5 Ide Kemasan Cantik untuk Natal & Tahun Baru

5 Ide Kemasan Cantik untuk Natal & Tahun Baru


Tya Widianingsih | 03 Nov 2020 | 175

Sumber : Freepik



Salah satu tradisi yang identik dilakukan ketika perayaan hari natal adalah pemberian hadiah dan kartu ucapan natal. Karena itu hari natal kerap menjadi momentum emas bagi pelaksanaan strategi marketing, sebab angka pembelian barang sebagai bakal hadiah pasti meningkat tajam.

Di antara strategi marketing lainnya, ide kemasan produk pada berbagai jenis produk, termasuk dalam cetak box makanan menjadi salah satu yang memiliki dampak krusial apakah suatu produk akan diterima atau tidak. Dalam kasus ini, pasar cenderung lebih berminat pada kemasan yang sifatnya memiliki edisi khusus. Oleh karena itu, menciptakan kemasan bertema natal untuk merupakan langkah yang baik untuk bisnismu.

 

Ide Kemasan Cantik untuk Natal 2020

Ada banyak ide tentang kemasan produk untuk natal di tahun ini. Selain cetak box makanan dengan stiker label natal, ditambah kartu ucapan natal, ada banyak inspirasi kemasan produk lainnya lho!

 

1. Kemasan Paper Bag

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kemasan yang menggunakan paper bag. Selain karena paper bag kini menjadi pilihan pengganti kantong plastik yang sudah dilarang diguankan, paper bag juga dianggap memiliki nilai kustomisasi yang lebih baik, jika dibandingkan dengan plastik. Karena itu tak heran jika paper bag masuk dalam deretan ide kemasan yang anti mainstream untuk natal di tahun 2020 ini.

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba, yang pertama adalah dengan memberikan sentuhan warna merah dan hijau pada bagian kemasan. Jika kamu menginginkan kesan yang elegan, maka bisa kamu tambahkan dengan penggunaan tali hiasan polos atau bisa juga menggunakan bahan tali ulatan. Di bagian tali pegangan paper bag, gantungkan juga kartu ucapan natal.

 

Baca Juga : Syarat Kemasan Produk yang Menarik Pembeli

 

Namun, jika menginginkan tampilan yang kesannya simpel dan cocok untuk anak muda, maka kamu bisa menambahkan beberapa doodle khas produkmu di bagian paper bag, dan ditutup menggunakan tali dengan corak terang. Pilihan lainnya, jika Kamu ingin peper bag kemasan produkmu lebih hidup bisa ditiru contoh di bawah ini ya.

Sumber : Freepik

 

2. Kemasan Kain Burlap 

Selain paper bag, kemasan kain juga dianggap lebih unik daripada penggunaan kemasan plastik pada umumnya. Salah satu jenis kain yang cukup populer di tahun ini adalah burlap atau kain yang berasal dari nylon atau disebut juga kain karung goni. Jika ada yang belum tahu, kain burlap ini sering digunakan sebagai pembungkus kopi yang digunakan sebagai pengharum ruangan. Kain burlap ini memiliki tekstur dan serat yang kasar, sehingga bisa dipadukan menjadi kemasan produk usaha dan dibuat menjadi hampers yang lucu.

Dengan warna earth tone, kain burlap ini akan sangat cocok dipadukan dengan berbagai jenis hiasan atau dekorasi natal yang dominan berwarna gold, merah dan hijau. Tidak banyak menggunakan hiasan pun akan terlihat sangat cantik misalnya dipadukan dengan pita berwarna merah dan kartu ucapan natal spesial bagi customer. Suasana natal sudah sangat terasa.

Sumber : Freepik

Selain itu, kain burlap juga harganya cukup terjangkau. tergantung pada ketebalan, tekstur dan kerapatan benang nylon-nya. Semakin renggang, tipis, dan kasar akan semakin murah, begitupun sebaliknya. Kamu bisa menemukannya di marketplace dengan rentang harga Rp 15.000 - 40.000-an per meter-nya. Tinggal pilih yang sesuai selera dan budget saja ya.

 

3. Corrugated Box Tema Natal

Tidak semua produk bisa menggunakan kemasan sekeunder yang bisa dibuat custom dengan model atau bentuk yang lucu. Untuk produk-produk tertentu, harus menggunakan corrugated box. Menyambut suasana natal dan tahun baru, corrugated box produk usahamu juga bisa didekorasi lho. Tidak hanya menggunakan warna biasa yang polos. Kamu bisa mendekorasinya di luar atau di dalam box.

Tetapi, agar box-mu bisa sekalian menjadi surprise box, akan semakin bagus jika Kamu juga mendesain bagian dalam box ditambah kartu ucapan natal spesial dengan desain yang di custom sesuai identitas brand image bisnismu. Sehingga, saat pelanggan membuka bingkisan corrugated box-mu bisa mendapatkan enjoyment tidak hanya dari produk saja, tapi kemasan juga.

Sumber : Paper Paisy Shop - etsy.com

 

4. Kemasan Pohon Natal

Pernah terpikir untuk menjadikan pohon natal sebagai kemasan produk di tahun ini? Jika mencari hal apa yang sekiranya paling identik dengan natal, maka tak lain dan tak bukan jawabannya adalah pohon natal, setuju? Nah, kalau sudah begini mengapa tak menjadikannya hadiah sekaligus sebagai kemasan produk saja?

Kemasan dengan bentuk pohon natal cocok bagi produk-produk berukuran mini, layaknya cokelat, pernak-pernik wanita, ataupun cookies. Kamu bisa menggantungnya di bagian pohon, di dalam corrugated box-nya langsung, atau membuat lubang-lubang yang dimasuki coklat agar terlihat seperti hiasan pohon natal.

Sumber : Distinctive Confevtionery & Ebay

 

Pelanggan pasti akan senang, karena tidak hanya mendapatkan produk saja tetapi juga pohon natal sebagai hiasan. Dengan begitu, akan ada peluang kemasan produkmu akan dipajang di rumah atau acara sehingga akan menjadi media branding dan promosi juga. Selain unik, kemasan ini dijamin anti mainstream bukan?

 

Baca Juga : Seberapa Jauh Kemasan Dapat Meningkatkan Penjualan?

 

5. Kemasan Jar

Kemasan jar bisa digunakan untuk berbagai produk, mulai dari jenis makanan, perhiasan, pernak-pernik, hingga dekorasi spesial natal. Penggunaan kemasan dengan basis kaca akan memberikan kesan minimalis, sekaligus anti mainstream

Kamu bisa memberikan corak pada bagian jar menggunakan stiker ataupun dilukis manual. Jangan lupa untuk menambahkan kreasi pada bagian tutupnya dengan menggunakan warna khas perayaan natal. Sebagai bungkusnya, kamu bisa menggunakan kain furing ataupun plastik transparan.

Kemasan jar yang paling sederhana untuk natal 2020-mu adalah seperti contoh di atas. Di bagian label stiker langsung masukan kata-kata ucapan natal dan tahun baru. Dengan begitu, Kamu tidak perlu mencetak kartu ucapan secara terpisah. Lebih ekonomis bukan?

Sumber : Freepik

 

Itulah beberapa ide unik custom kemasan produk dan anti mainstream untuk edisi natal di tahun 2020 ini. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan tren pasar ya, agar produkmu cocok dan bisa diterima oleh calon pembeli. Selamat mencoba!