5 Gaya Menarik Saat Mengawali Presentasi

5 Gaya Menarik Saat Mengawali Presentasi


Jovita Jovita | 03 Sep 2018 | 2020

Membuka presentasi dengan baik merupakan langkah awal kesuksesan sebuah presentasi. Orang cenderung mengingat lebih baik apa yang paling awal mereka lihat dan dengarkan. Dalam dunia Psikologi dikenal dengan istilah efek awalan (Primacy Effect). Pembukaan yang baik akan menarik perhatian audiens. Apa yang Kamu sampaikan di awal ketika membuka presentasi akan menjadi informasi yang paling diingat.

Karena itu kekuatan presentasi salah satunya terletak pada pembukaan yang baik dan menarik serta penutupan presentasi yang meyakinkan. Tidak hanya itu, keberhasilan membuka presentasi akan memudahkan Kamu untuk melanjutkan sebuah presentasi. Lantas, bagaimana membuka presentasi dengan baik dan menarik? Berikut lima cara membuka presentasi yang akan menarik minat audiens : 

1. Membuka Presentasi Dengan Menyampaikan Maksud dan Tujuan

Cara paling mudah dan dapat Kamu terapkan untuk berbagai situasi adalah membuka presentasi dengan menyampaikan maksud dan tujuan. Dengan cara ini, audiens akan mengerti apa yang akan mereka dapatkan dari presentasi Kamu. Kamu juga bisa menetapkan harapan (ekspektasi) audiens tentang berapa lama presentasi akan berlangsung dan apa saja yang akan dibahas.

Sampaikan apa yang akan Kamu bahas, berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan apa manfaat yang bisa diambil audiens setelah presentasi selesai.

2. Membuka Presentasi Dengan Sebuah Pertanyaan

Apa yang akan Kamu lakukan ketika seseorang mengajukan sebuah pertanyaan? Secara otomatis Kamu akan berusaha menjawabnya. Demikian pula ketika Kamu mengajukan pertanyaan ketika membuka sebuah presentasi. Audiens akan berusaha berpikir dan mencari jawabannya meskipun mereka tidak menjawab langsung pertanyaan Kamu. Menggunakan pertanyaan akan mengajak audiens fokus pada tema yang sedang dibahas dan membuat mereka memusatkan perhatian untuk menemukan jawabannya.

3. Membuka Presentasi Dengan Cerita

Banyak presenter kelas dunia membuka presentasi dengan cerita atau kisah. Mengapa cerita?

Karena cerita mudah diingat. Kita semua senang mendengarkan cerita. Membuka presentasi dengan sebuah cerita atau kisah akan mengajak audiens membayangkan kisah tersebut. Secara mental mereka mulai terhubung dengan Kamu sebagai presenter dan siap untuk mendengarkan presentasi Kamu dengan lengkap. Sebuah cerita yang relevan mampu menggugah emosi audiens. Mengajak mereka merenung dan menghayati cerita sebelum mendengarkan presentasi Kamu. 

Coba pikirkan sebuah cerita yang relevan dengan presentasi Kamu. Tidak harus cerita yang benar-benar terjadi. Kamu juga bisa menggunakan cerita rekan sebagai ilustrasi. Selama cerita tersebut disampaikan dengan penuh penghayatan, secara emosional audiens akan ikut dalam cerita Kamu. 

Memang butuh persiapan lebih dan keterampilan menyampaikan cerita dengan baik agar menyampaikan pembukaan berkesan. Namun jika Kamu bisa melakukannya, Kamu tidak hanya menggugah aspek logika audiens, melainkan pula aspek emosional mereka.

4. Membuka Presentasi Dengan Kutipan atau Pernyataan

Kamu juga bisa membuka presentasi dengan mengutip perkataan tokoh terkenal. Pembukaan seperti ini akan menarik jika kutipan yang dipilih relevan dengan topik presentasimu. Namun, jangan memaksakan menggunakan kutipan jika tidak relevan dengan materi presentasi Kamu. 

5. Membuka Presentasi Dengan Data atau Fakta

Jika presentasimu memiliki data dan fakta yang menarik, Kamu bisa menggunakan informasi tersebut untuk membuka presentasi. Data bisa mengajak orang untuk berpikir. Tidak hanya itu, data dan fakta mampu menciptakan efek dramatis tanpa harus didramatisir. Menggunakan data yang relevan akan membuat audiens tersentak. Apalagi jika data tersebut belum pernah mereka dengar sebelumnya dan mengungkap fakta yang dramatis.

Untuk mempersiapkan presentasi, sebelumnya Kamu dapat mengunjungi Website Printqoe.com, untuk mempermudah kegiatan Kamu mempersiapkan dokumen yang mungkin akan dibagikan kepada para audiens Kamu. Printqoe merupakan percetakan online Jakarta yang mempermudah Kamu dalam melakukan pencetakan. Dengan cetak online, Printqoe.com dapat membantu Kamu saat membutuhkan dokumen yang perlu segera di cetak kapanpun dan dimanapun, sehingga Kamu bisa fokus pada presentasi.