3 Alasan Industri Rumahan Harus Perhatikan Kemasan Produk

3 Alasan Industri Rumahan Harus Perhatikan Kemasan Produk


Tya Widianingsih | 15 Apr 2021 | 320

Bulan Ramadhan sudah tinggal menghitung hari. Berbagai sektor sudah mulai berbenah untuk menyambut momentum yang terjadi setiap tahun ini. Bukan hanya bagi mereka yang menjalankan ibadah di bulan tersebut, namun sektor ekonomi juga turut mendapatkan berkah tahunan dan pendapatan yang berlipat ganda.

 

Industri rumahan juga tak luput dari euforia ini. jika kamu adalah salah satu dari para pelaku industri golongan UMKM tersebut, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kemasan produk. Seperti penggunaan standing pouch, paper bowl, dan sebagainya. Mengapa? Simak ulasan menariknya berikut ini.

 

Pentingnya Memperhatikan Kemasan Produk

Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan kamu harus mempertimbangkan packaging hal yang penting.

 

1. Memastikan Produk Kamu Aman

Setelah diproduksi, barang-barang yang kamu jual mungkin akan berpindah tempat beberapa kali, baik karena proses distribusi kepada pengecer maupun karena konsumen kamu yang mungkin tidak langsung mengenakan atau memakan produk kamu. Hal yang terpenting adalah bagaimana caranya produk kamu terlihat bagus ketika sampai ke tangan pelanggan. 

 

Masalahnya, kamu tidak akan bisa memprediksi seperti apa tempat penyimpanannya, seperti apa yang akan mereka gunakan untuk meletakkan produk kamu, atau seperti apa perlakuan mereka terhadap produk kamu. Oleh karena itu, satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah memastikan produk kamu sudah dikemas dengan bentuk packaging yang paling aman. 

 

Beberapa contoh packaging yang bisa kamu gunakan adalah standing pouch untuk makanan dan kue-kue kering, atau paper bowl untuk makanan tidak bisa diletakkan secara terbalik. 

 

2. Identitas Utama Produk

 

Rasa makanan dan minuman memanglah hal yang paling esensial. Namun tanpa identitas yang mudah dikenali, akan sangat sulit bagi konsumen kamu untuk melakukan pembelian ulang pada produk yang telah mereka coba sebelumnya. Kemasan yang menarik juga mampu memberikan kesan yang bagus ketika produk kamu terlihat dalam waktu yang singkat dalam berbagai kesempatan, misalnya ketika produk kamu ditampilkan di televisi, media sosial, maupun berbagai platform lainnya.

 

Oh ya, identitas produk terkadang bukan hanya sekedar tampilan dan desainnya juga. Namun bisa jadi juga karena bentuk yang unik. Makanan berat yang dikemas dalam bentuk lunch box adalah salah satu contoh yang bisa kamu coba untuk produk terbaru edisi Ramadhan 2021. Apalagi jika produk kamu kamu mampu menyajikan dengan khas untuk pertama kali dan belum ada sebelumnya, tentu saja brand awareness kamu akan meningkat dengan pesat dan produk kamu akan mudah dikenali dimana saja. 

 

3. Pembeda Utama dengan Produk Kompetitor

Ingatlah bahwa sangat mungkin jika kamu bukan satu-satunya pelaku bisnis dalam sektor tertentu. Produk makanan, misalnya. Kompetisi antar produk adalah hal yang sangat lazim ditemui di pasaran. Untuk membuat produk kamu tampak on point, tampilan packaging produk kamu adalah salah satu penentu utama.

 

Lakukan pengamatan atau analisis khusus mengenai packaging kemasan seperti apa yang paling menarik minat konsumen kamu. Bandingkan juga dengan kemasan produk yang digunakan oleh produk serupa yang beredaran di pasaran. Jika kamu mampu membuat kesimpulan dan memilih bentuk kemasan yang sesuai, pelanggan kamu tidak akan butuh waktu lama untuk menjatuhkan pilihan pada produk kamu. 

 

Demikianlah beberapa alasan mengapa packaging menjadi sangat penting untuk kamu. Apalagi untuk industri rumahan. Jangan sampai kehilangan peluang untuk menampilkan yang terbaik untuk konsumen kamu dengan menampilkan packaging terbaik, sehingga keuntungan yang anda dapatkan pun juga akan berlipat ganda.