5 Cara Membangun Networking Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

5 Cara Membangun Networking Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir


Tya | 17 Oct 2019 | 232
Selain menuntut ilmu, masa perkuliahan merupakan waktu yang tepat bagi Kamu untuk membangun relasi kerja atau network. Bukan tanpa alasan, networking yang luas bisa membantu Kamu agar tidak kesulitan dalam mencari relasi untuk mengembangkan karir di masa depan.
 
Untuk membangun networking yang baik, tentu harus dibentuk sejak Kamu masih akti di masa perkuliahan. Lantas, bagaimana jika Kamu tidak aktif selama masa tersebut dan tahu-tahu sudah berada di tingkat akhir? Mahasiswa biasanya sudah merasa terlambat dan harus memusatkan seluruh perhatiannya pada pengerjaan skripsi.
 
Belum tentu begitu. Jika Kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik, di tahun terakhir kuliah alias penyusunan skripsi pun bisa lho membangun networking dengan baik. Caranya telah kami rangkum dalam tulisan ini:
 
Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Lulus Kuliah

1. LinkedIn

Setelah membesarkan nama Facebook, Mark Zuckerberg mencetuskan sebah ide. Ide tersebut ialah membuat platform dengan tampilan seperti Facebook namun khusus untuk mencari pekerjaan, dan membangun relasi professional. Ide tersebut sekarang telah terealisasi dan dikenal dengan nama LinkedIn.
 
Mahasiswa mana yang tak kenal jejaring sosial profesional yang satu ini? LinkedIn merupakan platform yang sangat tepat untuk memangun network sedini mungkin. Dilansir dari The Balance Career (2018), melalui situs LinkedIn, Kamu bisa menunjang karir di amsa depan karena bisa terhubung dengan orang-orang siapapun. Namun, agar orang lain tertarik terkoneksi denganmu, Kamu harus mengisi profil secara lengkap.
 

2. Jalin Komunikasi dengan Alumni

Menjalin networking di kampus selama masa kuliah tidak hanya ditujukan kepada senior dan dosen, Kamu juga perlu membangun relasi dan hubungan baik dengan para alumni. Selain untuk belajar, Kamu juga bisa banyak bertanya mengenai lingkungan pekerjaan sesuh=ngguhnya untuk menyiapkan diri. Tidak hanya berbagi pengalaman, siapa tahu suatu saat dsalah satu koneksi dari alumni kampusmu akan memberikan rekomendasi pekerjaan yang Kmau inginkan selama ini. Menarik bukan?
 

3. Aktif di Kegiatan Non-Akademis

Banyaknya tugas di kampus seringkali membuat mahasiswa lelah dan akhirnya menjadi kupu-kupu (kuliah – pulang). Apalagi di masa tahun terakhir, yaitu menyusun skripsi. Mahasiswa menjadi lebih mager (malas gerak) untuk melakuan alasan lain dengan alasan fokus mengerjakan tugas akhir.
 
Padahal, di waktu tersebut Kmau bisa memanfaatkan sela waktu luang dengan melakukan beberapa aktivitas yang bisa membangun networking. Misalnya dengan tetap rajin mendatangi seminar, workshop, training, atau talkshow. Dengan mendatangi kegiatan tersebut, Kamu bisa memiliki lebih banyak teman dari berbagai latar belakang yang tentunya memperluas networking, wawasan, serta perspektif. Bukan tidak mungkin, satu acara yang Kamu ikuti akan membuka keempatan lain yang jauh lebih besar. 
 

4. Magang

Cara lain yang bisa Kamu coba untuk membangun networking di tahun terakhir kuliah adalah dengan mengikuti program magma. Agar tidak mengganggu tugas akhir, sebaiknya Kamu mencari program magang yang bisa membantu mengunpulkan data seperti fi intansi atau perusahaan terkait dengan judul skripsi yang diambil.
 
Baca Juga: Tugas Kuliah Sudah Terlanjur Numpuk? Bigini Cara Menyelesaikannya
 
Dengan begitu, tidak hanya skripsi saja yang selesai. Kamu juga bisa mengenal lebih banyak  professional di bidangnya dan mendapatkan pengalaman bekerja langsung dari sumber utama. Pengalaman magang terzebut juga bisa dicantumkan di CV yang bisa meningkatkan value dan personal brandingmu ketika lulus. 
 

5. Media Sosial

Tidak hanya untuk berkomunikasi, media social saat ini bisa dimanfaatkan untuk membangun koneksi dengan perusahaan-perusahaan favoritmu. Caranya, Kmau mengikuti berbagai media social yang dimiliki sebuah perusahaan dan mendapatkan berbagai informasi terupdate. Dari informasi tersebut, Kamu bisa menemukan lowongan magang, freelance, smpai lowongan kerja yang sedang dibuka.