5 Alasan Stiker Masih Efektif Sebagai Sarana Promosi di Era Digital

5 Alasan Stiker Masih Efektif Sebagai Sarana Promosi di Era Digital


Tya | 07 Oct 2019 | 70

Penggunaan Stiker Sebagai Media Promosi

 

Sejak ditemukan pada tahun 1839, stiker tidak selalu menjadi kertas hias seperti yang kita kenal seperti sekarang. Sedikit sejarah mengenai stiker, sebelumnya ditemukan sebagai kertas yang melekat dengan sendirinya digunakan menjadi perangko surat pos pertama di dunia.

 

Sejak saat itu fungsi dan stiker semakin berkembang menjadi berbagai produk yang multifungsi mulai dari perangko yang saat ini masih populer baik fungsional maupun estetika sebagai barang koleksi, penghias berbagai kerajinan, mainan sederhana yang disukai anak-anak dengan gambar yang menarik, hingga berkembang lebih kompleks seperti alat untuk marketing perusahaan.

 

Berbagai bidang usaha menggunakan stiker sebagai alternatif dari selebaran yang dibagikan orang-orang menggunakan kertas cetak. Mengambil contoh bidang politik, partai dan politisi menggunakan stiker untuk menyampaikan pesan dan penampilan dari calon politisi. Karena print digital cetak stiker murah di PrintQoe.com, produksi dalam jumlah banyak memberi nilai lebih untuk biaya yang dikeluarkan, kemudian stiker disebarkan ke segala medium yang sering dilihat atau dibaca oleh masyarakat.

 

Stiker juga dapat diinovasi sedemikian rupa untuk berbagai fungsi yang belum pernah digunakan sebelumnya, misalkan stiker vinyl mobil. Bengkel mobil bisa mencetak stiker menyesuaikan bentuk badan mobil dan membalut mobil memberikan tampilan baru, potensi visual mobil hanya bisa dibatasi oleh imajinasi konsumen. Penggunaan stiker pada mobil tersebut kemudian dimanfaatkan untuk memasang brand usaha sebagai media promosi.

 

Baca Juga: Cetak Kartu Nama di Era Digital, Masih Perlukah?

 

Cara tersebut bisa dikatakan sangat sukses, namun bagaimana dengan hari ini? Teknologi dianggap bisa mengambil alih metode pemasaran tradisional dengan poster, brosur, dan juga stiker, namun berbanding terbalik dengan tanggapan banyak masyarakat umum, pemasaran dengan stiker masih mampu bersaing bahkan terintegrasi dengan teknologi menghasilkan sarana promosi bisnis yang unik dan menarik perhatian.

 

Cetak Stiker untuk Promosi Masih Efektif Karena 5 Hal Ini!

Cetak stiker termasuk pada aktivitas print digital karena menggunakan teknologi modern. Biaya cetak stiker yang murah membuat hal ini tidak pernah tertinggal zaman di era yang serba digital ini. Namun, terdapat alasan lainnya yang membuat stiker masih unggul hingga hari ini.

 

1. Bentuk yang Kreatif dan Bervariatif

Pada umumnya stiker berbentuk kotak seperti kertas biasa dengan perekat di salah satunya, namun dengan teknologi yang semakin canggih, stiker dapat diproduksi dengan berbagai bentuk bahkan yang rumit sekalipun membuat stiker semakin multifungsi dan menambah potensi medium stiker untuk ditempel. Inovasi ini tanpa menggangu biaya produksi, membuat biaya print digital cetak stiker murah di PrintQoe.com dan bisa diproduksi dengan jumlah banyak.

 

Baca Juga: Manfaat Cetak Brosur untuk Branding Perusahaan


2. Pemasaran Word-of-Mouth

Penyebaran stiker yang mudah, banyak, dan luas bisa menjadi bahan percakapan orang-orang karena bentuk fisik stiker yang bisa dibagikan dan diberikan secara langsung, stiker dianggap sebagai bentuk sosial media yang paling mendasar yang pernah ada. Penyebaran stiker yang luas, efektif, dan tepat bisa menjadi sumber paparan untuk perusahaan anda yang low-cost karena biaya print digital cetak stiker murah dan berpotensi menjadi sumber pemasaran mulut ke mulut.


3. Hadiah yang Sederhana

Stiker dengan kualitas dan desain yang bagus bisa sangat diapresiasi oleh penerima lebih dari sekedar kertas bergambar. Adanya fungsi stiker yang bisa ditempelkan pada sesuatu menjadi pertimbangan orang untuk menyimpan stiker tersebut, orang bisa memikirkan “Dimana stiker ini bagus untuk ditempel?” “Oh, aku ingat temanku yang memberi stiker ini.” Hadiah yang diberikan antar personal juga tidak akan dianggap suatu bentuk iklan, menjadikan impresi yang diterima seseorang murni dan tulus.


4. Melengkapi Strategi Pemasaran

Stiker bisa menjadi sarana tambahan untuk melengkapi dan memperkuat segala strategi pemasaran yang ada. Suatu kampanye lingkungan yang berjalan dalam periode yang lama akan sangat terbantu jika ada stiker yang menggambarkan sebagai simbol kampanye tersebut. Bisa juga stiker tertera QR Code yang mengarahkan audiens kepada informasi lebih lengkap mengenai kampanye, hal ini merupakan contoh versalitalitas stiker untuk digabungkan dengan teknologi modern.

 

Praktik ini berlaku untuk beragam fungsi lainnya, baik promosi suatu produk, perubahan operasional, perkenalan suatu program, dan masih banyak lainnya. Contoh lain bisa dilihat pada suatu konser musik musisi favorit Kamu, stiker diberikan sebagai suvenir kenang-kenangan atas pengalaman konser dan mengingatkan akan musisi itu kembali.

 

Baca Juga: 6 Manfaat Cetak Kemasan Minuman untuk Strategi Promosi

 

5. Menjadi Barang yang “Menjual”

Poin menjual bukan memiliki arti harafiah stiker yang dijual menjadi sumber profit, namun ada beberapa merk yang sangat kuat impresinya di kalangan masyarakat membuat orang bangga saat memiliki stiker tersebut. Sebut perusahaan A tidak pernah menjual suvenir stiker logo perusahaan di manapun, namun setiap produk yang dijual merk tersebut selalu tersedia stiker logo perusahaan yang dapat ditempel konsumen dimanapun, menjadi simbol untuk orang lain di sekitarnya bahwa orang tersebut menggunakan produk merk terkenal tersebut.


Stiker dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mempererat relasi dan komunikasi yang disampaikan. Biaya yang rendah menjadikan cetak stiker murah pencarian cukup tinggi di mesin pencarian bagi masyarakat yang membutuhkan. Meningkatnya percetakan online juga berkontribusi menambah sumber permintaan akan cetak stiker murah di Indonesia. PrintQoe.com sebuah anak perusahaan dari Astragraphia Xprins Indonesia, menjadi salah satu penyedia percetakan online terbesar di Indonesia yang bisa memenuhi segala kebutuhan cetak yang terpadu.

 

Sumber:

https://smallbusiness.chron.com/promote-business-stickers-62274.html 
https://ducttapemarketing.com/sticker-marketing/ 
https://www.webdesignerdepot.com/2010/05/creative-uses-of-stickers-in-advertising/