5 Souvenir  Wajib di Seminar dan Workshop

5 Souvenir Wajib di Seminar dan Workshop


Tya Widianingsih | 18 Feb 2020 | 983

Seminar atau Workshop merupakan salah satu jenis acara yang sering diadakan oleh sebuah perusahaan. Terlepas dari peserta acara tersebut terdiri dari pihak internal atau eksternal perusahaan, Seminar atau Workshop bisa menjadi salah satu media yang baik untuk mempublikasikan produk atau jasa perusahaan kepada peserta acara. Pasalnya, dalam sebuah Seminar atau Workshop, Kamu dapat memberikan product knowledge bagi audiens.

 

Souvenir acara tidak bisa dipilih secara sembarangan. Pasalnya, sebuah souvenir yang baik dapat mencerminkan citra perusahaan. Maka dari itu, Kamu harus mementingkan sisi fungsionalitas dan sarat akan gengsi ketika memilih souvenir acara.

 

Apabila souvenir perusahaan Kamu tergolong dalam produk premium, maka peserta akan memiliki pandangan ‘perusahaan prestisius’ pada perusahaan Kamu. Di sisi lain, apabila Kamu memberikan souvenir yang ramah lingkungan, maka pandangan ‘perusahaan ramah lingkungan’ pun akan tertanam di benak peserta Seminar atau Workshop tersebut.

 

Pada umumnya, sebuah Seminar ataupun Workshop akan memberikan souvenir seperti yang berikut ini:

 

1. Goody Bag

Biasanya perusahaan akan memberikan lebih dari satu souvenir bagi peserta Seminar atau Workshop. Goody Bag merupakan salah satu souvenir yang selalu ada di setiap acara karena tas ini dapat mempermudah perusahaan dalam membagikan souvenir kepada para peserta. Selain itu, souvenir ini merupakan souvenir yang sering digunakan oleh banyak peserta meski acara sudah selesai.

 

Guna memberikan citra khusus bagi peserta acara, Kamu dapat mempersiapkan goody bag yang menggambarkan sifat perusahaan. Misalnya, perusahaan peduli lingkungan dapat memberikan goody bag hasil daur ulang, sedangkan perusahaan olahraga dapat memberikan gym sack atau tas serut.


2. Pouch

Apabila perusahaan tidak akan memberikan banyak souvenir, Kamu dapat memberikan pouch, alih-alih memberikan goody bag. Pasalnya, goody bag memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga Kamu akan terkesan memberikan banyak souvenir meskipun kuantitasnya tidak banyak. Selain itu, goody bag dengan bahan yang baik akan memberikan kesan premium bagi penerimanya.

 

Lebih lanjut lagi, pouch yang berbentuk ‘dompet besar’ dapat digunakan untuk menyimpan beragam barang seperti peralatan kosmetik, charger, dan lain-lain. Dengan demikian, pouch memiliki fungsi yang beragam, dan dari segi model pun juga trendy. Tentu peserta acara dapat menggunakannya sehari-hari.


3. Brosur

Brosur merupakan salah satu souvenir yang selalu ada di goody bag. Pasalnya, brosur merupakan salah satu souvenir yang memiliki fungsi product knowledge, sehingga dapat menjadi media promosi yang baik. Saat ini, banyak perusahaan yang mengkreasikan brosur menjadi kipas promosi sehingga memiliki nilai fungsi yang lebih. Kamu dapat menggunakan jasa percetakan murah untuk mencetak brosur dengan mudah.


4. Notes + Pulpen

Notes dan pulpen merupakan souvenir yang wajib diberikan bagi peserta acara Seminar dan Workshop. Bagaimana tidak? Souvenir ini dapat digunakan untuk mencatat materi yang diterangkan selama seminar berlangsung. Kamu dapat menggunakan souvenir ini sebagai sarana untuk menanamkan citra perusahaan di benak peserta acara. Misalnya notes hardcover untuk memunculkan kesan premium, atau notes daur ulang untuk perusahaan ramah lingkungan.


5. Aksesoris Perusahaan

Kamu dapat memberikan aksesoris perusahaan seperti kaos / polo shirt, landyard, flashdisk, ataupun botol minum pada acara Seminar atau Workshop. Aksesoris perusahaan juga bisa menjadi cara yang baik untuk mempromosikan perusahaanmu.

 

Hal terpenting yang perlu diingat ketika memberikan souvenir adalah tampilkan logo perusahaan dalam setiap produk, juga tanamkan brand identity perusahaan dalam setiap desain souvenir yang akan diberikan. Dengan demikian, identitas brand perusahaan pun dapat menempel di ingatan penerimanya.

 

Kamu dapat menggunakan jasa percetakan murah untuk mencetak logo atau souvenir lainnya. PrintQoe.com merupakan salah satu perusahaan percetakan murah di Jakarta dan kota-kota besar lainnya yang memungkinkan para pelanggannya untuk melakukan pemesanan percetakan murah secara cepat di manapun dan kapanpun.