5 Penulis Indie Paling Sukses di Indonesia

5 Penulis Indie Paling Sukses di Indonesia


Tya Widianingsih | 17 Nov 2020 | 68
Sumber Foto : Gramedia.com - 5 Karya Buku Best Seller Terbaik Dee Lestari

Belum lama ini, sekitar 2 hingga 3 tahun terakhir, muncul sebuah istilah baru dalam dunia penulisan, yaitu penulis indie. Konsepnya kurang lebih sama seperti musisi indie, yaitu mereka menerbitkan karya mereka secara independen. 
Itu berarti, para penulis indie tidak menggandeng atau digaet oleh penerbit papan atas, melainkan mereka cetak buku satuan lalu menjualnya sendiri. Apakah karya kamu bisa terkenal meski mencetaknya secara independen? Bisa saja!

 

Penulis Indie Tersukses di Indonesia

Menulis buku, cetak buku satuan, lalu menjualnya ternyata bukan hal yang begitu sulit, jika kita mengetahui cara-caranya. Berikut ini adalah beberapa orang yang terkenal di dunia literasi berkat karyanya, yang diterbitkan secara independen:

 

1. Dewi ‘Dee’ Lestari

Siapa tak kenal sosok Dewi Lestari yang akrab disapa Dee ini? Wanita asal Bandung ini lebih dulu terkenal sebagai salah satu penggawa trio RSD, alias Rida Sita Dewi. Namun demikian, ternyata Dee sudah mulai menulis sejak tahun 1993, satu tahun lebih awal dari kiprahnya di dunia tarik suara Bersama RSD.

 

Dee awalnya menulis untuk sebuah media independen di Bandung. Namun, ledakan besar karir menulisnya baru mulai dikenal pada tahun 2006, lewat novel fiksi ilmiah Supernova. Novel tersebut sangat sukses di pasaran, meskipun dirilis lewat penerbit independen, yang menjadi solusi cetak buku satuan.  Supernova pun terus berkembang hingga edisi Supernova ke-enamnya sudah terbit pada tahun 2016 lalu.

 

2. Faisal Oddang

Kontribusi pria kelahiran tahun 1993 ini sudah cukup dikenal di dunia literasi. Ia telah banyak menerbitkan, dengan cara cetak buku satuan secara independen. Kebanyakan karyanya merupakan prosa dan puisi. Pria asal Sulawesi Selatan ini sering menuangkan budaya, adat istiadat, serta tradisi Sulawesi ke dalam karyanya.

 

Tahun 2014 menjadi tahun emas baginya. Pada tahun itulah, ia sukses menyabet gelar juara pada lomba cerita pendek yang diadakan oleh Kompas. Di tahun yang sama, ia juga mendapatkan penghargaan bertaraf internasional dari ASEAN Young Writers.

 

Hingga kini, Faisal Oddang sudah membuahkan 10 karya sastra, berbentuk novel dan kumpulan prosa, yang kebanyakan diterbitkannya secara mandiri.

 

3. Dea Anugerah

Penulis dengan bakat menjanjikan yang satu ini mengenyam pendidikan filsafat di Universitas Gadjah Mada. Pendidikannya itu sekaligus membuatnya memiliki banyak ide dalam membuat karya. Kebanyakan karyanya berupa cerpen, esai, dan juga kumpulan prosa, dengan sentuhan segar dan sedikit nakal.

Rolling Stones Indonesia pernah mendapuk salah satu karya Dea Anugerah berjudul Bakat Menggonggong sebagai cerpen terbaik di tahun 2016 lalu. Terbukti, keberaniannya melakukan cetak buku satuan secara independen tetap bisa membuat karyanya dikenal.

 

4. Raihan Lubis

Penulis wanita asal tanah Medan ini memiliki strategi yang unik dalam mencetuskan karyanya. Novel pertamanya yang diberi judul Siti Kewe mengambil tema tentang persahabatan para petani kopi asal Gayo.
Strategi uniknya adalah dengan memasarkan novel independennya itu ke banyak gerai kopi, yang beberapa tahun belakangan ini memang sedang booming.

 

5. Prita Prawirohardjo

Bagi kamu yang suka mendengarkan radio, tentu pernah mendengar nama Prita Prawirohardjo. Ia merupakan seorang music director di sebuah stasiun radio swasta ternama di Jakarta.  Namun demikian, ia memiliki passion yang kuat dalam mengembangkan minatnya sebagai penulis. Ia pun memberanikan diri untuk mulai cetak buku satuan, dengan sebuah novel berjudul Rahasia Renjana.

 

Nah, melihat beberapa contoh penulis tadi, apakah kamu juga tertarik untuk cetak buku satuan? Kamu pun bisa mulai menerbitkan bukumu sendiri di PrintQoe.com. Semua kebutuhan print kamu, berapa pun jumlahnya, di mana pun kamu berada.

 

Tak hanya buku, kamu juga bisa mencetak berbagai marketing materials, kebutuhan kantor, dan lain sebagainya. Ngeprint #DariManaAja, di PrintQoe.com saja!