5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Lulus Kuliah

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Lulus Kuliah


Tya | 16 Oct 2019 | 229

Lulus kuliah memang salah satu momen yang paling membahagiakan dalam hidup. Yapi, lulus bukan berarti selurh masalah hidup bisa terselesaikan. Kamu justru baru memulai babak baru dengan memasuki dunia sesungguhnya, yaitu bekerja.

 

Jangan sampai kelulusan membuatmu terlena dan melupakan tujuan. Yuk, susun kembali apa yang menjadi mimpimu dengan mengatur strategi terbaik. Akan tetapi, ada 5 hal yang perlu Kamu lakukan pertama kali ketika baru lulus kuliah yang telah dirangkum dalam tulisan ini.

 

1. Revisi CV

Setelah lulus kuliah, hal pertama yang harus Kmau lakukan adalah memperbaiki atau melakukan ipdate CV (Curiculum Vitae). Isilah CV mu dengan kegiatan-keiatan yang sudah pernah dilakukan selama berkuliah. Misalnya pengalaman berorganisasi, kursus, keterampilan, maupun pekerjaan paruh waktu.

 

Semakin berkualitas CV yang Kamu buat, maka akan semakin besar pula kemungkinan Kamu diterima bekerja di perusahaan yang diincaar. Apalagi menurut ebuah penelitian, rata-rata perekrut hanya menghabiskan waktu enam detik untuk melihat setiap CV. Oleh karena itu, CV yang Kamu buat haruslah outstanding dan membuat perekrut tertarik untuk mempertimbangkan Kamu pada posisi yang dibutuhkan.

 

2. Menemukan Passion

Poin yang kedua ini hanya berlaku bagi para lulusan baru yang masih bingung menentukan karir yang sesuai. Jangan khawatir, usia 20-an memang waktu yang paling tepat untuk memutuskan passion apa yang paling sesuai dengan dirimu yang sesuai dengan karir apa yang hendak dipilih.

 

Passion bagi milenial merupakan hal yang penting. Banyak sekali orang yang bisa berhasil dan sukses nmaun tidak sesuai dengan background maupun passion yang diminati. Hasilnya, banyak juga yang merasa salah mengambil langkah, namun merasa sudah terjebak waktu jika pindahuntuk menekuni bidang lain.

 

3. Memanfaatkan Waktu dengan Meningkatkan Skill

Meningkatkan skill tidak hanya dengan pendidikan formal saja. Apalagi di era digital seperti sekarang, para pekerja baru dituntut untuk lebih tech savvy dan berwawasan luas. Jangan sampai Kamu lulus tanpa keahlian sampingan ya. Sekarang ini sudah banyak sistus di internet yang bisa membantu meningkatkan skillyang akan berguna di dunia professional.

 

Jadi, Kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mengikuti kursus yang mahal. Mulai dari public speaking, les bahasa, personal branding, Microsoft Exel, dan Power Point hacks, dan lain-lainnya. Di era digital seperti ini, Kamu bisa dengan mudah belajar melalui video, audio, dan metode lain yang bisa meningkatkan skill di waktu luang.

 

4. Memperluas Network

Koneksi yang luas sangat penting bagi keberhasilan karir seseorang kedepannya. Network bukan berarti orang dalam yang bisa meloloskan Kamu ke perusahaan atau posisi yang diinginkan ya. Tetapi, orang-orang dari berbagai latar belakang, industry, perusahaan, dan posisi yang berbeda untuk membantumu mendapatkan insight, tempat belajar, dan inspirasi. Dengan luasnya network tersebut, akan memudahkanmu untuk melakukan kolaborasi kedepannya.

 

5. Lulus Kuliah Magang, Kenapa Tidak?

Menyandang status fresh graduated bukan berarti harus langsung mendapatkan pekerjaan tetap dengan gaji yang stabil. Tidak ada salahnya jika Kamu melakukan magang terlebih dahulu. Jangan memirikan pendapatan, yang terpenting adalah ilmu, meningkatkan skill, memperluas networking, belajar gratis, dan mengupgrade CV. Semua hal tersebut bisa Kamu dapatkan dengan magang. Selain itu, meskipun tidak banyak program magang juga bisa memberikan penghasilan tambahan. Kapan lagi Kamu bisa belajar dan mendapatkan pengalaman gratis, ditambah mendapatkan bayaran.

 

Bagaimana, kelima hal tadi, tentu sangat mudah untuk diikuti bukan? Dengan mengikuti kelimanya, langkahmu untuk menapaki jalan selanjutnya bisa menjadi lebih mudah.