir yang ingin diisi, dan juga materi promosi seperti cetak brosur yang dimasukkan. Membaca artikel ini seharusnya bisa membuatmu semangat untuk mengerjakan tugas sederhana yang bisa berkesan ini. Berikut 5 tips cetak goodie bag untuk acara kantormu.


1. Perhatikan Model Tas dengan Jenis Acara

Kamu bisa mempertimbangkan jenis acara yang diadakan, misalkan acara bisnis, acara desain seminar, acara diskusi pemerintah, dan lain-lain. Pemilihan model tas yang kurang sesuai dengan acara yang diadakan sama halnya dengan mengajak pembicara yang tidak sesuai dengan bidangnya.

 

Baca Juga: Membuat Kemasan Penuh Makna dengan Desain Sederhana

 

Tips pertama ini sangat mudah diterapkan sebagaimana perencanaan acara pada umumnya sudah dilakukan jauh-jauh hari sehingga Kamu tidak akan terkejut untuk mempersiapkan tas goodie bag yang sesuai. Begitu juga dengan brosur yang ingin Kamu masukkan, Kamu harus cetak brosur jauh-jauh hari sebelum hari acara dilangsungkan.


2. Sesuaikan Model Tas dengan Peserta Acara

Berkaitan dengan poin pertama, Kamu bisa menentukan peserta seperti apa yang akan menghadiri acara tersebut. Namun ada kalanya juga jenis acara tidak sejalan dengan peserta acara yang hadir, misalkan seminar literasi keuangan umumnya topik yang ditujukan untuk orang tua.

 

Namun, topik ini bisa digunakan untuk peserta dengan usia yang lebih muda, misalkan literasi keuangan bagi generasi milenial. Maka dari situ Kamu harus menyesuaikan goodie bag yang sesuai dengan peserta acara. Begitu pula dengan cetak brosur yang akan Kamu masukkan, lakukan penyesuaian dan pergantian berdasarkan peserta acara yang hadir.


3. Sesuaikan Tas dengan Fungsinya

Poin ketiga ini penting ketika Kamu berniat untuk memberikan tas dengan tujuan lebih dari sekedar formalitas. Memberi souvenir goodie bag dengan kualitas yang sangat baik bisa memberikan kesan yang sangat positif bagi para peserta acara seminar. Ada banyak jenis tas yang bisa Kamu pilih mulai dari tote bag, sling bag, bag pack, dan masih banyak lagi. Sebelum menentukan tas yang ingin Kamu berikan, sebaiknya Kamu perhatikan poin keempat.


4. Sesuaikan dengan Budget Acara

Sebagus dan seindah apapun rencana yang sudah Kamu persiapkan, tidak akan ada gunanya jika budget untuk acara tidak memadai untuk menyediakan goodie bag tersebut. Perencanaan acara jauh-jauh hari sudah bisa menunjukkan anggaran atau budget yang tersedia untuk pengadaan goodie bag.

 

Setelah Kamu tahu anggaran yang Kamu dapatkan, Kamu akan lebih mudah dan lebih spesifik untuk menentukan pilihan. Apakah goodie bag yang dibuat akan menggunakan jahitan atau lem. Setaip perbedaan detail sedikit saja, akan mempengaruhi biaya pencetakan goodie bag mu. Jika Kamu merasa awam dan bingung untuk memutuskan, Kamu bisa hubungi jasa cetak online terpercaya, yang memiliki harga tetap.

 

Baca Juga: Ide Hampers untuk Klien, Partner, dan Customer

 

Budget ini juga perlu Kamu perhatikan untuk kebutuhan cetak brosur, jangan sampai Kamu kehabisan budget menyediakan goodie bag sampai akhirnya Kamu tidak bisa menyediakan cetak brosur untuk dimasukkan ke dalamnya.


5. Buat Desain Tas Seminar

Setelah poin pertama hingga poin ke-4 sudah Kamu jawab dengan jelas, poin ke-5 ini menjadi poin paling krusial bagi goodie bag ini sendiri dan poin pertama hingga ke-4 bisa Kamu terapkan di poin ini, yaitu desainnya. Dimulai dari sesuaikan desain dengan jenis acara yang diadakan sehingga tidak salah kostum, kedua adalah sesuaikan desain dengan peserta acara yang menghadiri sehingga mereka tidak malu atau ogah menerima goodie bag tersebut.

 

Misalkan acara seminar kesehatan lansia tidak mungkin menggunakan goodie bag dengan desain anak kecil dan gambar-gambar yang kekanak-kanakan. Ketiga adalah sesuaikan dengan fungsi dari tas itu tersebut, ada beberapa tas yang memiliki fungsi dasar untuk menyimpan barang, ada juga tas yang sengaja difungsikan sebagai simbol atas suatu ide atau pemikiran. Bisa jadi tas itu menjadi simbol persamaan antara Kamu dan orang lain yang menghadiri seminar yang sama.

 

Menyambung ke poin ke-4, sesuaikan dengan anggaran yang Kamu miliki, jasa desain memiliki harga yang beragam mulai dari yang paling murah hingga paling mahal. Jangan sampai Kamu mementingkan desain dengan membayar harga selangit, tapi akhirnya Kamu tidak bisa menyediakan goodie bag dan cetak brosur dengan kuantitas yang tepat.

 


Itulah 5 tips yang bisa Kamu gunakan untuk mempersiapkan tugas sederhana namun krusial ini. Bagi Kamu yang membutuhkan jasa cetak desain goodie bag maupun cetak brosur, Kamu bisa menggunakan PrintQoe.com, yang merupakan percetakan online terpadu dan menyediakan berbagai produk cetak mulai dari kebutuhan cetak brosur, kalender, agenda, hingga profil perusahaan.