4 Keuntungan Utama dari Fitur E-Money

4 Keuntungan Utama dari Fitur E-Money


Tya Widianingsih | 18 Aug 2020 | 752

Pesatnya perkembangan teknologi mendorong penggunaan uang elektronik kini menjadi salah satu metode pembayaran yang banyak diminati oleh kalangan. Tidak hanya oleh iGeneration atau biasa diketahui sebagai generasi Z saja. Electronic Money (E-Money) juga diminati oleh generasi sebelumnya karena dianggap lebih efektif dan efisien dan memiliki desain unik yang bisa di custom sesuai karakter setiap pengguna.

 

E-money bukan hanya sebagai pengganti uang tunai fisik dalam bentuk koin dan uang kertas dengan uang elektronik yang setara, namun juga sebagai sebuah sistem yang memungkinkan seseorang untuk membayar barang atau jasa dengan mengirimkan nomor dari satu komputer ke komputer lain. Kemunculan e-money di tengah-tengah masyarakat bertujuan untuk mengurangi tingkat pertumbuhan penggunaan uang tunai. Dikhususkan untuk pembayaran-pembayaran yang bersifat mikro dan ritel. Karena e-money diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu oleh pemegang kepada penerbit dan nilai uang tersebut disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip.

 

Baca Juga: Solusi Praktis Bagi Cetak Kebutuhan Perbankan

 

Ada berbagai institusi yang mengeluarkan pembayaran non-tunai yang terintegrasi dengan teknologi ini, yaitu Bank Mandiri mengeluarkan e-money, BCA mengeluarkan Flazz, BRIZZI dari BRI serta Tapcash dari BNI. Keempat e-money ini memiliki keunggulannya masing-masing, termasuk desain. Kamu bisa membeli e-money di berbagai tempat dengan desain menarik bahkan bisa meng-custom-nya sendiri. Selain itu, fitur yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung dari keempat kartu e-money ini.

 

Fitur yang Ditawarkan E-Money

1. Pembayaran tol
2. Pembayaran parkir
3. Pembayaran transportasi umum
4. Pembayaran SPBU
5. Pembelanjaan toko retail
6. Pembayaran di toko
7. Pembayaran wahana hiburan atau restoran

Hampir semua fitur di atas dapat diakses oleh semua kartu e-money yang telah dikeluarkan oleh keempat institusi dan setiap kartu memiliki desain yang menarik. Meskipun banyak desain yang dikeluarkan pada edisi tertentu, kartu e-money ini belum menjadi spesial karena masih banyak orang bisa memiliki desain yang sama. Namun, selain custom desain dan fitur-fitur di atas, ada alasan lain mengapa e-money ini sangat diminati. Antara lain karena memailiki beberapa keunggulan di bawah ini.

Baca Juga: Cetak E-Money dengan Desain Keren dan Hasil Gambar Tajam

 

Keuntungan Menggunakan E-Money

 

1. Keamanan Lebih Terjamin

Dengan enkripsi digital (Radio Frequency Identification) RFID yang digunakan, transaksi pembayaran dijamin aman karena tidak melibatkan uang tunai. Membawa uang tunai dalam jumlah besar dapat menarik perhatian pelaku kriminalitas. Berbahaya bukan? Oleh karena itu, penggunaan transaksi non-tunai menjadi pilihan. Kamu tidak perlu repot membawa dompet besar berisi banyak uang dan meminimalisir tindak kejahatan.

Selain itu, di masa pandemi seperti sekarang, di mana penyebaran virus sangatlah masif. Penggunaan e-money bisa membantu memotong rantai penyebaran ini. Baik saat kamu menggunakan fasilitas publik dan fasilitas lainnya. Penggunaan uang cash bisa menjadi media penyebaran yang berisiko tinggi karena terjadi perpindahan uang dari satu orang ke orang lainnya. Dengan menggunakan e-money, risiko terpapar virus melalui transaksi pun menjadi kecil.

 

2. Banyak Diskon

Sosialisasi penggunaan  uang non-tunai ini banyak diinisiasi oleh perbankan, baik itu swasta maupun milik negara atau BUMN. Untuk itu, agar penggunaan transaksi non tunai ini banyak diminati, perbankan banyak melakukan kerjasama dengan berbagai merchant dan third party dengan mengeluarkan berbagai program.

Contohnya, potongan belanja (diskon) saat menggunakan transaksi non tunai seperti debit, kredit dan e-money. Dengan ketatnya persaingan industri keuangan ini, diskon yang diberikan juga terkadang besar-besaran. Khususnya saat hari-hari besar nasional. Pemerinntah bahkan beberapa kali pernah membuat diskon untuk pembayaran tol menggunakan e-money Keuntungan yang satu ini tentu sangat menarik bukan?

 

3. Lebih Cepat dan Mudah

Hadirnya e-money di era digital seperti saat ini sangat membantu masyarakat karena memudahkan untuk pembayaran transportasi umum. Tidak perlu antre lama-lama di loket tiket untuk mendapatkan tiket. Hanya tinggal meng­e-tap kartu e-money pada mesin reader di pintu masuk dan keluar. Selain itu, penggunaan kartu e-money di toll juga sudah bisa dilakukan, adanya fitur e-toll dapat mengurangi tingkat kepadatan saat mengantre di gerbang pintu toll. Baik di minimarket, maupun di toll, penggunaan kartu e-money sangat membantu karena mengurangi jumlah antrian karena pembayaran langsung selesai dengan proses satu tap in.

 

4. Bisa Custom Desain Sesuka Hati

Sebelumnya telah disebut bebrapa kali bahwa e-money terbitan dari bank apapun bisa menggunakan desain sesuai karakter pengguna. Artinya, Kamu bisa membuat gambar sendiri, menggunakan karakter film, kartun maupun logo perusahaan pada alat transaksi ini. Keuntungan custom desain e-money antara lain:
1). Sebagai pembeda dengan orang lain. Maksudnya adalah desain yang spesifik menjadikan e-money mu tidak bisa tertukar dengan orang lain.
2) Sebagai identitas diri/komunitas/perusahaan. E-money bisa menjadi media branding perusahaan maupun personal karena bisa dijadikan sebagai merchandise event perusahaan, komunitas, maupun pribadi.
3. Alat kreativitas dan pembuka peluang usaha. Tentunya banyak sekali orang yang menginginkan e-money dengan custom desain yang unik. Tapi tidak semua orang mampu menggambar, membuat desain, dan tidak memiliki waktu untuk membuatnya. Kamu bisa lho membuat pre-order custom desain e-money dengan membuka jasa gambar.
Untuk mencetaknya, Kamu bisa memanfaatkan platform print online PrintQoe.com. Bisa custom e-money sambil Ngeprint #DariManaAja dengan jumlah minimum sekalipun.