3 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Menciptakan Ruang Kerja Yang Teratur dan Bersih

3 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Menciptakan Ruang Kerja Yang Teratur dan Bersih


Melisa | 17 Sep 2018 | 2141

Ruangan tempat Anda bekerja memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap produktivitas Anda lebih dari yang Anda bayangkan selama ini.

Memiliki kantor yang brantakan akan memperlambat pekerjaan dan membuat Anda kurang produktif saat bekerja, tetapi kantor yang bersih dan terorganisir membantu Anda menjadi karyawan yang lebih baik dan lebih efiensi. Apa selama ini Anda merasa tidak memiliki waktu untuk mengatur ruangan tempat Anda bekerja?

Berikut ada 6 dasar yang akan membantu Anda untuk menjadi dan tetap teratur, sehingga dapat membuang-buang waktu Anda untuk membereskan kekacauan di sekitar meja Anda.

1. Sentuh Dokumen Hanya Sekali

Bedasarkan penyelenggara profesional Ellen Delap, biasanya para eksekutip menghabiskan waktunya selama 6 minggu setiap tahunnya hanya untuk mencari dokumen yang entah dimana keberadaannya. Coba kita bayangkan sekarang jika kita menyentuh dokumen hanya sekali ketika kita terima file tersebut lalu segera kita digitalisasikan, berapa banyak waktu yang kita hemat dan dapat melakukan pekerjaan lainnya. Tentu saja kita tidak harus bersusah-susah payah mencari file yang sama beberapa kali.

Selain menghemat waktu, kita pun bebas dari berbagai tumpukan kertas yang ada di atas meja atau sekita meja kita. Ruang kerja yang bersih membuat kita lebih efektif saat sedang bekerja.

2. Buat Area Kerja Sendiri

Setiap ruangan pasti memiliki areanya masing-masing beserta dengan fungsinya. Dengan area ini kita bisa menentukan zona kerja kita sendiri, seperti zona digital dimana zona tersebut khusus pekerjaan kita yang berhubungan dengan digital yaitu computer, mouse, speaker, dll. Selain zona digital kita bisa membuat zona untuk kegiatan pengarsipan, dimana terdapat berbagai macam file, lemari arsip atau penghancur kertas.

3. Atur Kebutuhan kantor

Sebelumnya kita telah membicarakan mengenai zona kerja yang tepat, tapi itu saja tidak cukup untuk membuat ruang kerja kita nyaman dan teratur. Kita harus bisa mengatur kebutuhan kantor kita dengan benar, perlengkapan kantor apa saja yang akan kita gunakan dan terus kita gunakan, tentunya ini bukan hanya untuk perlengkapan yang ada di luar meja kerja kita, tapi juga termasuk yang berada di atas meja kerja kita.

Perlengkapan kantor seperti paper clip, holder, dan lain-lain. Tata dan simpan perlengkapan kantor kita di tempat yang terlihat dan mudah untuk di cari. Selain itu perlengkapan kantor juga meliputi cetak dokumen, cetak agenda, cetak kartu nama dan lain-lain dimana kita bisa mendapatkan itu semua di ecommerce PrintQoe.com yang menyediakan solusi percetakkan online Jakarta untuk keperluan kantor secara lengkap, sehingga kita tidak perlu bersusah-susah mencari tempat percetakkan untuk kantor sesuai dengan kebutuhan kita saat ini.

Meskipun dalam mengatur ruang kerja Anda membutuhkan waktu dan usaha, tapi setelah semuanya beres Anda akan mendapatkan lebih banyak waktu untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda.