5 Sifat yang Harus Dimiliki CEO Start Up

5 Sifat yang Harus Dimiliki CEO Start Up


Tya Widianingsih | 02 Dec 2020 | 265

Memiliki sebuah perusahaan Start Up yang mampu menghasilkan keuntungan berlimpah tentu menjadi keinginan setiap orang. Dalam berbagai kesempatan, kita pun juga sering menyaksikan profil orang-orang yang sukses untuk menjadi founder dan CEO dari startup besar yang bahkan mampu menjadi lapangan kerja bagi banyak orang.

 

Akan tetapi, mendirikan sebuah startup yang sukses tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seorang founder perusahaan startup tidak selalu bisa menjadi CEO. Contohnya bisa dilihat dari series drama korea “Start Up” yang sedang populer.

 

Di drama tersebut diceritakan Nam Do San, founder Samsan Tech tidak memiliki soft skill dan thinking process yang harus dimiliki CEO. Sehingga Samsan Tech, meskipun memiliki teknologi yang canggih hingga memenangkan teknologi, tidak dapat menarik investor dikarenakan tidak punya business planning dan kemampuan pitching yang baik. Sehingga pada akhirnya, Nam Do San dan Samsan Tech harus meng-hire seorang CEO jika ingin berkembang.

 

Baca Juga : Ciri Start Up yang Akan Sukses

 

Nah, untuk itu jika kamu seorang founder Start Up, ssangat perlu didukung dengan kemampuan CEO. Tidak perlu langsung ahli, setidaknya kamu punya basic skill-nya. Dengan begitu, kamu dan Start Up bisa tumbuh bersama.

 

Sifat Umum yang Harus Dimiliki CEO Start Up

Jika kamu sedang mendirikan Start Up (founder), pelajari 5 sifat yang biasanya dimiliki oleh para CEO. Apakah kamu sudah memiliki sifat-sifat ini? 

1. Memiliki Visi Misi yang Matang

Seorang CEO Start Up setidaknya harus memiliki visi misi yang jelas terhadap startup yang akan dibangunnya. Visi dan misi ini akan menjadi landasan dasar bagi founder startup tersebut untuk mengambil setiap keputusan yang akan dijalankan.

Tanpa visi misi yang fundamental, seorang founder Start Up akan lebih mudah untuk ragu dalam menjalankan langkah selanjutnya. Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya pertimbangan yang mungkin sebenarnya tidak perlu, karena tidak adanya landasan dasar yang dimiliki.

 

2. Kemampuan Leadership yang Kuat

Sudah barang tentu bahwa kemampuan leadership sangat penting dimiliki oleh seorang CEO perusahaan Start Up. Mengapa? Karena perusahaan Start Up sebenarnya tidak berbeda jauh dengan wadah organisasi yang butuh sistem manajemen yang kuat, sehingga juga butuh dijalankan oleh CEO yang memiliki kemampuan untuk memimpin. 

 

Kemampuan leadership ini akan mampu untuk membuat sistem operasional perusahaan Start Up berjalan dengan seefektif dan seefisien mungkin.

 

3. Gigih untuk Menghadapi Setiap Tantangan

Seorang CEO perusahaan Start Up biasanya mampu dengan mudah memprediksi dan memetakan setiap tantangan yang diperkirakan akan menjadi ancaman bagi perusahaan Start Up yang dibangunnya. Kalaupun tantangan tersebut di luar perkiraan, seorang CEO Start Up yang baik akan mampu menyelesaikannya dengan gigih dan usaha yang maksimal, berbekal dari pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya. 

 

Solusi yang hadir sebagai wujud dari pemecahan masalah tersebut biasanya juga akan menimbulkan stabilitas di lingkungan perusahaan Start Up dan tentu saja bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat yang berhubungan dengan Start Up tersebut. 

 

4. Fokus Terhadap Apa yang Sedang Dilakukan

Tidak mudah teralihkan dengan isu-isu yang tidak terlalu penting biasanya merupakan ciri khas seorang CEO Start Up yang fokus pada tujuan utamanya. Akan ada banyak hal yang terjadi di lapangan, tapi dengan konsisten untuk fokus pada tujuan akan mampu membuat seorang CEO untuk menentukan skala prioritas tersendiri untuk menghadapi hal-hal tersebut. 

 

Baca Juga : Butuh Inspirasi? Inilah Start Up yang Moncer di Tengah Pandemi

 

Sehingga perkara atau faktor yang sepertinya tidak ada hubungannya dengan hal yang kini sedang menjadi prioritas utama bisa ditunda atau bahkan tidak dilakukan sama sekali. 

 

5. Ulet dan Sabar

Butuh waktu yang tidak sebentar dan energi yang tidak sedikit untuk mendirikan sebuah perusahaan Start Up yang diharapkan sukses dalam jangka waktu yang panjang di masa yang akan datang. 

 

Oleh karena itu, seorang founder perusahaan Start Up​ biasanya menyibukkan diri untuk melakukan riset dan mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk menjadi seorang CEO perusahaan Start Up. Mendalami sebuah hal dalam durasi waktu yang tidak sebentar tentu akan terasa sangat membosankan. 

 

Tapi kesabaran untuk menghadapi semua ini tentunya diperlukan untuk menghadapi tantangan yang mungkin akan dihadapi di masa yang akan mendatang.

 

 

Demikianlah sifat umum yang wajib dimiliki seorang founder jika ingin menjadi CEO di perusahaan rintisannya. Seperti di drama korea Start Up, Seo Dal Mi yang menjadi CEO Samsan Tech pun bisa dibilang masih sangat hijau dan belum memiliki pengalaman maupun wawasan yang luas tentang bagaimana menjadi seorang CEO. Tapi, karena Seo Dal Mi memiliki kelima sifat umum yang harus dimiliki di atas, ia bisa tumbuh dan menjadi CEO yang baik untuk perusahaan dan tim-nya.